10 Tips Mempertahankan Hubungan Jarak Jauh Agar Tetap Bahagia

By |2018-11-08T18:48:07+07:00March 21st, 2017|Love|Comments Off on 10 Tips Mempertahankan Hubungan Jarak Jauh Agar Tetap Bahagia


Source: Jeshoots

Salah satu masalah dalam hubungan yang kerap melanda pasangan adalah masalah hubungan jarak jauh (long distance relationship). Ada sebagian yang berhasil menjalani hubungan ini dan berakhir di pelaminan. Namun, sebagian lainnya, gagal di tengah jalan. Hubungan kandas karena jarak dan menemukan orang lain yang lebih dekat. Agar tak bernasib sama seperti mereka yang gagal, kamu bisa mencoba 10 tips mempertahankan hubungan jarak jauh berikut ini:

1. Komunikasi


Source: Public Domain Pictures

Pastikan bahwa kamu dan pasangan selalu berkomunikasi. Menumbuhkan dialog terbuka dan jujur dengan pasangan menjadi hal yang penting dilakukan untuk hubungan jarak jauh. Kamu bisa membahas masalah apapun yang kamu miliki dengan pasangan. Kamu juga perlu mewaspadai munculnya salah tafsir dari pesan pasangan. Jadi jika ingin membahas masalah yang besar akan lebih baik dilakukan melalui telepon atau video call.

2. Jaga hubungan emosional


Source: MasterTux

Loading...

Kamu tidak bisa melihat pasangan sehingga penting untuk membangun dan memelihara hubungan emosional. Hubungan emosional tidak harus dibangun dengan percakapan yang panjang dan dalam. Kamu bisa berkomunikasi dengan sering meski hanya pesan singkat seperti mengucapkan selamat pagi. Kunci dari menjaga hubungan emosional ada pada perhatian dan pengertian. Kamu juga bisa menjadi pendengar yang baik apalagi pasangan kamu memiliki masalah. Akan lebih baik lagi jika kamu mampu memberi solusi. Dengan begitu, dia akan selalu merasa butuh kamu.

3. Bangun kepercayaan


Source: Antranias

Kepercayaan dalam suatu hubungan jelas sangat penting. Tanpa kepercayaan hubungan akan sulit untuk dipertahankan. Hubungan jarak jauh mungkin menimbulkan kecemburuan atau curiga. Perasaan ini mungkin akan membuat kamu  menyelidiki halaman sosial media pasangan dan mencari tahu tempat yang ia kunjungi dan teman yang menemaninya. Cobalah untuk meminimalkan perasaan ini. Satu-satunya cara untuk mengurangi kegelisahan kamu adalah rasa percaya. Kamu harus yakin bahwa kalaupun dia berbohong suatu saat pasti akan terbongkar sehingga nikmati saja apa yang ada.

4. Saling Jujur


Source: Unsplash

Hal ini sangat berkaitan dengan kepercayaan, kejujuran juga sangat penting untuk mendukung hubungan jarak jauh. Pasangan harus tetap setia dan menghindari godaan. Ketika kamu membuat kesalahan maka kamu harus jujur dan memberitahu pasangan mengenai kebenaran. Kejujuran juga menjadi cara untuk meningkatkan kepercayaan sehingga dapat memperkuat hubungan. Jika dia bertanya, jawablah dengan jujur karena jangan sampai dia mendengar kebenaran dari orang lain. Dia akan berpikir jika kamu bisa membohonginya untuk hal kecil, maka kamu bisa berbohong dalam hal lain.

5. Saling mendukung


Source: Pexels

Berada jauh dari pasangan tidak harus menjadi penghalang bagi dukungan satu sama lain. Dukungan akan diperlukan dalam hubungan jarak jauh. Memang kamu tidak selalu harus hadir secara fisik untuk menyatakan kepedulian pada pasangan. Kamu bisa terus tersedia untuk pasangan saat ia sedang sakit atau mengalami berbagai kesulitan merupakan salah satu tanda dari rasa peduli dan dukungan.

6. Manfaatkan medsos


Source: LoboStudioHamburg

Media sosial memudahkan kamu dan dia untuk berbagi kegiatan yang sama. Kamu dan pasangan dapat menciptakan sesuatu yang dapat diakses dan dibagi bersama. Contohnyakamu bisa membuat blog online yang diisi oleh kamu bersama pasangan. Ini dapat menjadi cara baru dalam berkomunikasi sekaligus menciptakan sesuatu bersama. Di media sosial seperti Facebook kamu dan dia bisa membuat status sedang berhubungan, sehingga pihak ketiga yang coba-coba mendekat, mundur duluan. Hal ini juga menimbulkan kepercayaan di antara kalian yang bisa saling mengakui keberadaan satu sama lain.

7. Lakukan hal kecil bersama


Source: monicabaechler

Kamu bisa membuat seolah jarak kamu  dengan pasangan sangat dekat. Salah satu caranya adalah melakukan hal yang sama pada waktu yang sama. Ini akan membuat kamu merasa lebih dekat dengan pasangan dengan merasakan ikatan waktu yang sama. Kamu bisa memakan makanan yang sama bersamaan atau menonton acara tv yang sama. Sesekali kamu dan dia bisa bermain game bersama via media sosial maupun platform online yang lain.

8. Belajar bersama


Source: startupstockphotos

Disamping melakukan hal kecil bersama, kamu juga bisa mencoba belajar bersama dengan pasangan. Mengambil satu kursus bisa menjadi pilihan atau kamu lebih suka belajar bersama pasangan tanpa pemandu. Kamu bisa mulai belajar bahasa asing bersama pasangan. Mempelajari hal yang sama akan menciptakan keterikatan satu sama lain. Kamu juga memiliki topik yang akan dibicarakan bersama.

9. Luangkan waktu untuk bertemu


Source: Pexels

Cobalah untuk meluangkan waktu bertemu. Kamu  dan pasangan dapat saling mengunjungi satu sama lain. Kamu dan pasangan dapat membuat jadwal kunjungan yang tidak menggangu kegiatan masing-masing. Jadwal kunjungan juga digunakan untuk memastikan bahwa kamu dan pasangan akan memiliki waktu berdua. Kamu juga bisa membuat kegiatan rutin setiap kunjungan seperti makan di tempat favorit atau olahraga bersama. Yang bakal menjadi kendala biasanya jika jarak terlalu jauh sehingga ongkos mahal. Oleh karena itu, terbuka masalah anggaran dan menyiasatinya adalah lebih baik ketimbang memaksakan diri yang hanya akan membuat kamu lelah menjalani hubungan ini.

10. Tetapkan target


Source: toanmda

Pastikan harapan dari hubungan kamu  di masa depan. Kamu  bisa mengkomunikasikan berbagai ketakutan dan keraguan kamu bersama, kemudian memecahkannya bersama-sama. Ini akan membuat kamu dan pasangan belajar mengenai hubungan kalian bersama-sama. Kamu memang bisa selalu berpikir positif namun bukan masalah jika anda mengkomunikasikan ketakutan ini dengan pasangan.

Yang perlu diingat bagaimanapun juga hubungan kamu ini jika memang serius, harus memiliki target untuk bersama di masa depan. Semuanya tergantung kamu sebagai orang yang menjalaninya.

Loading...