10 Tips Membentuk Otot Wanita Secara Cepat Dan Aman

By |2018-11-07T18:40:43+07:00February 10th, 2017|Health, Lifestyle|Comments Off on 10 Tips Membentuk Otot Wanita Secara Cepat Dan Aman

StretchSource: Earl McGehee

Untuk membentuk otot pada wanita diperlukan kombinasi antara latihan dan diet sekaligus. Menjalani keduanya tetntu harus disertai kedisiplinan dan konsistensi. Sedikit berbeda dengan para wanita yang justru lebih ingin terlihat kurus, kamu yang ingin membentuk otot harus melakukan usaha ekstra termasuk keluar masuk gym atau berolahraga lebih giat. Nah, jika kamu adalah wanita yang ingin membentuk otot dengan cepat dan aman, simak tipsnya berikut ini!

1. Kenali Ototmu Terlebih Dahulu

MuscleSource: Kasey Eriksen

Sebelum mulai melatih dan membentuk ototmu, kenali jenis-jenisnya terlebih dahulu, Girls. Ada tiga jenis otot dalam tubuhmu, otot jantung yang menyusun organ jantung dan pembuluhnya, otot halus yang menyusun organ pencernaan, pernafasan dan orgam dalam lain serta yang terakhir otot rangka yang melekat pada tulang dan yang membuatmu dapat bergerak. Otot rangka adalah anggota gerak aktif yang terdiri dari ratusan fiber atau serat otot. Otot inilah yang nantinya akan kamu latih dan bentuk sedemikian rupa.

2. Latihan Peregangan Otot

Source: Skeeze

Loading...

Untuk membentuk otot pada wanita, hal yang perlu diketahui adalah latihan yang akan dijalani sama dengan latihan otot pada laki-laki dan tidak berbeda jauh. Meskipun laki-laki memiliki kekuatan 50% lebih besar dari wanita, setiap serat otot pada keduanya memiliki kekuatan yang sama. Latihan yang baik untuk membentuk otot adalah latihan peregangan dan kekuatan. Latihan ini bisa dilakukan dengan jenis latihan squatq, lunges, push up, sit up, back up, deadlifts, cleans dan lain sebagainya.

3. Olahraga Angkat Berat

Source: Sapper Design

Selain melakukan latihan peregangan otot, latihan angkat berat atau weight lifting adalah salah satu metode yang cocok untuk membentuk otot pada wanita. Jangan takut untuk mencobanya dari beban yang paling ringan kemudian tambah bebannya 5 hingga 10 kilogram. Ingatlah untuk melakukannya kamu harus memiliki cukup energi dan merasa nyaman saat melakukannya, Jangan terlalu dipaksakan jika beban yang kamu tahan membuatmu sakit atau tertekan.

4. Lakukan Latihan Kardio

Source: Skeeze

Latihan kardio seperti HIIT atau High Intensity Interval Training, berlari, berenang, bersepeda juga sangat baik dilakukan untuk membentuk otot. Tujuh menit latihan kardio bisa membakar hingga lebih dari 130 kalori dan mampu memberikan sensasi terbakar pada otot sebagai tanda bahwa metabolisme sedang berlangsung. Selain itu produksi asam laktat dalam tubuh sebagai hasil pernafasan anaerob atau tanpa oksigen juga akan membuat ototmu terasa pegal dan terbakar.

5. Tambah Kecepatan Olahraga

Source: Madsmitt33

Latihan kecepatan seperti berlari sprint juga disarankan untuk kamu yang ingin membentuk otot. Latihan kecepatan dan ketangkasan akan membuat otot semakin fleksibel dan tahan terhadap tekanan. Saat melakukan latihan di gym atau olahraga lainnya, tingkatkan juga kecepatannya dan hal ini akan membuatmu lebih sedikit mengalami stress dibandingkan melakukan latihan dalam waktu yang lama.

6. Jadwalkan Konsumsi Karbohidrat

Source: The5th

Sangat penting untuk menjaga asupan karbohidrat sebagai pemasok energi utama saat menjalani proses pembentukan otot. Konsumsi karbohidrat sehat yang cukup kalori saat sarapan atau setengah jam setelah melakukan latihan. Konsumsi karbohidrat segera setelah berlatih dapat mempercepat proses pemulihan otot yang kaku dan pegal akibat latihan yang terlalu berat. Pilih jenis karbohidrat yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran segar atau roti gandum utuh agar dietmu tetap terjaga.

7. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Source: Priyanka98472

Air, air dan air. Selama proses pembentukan otot, tubuhmu akan membutuhkan lebih banyak air dan jangan lupa untuk mengkonsumsinya setiap saat agar tubuhmu tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Meminum air secara rutin juga akan membuat ototmu tetap terjaga dan tampak penuh.

8. Cukup Tidur Dan Istirahat

Source: Unsplash

Tidur setelah latihan adalah salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Saat tidur malam, keajaiban akan terjadi pada ototmu lho, Girls. Otot yang dilatih akan menyerap lebuh banyak nutrisi dan cairan yang kamu konsumsi sepanjang hari disaat tubuhmu tertidur, Jadi jangan pernah sepelekan waktu istirahat dan setidaknya tidurlah delapan jam setiap malam.

9. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Source: Conger Design

Otot terbentuk dari protein jadi jika kamu para wanita ingin memiliki tubuh berotot yang bebas lemak, kamu harus sering mengkonsumsi protein. Makanan kaya protein yang bisa kamu konsumsi diantaranya ikan salmon atau jenis ikan kaya protein lainnya, telur, kacang-kacangan, protein bar, susu rendah lemak dan lain sebagainya. Meskipun sehat sebaiknya jangan konsumsi protein sesaat sebelum latihan atau berolahraga karena hal tersebut justru akan menghambat latihanmu karena protein lebih lama dicerna daripada karbohidrat.

10. Jangan Berhenti Karena DOMS

Source: Mariolh

Delayed Onset Muscle Syndrom (DOMS) atau sindrom kekakuan otot kadang terjadi saat pertama kali tubuhmu melakukan aktifitas olahraga berat. Meskipun setelah latihan tubuhmu akan terasa sakit dan pegal-pegal, jangan khawatir karena rasa sakit tersebut berasal dari selaput dan serat otot yang robek akibat latihan. Serat otot yang terluka atau sobek karena latihan adalah salah satu tanda bahwa tubuhmu sedang menyesuaikan diri dan latihanmu sudah cukup berhasil. Untuk mengurangi pegal dan rasa sakit kamu bisa memijat bagian tubuhmu atau mandi dengan air hangat.

Membentuk otot secara permanen memang memerlukan waktu dan tenaga, tapi hasilnya tidak akan mengecewakan. “So, do your workout and get the result, Girls”

Loading...