10 Tips Kurus: Cara Diet yang Sehat dan Benar

By |2018-12-17T11:50:13+07:00December 17th, 2018|Culinary, Lifestyle|Comments Off on 10 Tips Kurus: Cara Diet yang Sehat dan Benar

Diet FoodsSource: pexels

Mempunyai berat badan yang ideal merupakan prioritas di dalam kehidupan kebanyakan orang. Selain lebih sehat, berat badan yang ideal juga bisa membuat penampilan lebih menarik. Namun, penting bagi kita untuk mengetahui cara diet yang benar dan sehat. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu anda untuk melakukan diet yang sehat dan benar.

1. Sarapan


Source: with wind

Sarapan merupakan kegiatan yang kerap dilupakan oleh orang-orang. Padatnya kegiatan sehari-hari bisa membuat anda lupa sarapan. Padahal, sarapan itu penting. Tidak sarapan tidak akan membantu anda menjadi kurus, anda cenderung akan menjadi lebih lapar dan malah makan lebih banyak. Tidak harus makanan berat, anda bisa menghemat waktu dengan memakan roti atau sereal. Oleh karena itu, jangan lupa sarapan, ya.

2. Konsumsi Sayur dan Buah-Buahan


Source: ahmadpi

Loading...

Sayur dan buah-buahan tidak mengandung banyak kalori dan lemak; justru mereka menandung banyak serat. Selain serat, mereka mengandung baikan vitamin dan mineral. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dapat membantu diet anda. Oleh karena itu, jika anda merasa lapar dan ingin makan makanan ringan, tidak ada salahnya mengemil buah-buahan daripada makanan cepat saji.

3. Makan Teratur


Source: Joshua Rappeneker

Banyak orang yang menganggap bahwa dengan tidak makan, maka anda dapat mengurangi berat badan dengan lebih cepat. Padahal faktanya, makan secara teratur setiap harinya dapat membantu anda untuk membakar kalori dengan lebih cepat. Selain itu, sama seperti sarapan, anda jadi tidak akan mengemil karena kelaparan. Oleh karena itu, makan secara teratur itu penting.

4. Olahraga dan Banyak Bergerak


Source: Fit Approach

Berolahraga dan banyak bergerak merupakan cara mengurangi berat badan yang lebih efektif daripada tidak makan. Dengan berolahraga, anda dapat membakar kalori dan menjaga kondisi tubuh anda agar lebih fit dan sehat. Walaupun bagi orang yang tidak suka berolahraga, ini mungkin cukup berat untuk dilakukan. Tetapi, jika anda bisa menemukan aktivitas atau cabang olahraga yang anda nikmati dan sukai, diet akan jadi lebih mudah dan lancar.

5. Minum Air yang Cukup


Source: Enid Martindale

Tips ini mungkin terkesan tidak penting, tetapi sebenarnya sangat efektif. Ketika anda haus, terkadang anda salah meninterpretasikannya. Anda mengira bahwa anda lapar, sehingga pada akhirnya anda malah megkonsumsi makanan ringan atau snack. Makanan ringan merupakan makanan yang biasanya membuat orang cepat gemuk, oleh karena itu jika anda suka mengkonsumsi makanan ringan, akan lebih sulit untuk mengurangi berat badan. Nah, supaya tidak salah, ketika anda lapar anda bisa mencoba meminum segelas air putih, siapa tau anda hanya haus.

6. Gunakan Piring yang Lebih Kecil


Source: Tim Evanson

Yang satu ini merupakan trik yang bisa anda coba untuk mengurangi porsi makan anda. Dengan menggunakan piring yang lebih kecil, otomatis porsi makanan anda akan lebih sedikit juga. Selain itu, anda juga bisa terbiasa makan makanan dengan porsi kecil tanpa merasa kelaparan. Faktanya, perut anda memerlukan sekitar 20 menit untuk memberitahu otak anda kalau anda sebenarnya sudah kenyang. Oleh karena itu, anda juga bisa mencoba untuk makan perlahan-lahan dan tidak terburu-buru agar anda tidak makan terlalu banyak.

7. Kurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji dan Cemilan


Source: Richard Rutter

Seperti yang kita ketahui, makanan cepat saji dan cemilan merupakan jalan pintas menuju obesitas. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengurangi konsumsi cemilan dan makanan cepat saji. Untuk mencegah godaan, lebih baik anda tidak menyetok cemilan dan makanan cepat saji. Lebih baik anda menyetok buah-buahan dan makanan yang sehat sebagai gantinya.

8. Baca Label yang Ada di Kemasan


Source: U.S Department of Agriculture

Untuk menjamin agar apa yang anda konsumsi itu sehat, ada baiknya jika anda meluangkan waktu untuk mengecek label yang ada di kemasan makanan yang anda beli. Selain untuk mengetahui berapa kalori yang dikandung, anda juga bisa melihat apakah makanan yang anda konsumsi terbuat dari bahan-bahan yang baik untuk kesehatan anda. Dengan begitu, anda akan lebih tau mengenai apa yang anda konsumsi dan sebaiknya berapa banyak kuantitasnya.

9. Jangan Menghindari Makanan


Source: anokarina

Terkadang, anda memilih untuk tidak memakan makanan-makanan tertentu ketika anda sedang diet. Memang betul, ada makanan yang tidak baik untuk kesehatan dan diet anda, tetapi bukan berarti anda harus menghindari mereka sepenuhnya. Lebih baik Anda meminimalisir konsumsi makanan-makanan tersebut saja. Ini karena ketika anda menghindari makanan tertentu, biasanya anda jadi lebih menginginkannya. Makan makanan cepat saji atau snack tidaklah salah, hanya saja jangan berlebihan.

10. Rencanakan Menu Makananmu


Source: CollegeDegrees360

Untuk membuat segalanya lebih mudah, anda bisa mulai mencoba untuk merencanakan menu sarapan, makan siang, makan malam, serta snack yang akan anda konsumsi. Pastikan bahwa anda mengkonsumsi cukup nutrisi serta jaga agar anda tidak mengkonsumsi terlalu banyak kalori. Dengan begini, anda dapat makan dengan teratur sambil mengurangi berat badan secara efisien. Itulah beberapa tips yang dijamin dapat membantu proses diet anda.

Loading...