10 Tempat Wisata di Lombok yang Sayang Bila Dilewatkan

By |2019-07-05T13:44:11+00:00July 4th, 2019|Trip and Travel|

Photo by stijn

Lombok, sebuah kepulauan yang berlokasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat, terletak di sebelah timur Pulau Bali, ternyata menyimpan harta karun keindahan alam yang sungguh memikat. Tidak hanya terkenal dengan pantai, bentang alam lombok sangat bervariasi, mulai dari gunung, laut, serta sungai-sungai dan air terjun yang menawan. Simak 10 objek wisata pilihan di Lombok berikut ini yang sayang bila terlewatkan.

1. Gunung Rinjani

View this post on Instagram

Kabar gembira untuk kita semua. Tag siapapun yang sudah ngebet pengen ke Rinjani. . Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) segera membuka jalur pendakian Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, setelah ditutup sejak terjadinya rentetan gempa bumi pada Juli hingga sepanjang Agustus 2018. . "Kemungkinan pertengahan Mei 2019 sudah dibuka karena kondisi cuaca memungkinkan saat kemarau," kata Kepala BTNGR Sudiyono, di Mataram, Jumat (3/5/2019). . Ia menyebutkan empat jalur pendakian tradisional yang akan dibuka adalah Sembalun dan Timbanuh, di Kabupaten Lombok Timur, Senaru di Kabupaten Lombok Utara, dan Aik Berik di Kabupaten Lombok Tengah. . Jalur pendakian Sembalun sudah disurvei oleh tim gabungan pada Maret 2018. Sedangkan jalur pendakian Senaru disurvei pada 30 April hingga 3 Mei 2019. . Sebanyak 19 tim gabungan melakukan pendakian Gunung Rinjani melalui jalur Senaru. Mereka terdiri atas personel BTNGR, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisia, TNI-Polri, perusahaan jasa pendakian (TO), pemandu wisata gunung (guide – porter). . Sementara jalur pendakian Timbanuh dan Aik Berik, masih akan disurvei lagi meskipun kondisinya relatif aman dilalui dibandingkan jalur Sembalun dan Senaru. . Hal itu penting dilakukan karena beberapa waktu lalu terjadi cuaca buruk yang berpotensi menyebabkan longsor dan pohon tumbang di sepanjang jalur pendakian Timbanuh dan Aik Berik. . Ia menambahkan hasil survei akan menjadi dasar membuat rambu-rambu di sepanjang jalur pendakian agar pendaki berhati-hati. . Ia mengatakan kepastian pembukaan jalur pendakian menunggu izin dari Direktorat Jenderal KSDAE, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. . Meskipun akan dibuka, aktivitas pendakian masih terbatas karena hanya sampai Pelawangan dan belum direkomendasikan hingga ke Danau Segara Anak. Sebab jalur ke sana masih belum aman dan berbahaya bagi keselamatan jiwa manusia. "Jalur pendakian relatif sudah aman hingga Pelawangan, tapi masih perlu ada perbaikan kerusakan akibat gempa bumi beberapa waktu lalu," katanya. . Sumber : beritasatu.com

A post shared by gunung rinjani wonderfull (@rinjaniwonderfull) on

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Lombok Utara. Gunung Rinjani menjulang tinggi dengan ketinggian 3,726 m dpl, merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia. Di sekeliling lereng Gunung Rinjani, terdapat hutan dan juga air terjun dengan pemandangan yang sangat indah. Terdapat juga Danau Segara Anak, yang terletak sekitar 600 meter di bawah kawah. Pada tahun 1900, terjadi erupsi yang menimbulkan gunung berapi lain di danau ini yakni Gunung Baru. Mendaki Gunung Rinjani memang tidak mudah, tapi pastinya sangat bermakna. Untuk mendaki ke Gunung Rinjani, dibuka 4 jalur yakni Sembalun, Timbanuh, Senaru serta Aikberik.

Loading...

Informasi

  • Nama: Taman Nasional Gunung Rinjani
  • Lokasi: Lombok Utara
  • Akses: Dari Mataram naik kendaraan pribadi atau pick up menuju Taman Nasional Gunung Rinjani di Sembalun. Dilanjutkan dengan trekking menuju puncak.
  • Tiket: Hari biasa: WNI Rp5.000/hari/orang, WNA Rp 150.000/hari/orang. Hari libur WNI 7.500/hari/orang, WNA: Rp 250.000/hari /orang.
  • Website: https://www.tnrinjani.net/

2. Pantai Senggigi

View this post on Instagram

⁣ =Menemukan Keberuntungan di Pantai Senggigi=⁣ ⁣ Wajib bagi sobat millenials jika berwisata ke Pulau Lombok untuk singgah di kawasan Pantai Senggigi. Pantai ini merupakan pusat pariwisata di Lombok yang strategis sehingga terdapat berbagai fasilitas seperti hotel, restaurant, tempat berbelanja, dan fasilitas lain seperti pelabuhan/dermaga dan arena aktivitas outdoor.⁣ ⁣ Keindahan alam Pantai Senggigi Lombok cukup menakjubkan kawasan ini terdiri dari beberapa pantai berteluk yang panjang di mulai dari selatan yaitu Pantai Batulayar, Batu Bolong, Senggigi, Kerandangan dan Mangsit. Pantainya bersih dengan nyiur kelapa menaungi dan hamparan biru lautnya. Pada waktu sore hari, sobat millenials dapat menikmati sunset dengan background Gunung Agung Bali. ⁣ ⁣ Salah satu spot yang menarik bagi millenials di pantai senggigi adalah terdapat pelabuhan atau dermaga. Kenapa menarik? Jika dilihat dengan posisi datar sekilas tidak ada yang istimewa dengan dermaga di Senggigi ini. Namun berbeda jika sobat millenial melihat dari ketinggian, maka yang terlihat adalah dermaga yang menyerupai binatang melata yaitu tokek.⁣ ⁣ Pada sejarahnya, gambar tokek ditemukan di beberapa sarkofagus di situs purbakala pulau Lombok yang masih menganut paham animisme. Bagi Masyarakat Lombok khususnya suku Sasak menyakini jika keberadaan tokek sebagai hewan pembawa keberuntungan. Jadi dengan membangun dermaga menyerupai tokek, di harapkan memberikan keberuntungan bagi sobat millenials yang mengujungi destinasi ini. ⁣ Tertarik mengunjungi pantai senggigi kan? Selamat berlibur.⁣ ⁣ #mudabedaberwisata⁣ #pesonamillennial⁣ #wonderfulmillennial⁣ #destinasimillennialfriendly⁣ #lombamillennialsfriendly⁣ #pesonaindonesia⁣ #wonderfullindonesia⁣ #pantaisenggigi⁣ @kemenpar @pesonaid_travel ⁣

A post shared by VITA APRILIA (@vitapriliaa) on

Pantai Senggigi merupakan pantai yang cukup populer di Lombok. Anda juga dapat mencapai pantai ini dengan mengendarai kendaraan umum. Di pantai ini, Anda dapat melihat Pura Karang Bolong, yakni pura yang dibangun di atas karang. Di pantai ini, Anda tidak akan sulit menemukan makanan karena tersedia berbagai restoran di sekitarnya. Terdapat juga penjaja souvenir yang menjual beragam oleh-oleh khas Lombok.

Informasi

  • Nama: Pantai Senggigi
  • Lokasi: Kec. Batu Layar, Kab. Lombok Barat, Prov. Nusa Tenggara Barat
  • Akses: Mobil, Motor, Kapal feri
  • Tiket: Rp. 15.000,-

3. Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan satu dari tiga pulau di Kepuluaan Gili,  Lombok Utara. Dua pulau lainnya bernama Gili Meno dan Gili Air. Dengan luas sekitar 6 kilometer persegi, Anda dapat menikmati pemandangan di sekitar Gili Trawangan dengan berjalan kaki maupun bersepeda. Kendaraan bermotor tidak diizinkan masuk ke sini. Aktivitas seru lain yang dapat Anda lakukan di sini adalah snorkeling, canoing, fun diving, yoga, dan lain-lain.

Informasi

  • Nama: Gili Trawangan
  • Lokasi: Kepulauan Gili, Lombok Utara
  • Akses: Tiket public boat Rp. 15.000,-

4. Gili Kedis

Gili Kedis merupakan sebuah pulau tak berpenghuni yang terletak di Lombok Barat. Kedis dalam bahasa Sasak Lombok berarti burung Pipit kecil, sesuai dengan ukuran Gili Kedis yang memang mungil. Meski mungil, Gili Kedis menyimpan berjuta keindahan. Anda dapat bermain di pantai berpasir putih, ikan-ikan yang berenang di sela-sela karang. Anda pun dapat menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling. Selain itu, pemandangan matahari terbenang do pulau ini juga sangatlah indah.

Informasi

  • Nama: Gili Kedis
  • Lokasi: Sekotong Barat, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
  • Akses: naik perahu dari pelabuhan yang ada di Sekotong Tengah (Pelabuhan Tawun/ Pelabuhan Lembar). Dari sana, naik perahu kecil (daya angkut maksimal 6 orang) untuk mencapai Gili Kedis. Biaya sewa Rp200.000-300.000/perahu PP.

5. Pantai Semeti

Pantai Semeti berjarak sekitar 2,5 jam perjalanan dari Mataram. Pantai Semeti ini disebut juga sebagai Pantai Krypton, karena bentang alamnya yang menyerupai Krypton, tempat kelahiran Superman! Terdapat tebing dan bebatuan karang dengan berbagai rupa di pulau ini. Ada yang bentuknya bersusun-susun, ada pula yang mencuat tinggi berbentuk piramida. Unik bukan?

Informasi

  • Nama: Pantai Semeti
  • Lokasi: Desa Mekarsari, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah
  • Tiket: retribusi kendaraan roda dua Rp. 5.000,- dan roda empat Rp. 10.000,- untuk WNI. Sedangkan bagi WNA dikenakan retribusi kendaraan roda dua sebesar Rp. 10.000,- dan roda empat Rp. 20.000,-.
  • Jam buka: setiap hari 08.00-17.30

6. Pantai Tebing

Terletak di Lombok Utara,Pantai Tebing berjarak sekitar 48 km atau satu setengah jam perjalanan dari Kota Mataram. Pantai ini memiliki tebing tinggi yang terbuat dari babatuan kapur putih, kontras dengan pasir pantainya yang berwana hitam. Anda dapat menikmati pemandangan pantai dari atas tebing, maupun menyusuri pesisir. Waktu yang tepat untuk mampir ke sini adalah di pagi atau sore hari, saat cahaya matahari sudah tidak terlalu terik.

Informasi

  • Nama: Pantai Tebing
  • Lokasi: Rempek, Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
  • Akses: Mobil, sepeda motor, Angkutan umum (tarif angkot dari Terminal Mandalika Mataram sekitar Rp 25.000/orang)

7. Air Terjun Mangku Sakti

Air terjun Mangku Sakti terletak di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Jaraknya sekitar 4 jam perjalanan dari Mataram. Aliran air terjun ini berasal dari Danau Segara Anak yang terletak di Gunung Rinjani. Di air terjun ini, Anda akan berdecak kagum atas keagungan Sang Pencipta, dengan keindahan air terjun yang berbentuk seperti ngarai, berkelok-kelok, dengan struktur bebatuan yang sangat indah. Airnya dipercaya mengandung belerang yang dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Informasi

  • Nama: Air Terjun Mangku Sakti
  • Lokasi: Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Barat
  • Akses: Motor, Mobil
  • Tiket: Rp10.000,- sudah termasuk asuransi

8. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu ini terletak sekitar 42 km atau sekitar satu jam perjalanan dari Kota Mataram. Airnya bersumber dari Danau Segara Anak Gunung Rinjani. Tidak seperti air terjun pada umumnya, di mana air yang berasal dari ketinggian akan langsung meluncur ke bawah, air yang jatuh di Air Terjun Benang Kelambu ini akan melewati vegetasi atau tanaman yang tumbuh lebat di sekitar air terjun, seakan “memecah” air hingga membentuk untaian benang seperti kelambu. Unik kan?

Informasi

  • Nama: Air Terjun Benang Kelambu
  • Lokasi: Desa Aik Bukaq, Kec. Batukliang Utara, Lombok Tengah
  • Akses: Mobil, Motor
  • Tiket: Rp5.000,-

9. Pantai Nambung

Pantai Nambung ini dijuluki “Pantai Air Terjun”. Kok bisa? Ya, karena ombak yang mengggulung ke tepian akan terhempas di tebing karang, lalu air yang terhempas di karang akan mengalir ke bawah, membentuk layaknya air terjun. Unik kan? Air di sini juga masih bersih, sehingga asik untuk bermain air. Namun, tempat ini belum menyediakan WC umum, juga tidak ada pedagang yang berjualan. Jadi, persiapkan diri Anda sebelum datang ke sini.

Informasi

  • Nama: Pantai Nambung
  • Lokasi:Nambung, Montong Ajan, Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Barat,NTB
  • Akses: Mobil, Sepeda Motor

10. Desa Sade

Suku Sasak merupakan suku asli di Lombok. Bila Anda berkesempatan berkunjung ke Lombok, Anda dapat belajar mengenal lebih dalam kehidupan suku Sasak dengan mengunjungi perkampungan suku asli Sasak, salah satunya Desa Sade. Di sini, Anda dapat melihat rumah tradisional khas Suku Sasak. Mata pencaharian warganya mayoritas adalah bertani dan menenun. Anda dapat melihat proses penenunan kain, dan melihat hasil tenun yang indah dan berwarna warni. Siapkan budjet khusus bila Anda ingin membeli kain tenun ikat khas Suku Sasak. Semoga bermanfaat!

Loading...