10 Tanda Kehamilan yang Perlu Disadari

By |2018-11-08T17:52:01+00:00March 25th, 2017|Family, Health|


Source: 
Greyerbaby

Kehamilan adalah hal yang diinginkan dan dinantikan oleh pasangan yang baru saja menikah. Kehamilan seorang wanita kadang tidak diketahui oleh pasangan tersebut. Ketidaktahuan ini mungkin tidak terlalu mengganggu. Namun, dapat menjadi petaka jika anda minum obat yang berbahaya untuk janin anda karena anda tidak tahu bahwa anda sedang hamil. Dibawah ini terdapat beberapa informasi yang dapat membantu anda mengenali kehamilan anda.

1.Terlambat menstruasi


Source: webandi

Pada wanita, setiap bulan akan mengalami menstruasi. Menstruasi adalah fase reproduksi wanita dimana terjadi peluruhan darah yang berasal dari dinding rahim. Menstruasi terjadi karena sel telur yang berasal dari sel induk telur wanita tidak dibuahi sel sperma yang berasal dari pria. Karena itu ketika seorang wanita yang telah berhubungan suami istri mengalami terlambat menstruasi, ada kemungkinan ia sedang hamil. Bahkan, usia kehamilan ditentukan dari tanggal hari pertama haid terakhir.

2.Lupa minum pil KB


Source: lookcatalog

Bagi anda rutin menggunakan pil KB, tanda lain yang dapat anda jadikan sebagai patokan anda adalah keteraturan minum pil KB. Jika anda lupa 1 hari saja menggunakan pil KB maka kemungkinan anda untuk hamil akan sangat besar. Jika ada lupa tidak minum pil KB selama satu hari, esoknya minumlah dua pil dan jangan melakukan hubungan suami istri selama satu minggu. Hal ini juga berlaku untuk metode KB lainnya.

3.Sering mual dan muntah secara berlebihan


Source: Sarah

Mual dan muntah adalah gejala yang sering dialami wanita hamil di masa awal kehamilannya. Mual dan muntah ini berkaitan dengan adaptasi tubuh terhadap perubahan kadar hormon setelah terjadi proses pembuahan sel telur dan sel sperma. Perubahan kadar hormon ini lebih dikarenakan proses pembentukan plasenta atau ari- ari pada dinding rahim. Jika anda mengalami mual dan muntah secara berlebihan, segera periksakan diri anda dengan kemungkinan kehamilan anda.

4.Tes sensitif Kehamilan


Source: ecooper99

Tes kehamilan yang positif mendeteksi kadar β-hCG (β Human Corionic Gonadotropin) dalam urin ibu hamil. Hormon ini diproduksi oleh plasenta atau ari-ari mulai hari ke-8 setelah pembuahan dan baru terdeteksi pada hari ke-9 setelah pembuahan.  Kadar puncak hormon β-hCG adalah hari ke-90 atau bulan ke-3 kehamilan. Setelah selesai masa kehamilan kadar hormon ini akan kembali ke batas normal.

5.Perubahan pada payudara


Source: 
Scarlett

Dengan perubahan kadar hormon dalam tubuh wanita hamil terjadi sejumlah perubahan pada tubuh manusia. Terdapat sejumlah perubahan pada payudara wanita karena perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuhnya. Wanita hamil akan merasakan payudara yang lebih tegang dari biasanya. Selain itu pada bagian gelap disekitar puting akan terjadi perbesaran kelenjar. Hal ini terjadi 6-8 minggu karena stimulasi hormon.

6.Perut yang membesar


Source: 
Jerry Lai

Karena janin yang terus berkembang dalam rahim, rahim yang berada pada rongga panggul wanita membesar hingga ke bagian perut. Kemudian perut wanita akan semakin besar dan terlihat menonjol. Perbesaran perut yang terjadi secara progresif ini terjadi pada minggu ke- 7 kehamilan hingga minggu ke-28 kehamilan. Selanjutnya kecepatan perbesaran perut tidak secepat dan seprogresif  sebelumnya.  Pada daerah perut juga akan nampak garis hitam yang membujur melewati pusar ibu hamil.

7.Flek pada wajah


Source: Brandon Atkinson

Bila anda perhatikan pada ibu hamil, akan tampak flek- flek pada wajah mereka. Flek ini bukan dikarenakan kelainan pada kulit wajah mereka. Melainkan karena pengaruh perubahan hormon wanita pada kulit. Setelah usia kehamilan 16 minggu, pada daerah muka akan mudah menjadi gelap setelah terkena sinar matahari secara langsung. Agar flek- flek anda tidak terlalu banyak anda dapat menggunakan tabir surya, topi atau payung ketika berpergian ke luar rumah.

8.Pergerakan janin

Pada trisemester pertama pergerakan janin tidak dapat dirasakan oleh ibunya. Bukan  berarti janin sama sekali tidak bergerak, pergerakan janin belum dapat dipersepsikan oleh ibu karena ukuran janin yang masih kecil. Pergerakan janin atau nama lainnya quickening dapat di persepsikan pertama kali oleh ibu pada usia kehamilan 14-16 minggu untuk ibu yang sudah lebih dari satu kali melahirkan dan 18-20 minggu pada ibu yang baru akan melahirkan.

9.Perubahan pada saluran kencing


Source: george ruiz

Wanita lebih rentan menderita infeksi saluran kencing dibandingkan pria. Apalagi pada wanita hamil, insiden infeksi saluran kencing meningkat. Kantung kencing berada di depan rahim sehingga kandung kencing ibu akan tertekan oleh rahim yang membesar. Sehingga menyebabkan ibu menjadi sering kencing. Karena hal ini, ibu akan menjadi lebih rentan terinfeksi pada saluran kencing. Bahkan ada kasus dimana ibu mencari pertolongan kesehatan karena gejala infeksi saluran kencingnya sebelum ia mengetahi bahwa ia telah hamil.

10.Peningkatan suhu basal


Source: Myriams

Kehamilan membuat tubuh wanita mengalami sejumlah perubahan. Mulai dari kulit, payudara, berat badan, sirkulasi darah bahkan suhu tubuh. Pada tiga minggu pertama kehamilan, seorang ibu akan mengalami peningkatan suhu tubuh basal pada dirinya. Sehingga ibu akan merasa kegerahan atau mungkin merasa demam. Selama tidak ada infeksi dalam tubuh anda peningkatan suhu pada diri anda saat hamil merupakan fisiologis normal kehamilan.

Kenali kehamilan anda secara dini. Jangan lupa untuk menuliskan hari pertama haid terakhir anda agar kehamilan ada dapat segera tedeteksi secara dini sehingga tidak membahayakan nyawa janin anda. Semoga info ini bermanfaat!