10 Resep Sederhana Membuat Es Krim di Rumah

By |2019-10-24T13:01:55+00:00October 24th, 2019|Food|


Source: Tan Hsin-Ee

Es krim adalah kudapan favorit di segala waktu untuk semua usia. Apa saja resep-resep yang mudah dan sederhana sehingga kita bisa membuat es krim sendiri? Mari kita lihat di daftar 10 resep terbaik es krim sederhana berikut!

1. Es krim susu homemade


Source: Michael Illuchine

Loading...

Persiapkan bahan utama: susu cair 4 gelas dan susu kental manis 2 kaleng. Bahan pelengkap adalah 2 sdm maizena dicairkan dengan air, 2 butir putih telur, 1 sendok teh vanili dan 2 sendok makan gula pasir. Campurkan gula, putih telur dan vanili dalam satu wadah dan kocok hingga putih.  Panaskan bahan utama susu cair dan kental manis dalam satu panci dan aduk terus. Tambahkan maizena dan adonan pertama ke dalam panci. Aduk terus hingga mendidih.

Setelah mendidih, dinginkan adonan sambil terus diaduk. Apabila adonan sudah dingin, Anda bisa mencampurkan bahan tambahan untuk perasa seperti cokelat atau buah-buahan. Terakhir, masukkan ke dalam freezer dan tunggu beku. Keluarkan dan mixer adonan tersebut, lalu masukkan ke dalam freezer kembali. Ulangi setiap 30 menit hingga tekstur es krim baik.

2. Es krim santan rasa stroberi


Source: Tuba Lajos

Bahan utama yang harus disiapkan adalah 1 liter santan kelapa. Persiapkan bahan tambahan antara lain 170 gr gula (bisa diganti dengan madu), ekstrak vanilla, setengah sendok teh garam, empat butir kuning telur, dan 0.5 kg stroberi yang dipotong kecil-kecil.

Rebus santan dan gula dengan api kecil, jaga dan aduk agar tidak mendidih. Setelah larut, matikan api, pindahkan, lalu perlahan masukkan kuning telur yang sudah dikocok dengan sedikit santan. Masukkan vanilla dan garam. Setelah larut, panaskan di atas kompor dan masukkan stroberi hingga mendidih. Diamkan di freezer selama satu jam. Setelah dingin, gunakan mesin pembuat es krim atau dengan cara es putar yang tradisional.

3. Membuat es krim dengan kantung plastik


Source: Carlos Sillero

Alat pembuat es yang digunakan dalam resep ini adalah kantung plastik tebal ukuran kecil dan besar (atau kantung plastik dengan zip khusus yang dijual untuk membungkus makanan). Siapkan 2 sendok makan gula dan 200 gr whipped cream (atau krim kental), serta sedikit ekstrak vanilla. Anda dapat mengganti krim dengan susu, akan tetapi tekstur dapat menjadi berbeda. Siapkan 300 gr bongkahan es batu dan garam.

Larutkan semua bahan dan masukkan ke dalam kantung plastik, keluarkan udara di dalam plastic lalu tutup zip atau ikat. Masukkan es batu dan garam ke dalam kantung besar, lalu masukkan kantung kecil berisi adonan ke dalam kantung besar. Keluarkan udara dan tutup. Kocok kantung besar berisi es dan kantung kecil hingga merata selama 15 menit. Keluarkan adonan, cek teksturnya, dan sajikan.

4. Es krim vegetarian dan minimalis


Source: t j

Minimalis? Hanya dengan tiga bahan utama, freezer dan blender, kamu bisa membuat es krim sederhana. Siapkan 1 liter santan, 340 gr gula pasir, dan sedikit ekstrak vanilli. Campurkan semua bahan di dalam blender dan dinginkan di dalam freezer selama 30 menit. Keluarkan setelah dingin dan aduk rata dengan blender. Ulangi selama tiga kali setiap 30 menit. Tidak punya blender? Gunakan alat kocok (whisk) dengan sedikit ekstra tenaga, ya! Ingin rasa lain? Tambahkan perasa, buah-buahan segar, atau bahkan potongan brownies saat mengocok ulang.

5. Es krim jagung yang sehat


Source: Hajnalka Ardai

Siapkan 4 buah jagung, lalu sisir. Siapkan bahan-bahan seperti 0.5 liter susu, 2 sendok makan whipping cream/heavy cream, 200 gr gula pasir, 9 butir kuning telur. Didihkan jagung dan susu di dalam panci  dengan api sedang. Biarkan dingin selama 30 menit lalu blender adonan. Didihkan kembali adonan yang sudah diblender tersebut.

Di wadah lain yang besar dan tahan panas, kocok telur dan gula. Perlahan, masukkan adonan panas sembari tetap mengocok hingga rata. Panaskan kembali di dalam panci hingga kental. Dinginkan dan saring adonan, lalu diamkan di dalam freezer selama satu malam.

Selanjutnya untuk mencapai tekstur es krim, gunakan ice cream maker atau teknik blender-freezer selang-seling selama tiga kali setiap 30 menit.

6. Es krim sayur dengan bit merah


Source: Uksus Sladkij

Panaskan potongan 350 gr sayur bit di atas wajan anti lengket hingga lunak. Dinginkan sejenak dan blender dengan 200 gr gula dan 2 sdm minyak zaitun hingga mencapai tekstur smoothies. Lalu masukkan 200 gr cream cheese. Setelah mencapai suhu ruangan, masukkan 400 ml yogurt. Dinginkan di dalam freezer.

Selanjutnya untuk mencapai tekstur es krim, gunakan ice cream maker atau teknik blender-freezer selang-seling selama tiga kali setiap 30 menit.

7. Es krim dari smoothies pisang


Source: Rafael Reverte

Smoothies pisang dapat dijadikan es krim yang mudah dan sehat. Bekukan dua batang pisang besar. Lalu potong kecil-kecil dan masukkan ke dalam blender. Apabila Anda sudah kelaparan, smoothies es krim bisa langsung Anda makan. Untuk tekstur yang lebih padat, bekukan kembali smoothies di dalam wadah kedap udara dan blender ulang.

Tidak hanya pisang saja, Anda bisa campurkan berbagai tambahan seperti santan untuk tekstur creamy, potongan buah, kacang, bahkan bubuk matcha saat membuat smoothies es krim!

8. Es krim buah mangga: mudah dan segar


Source:
Richard Dudley

Siapkan 1 kaleng susu kental manis, 450 ml susu segar, dan 3 buah mangga yang sudah diblender halus. Campurkan bahan-bahan tersebut dan tambahkan 400 gr krim, kocok hingga rata. Masukkan ke dalam freezer hingga setengah beku. Keluarkan, kocok ulang dan masukkan kembali ke dalam freezer hingga beku.

9. Es krim cokelat tanpa campuran telur


Source: diamondjoy

Siapkan 200 gr cokelat bubuk murni, 100 gr gula merah, 120 gr gula putih, 350 ml susu, 800 ml heavy cream/whipped cream, 2 sdm ekstrak vanilla. Campurkan cokelat bubuk dan kedua jenis gula di dalam mangkok. Masukkan susu dan kocok hingga gula larut. Lalu campurkan vanilla dan whipped cream. Kocok hingga rata.

Selanjutnya untuk mencapai tekstur es krim, gunakan ice cream maker atau teknik blender-freezer selang-seling selama tiga kali setiap 30 menit.

10. Es krim goreng cornflakes


Source: dantesz

Setelah resep-resep es krim yang dingin dan lezat, ada baiknya kita mengkombinasikan es krim dengan balutan rasa yang gurih dan panas.

Siapkan 500 gr es krim rasa vanilla favoritmu, sendok dan bentuk sampai berbentuk bola-bola. Taruh di atas kertas roti dan masukkan bola-bola es krim ke dalam freezer hingga beku dan padat. Lalu siapkan 2 butir putih telur yang telah dikocok di wadah datar. Siapkan sereal cornflakes di wadah lain. Gulirkan bola-bola beku ke dalam putih telur lalu sereal. Ulangi hingga sereal menutup semua permukaan bola. Masukkan kembali dalam freezer hingga beku dan padat.

Panaskan minyak hingga 190oC. Pastikan bola es krim akan terendam di dalam minyak panas saat digoreng. Masukkan 1-2 bola dan goreng selama 15 detik ke dalam wajan. Tiriskan dan sajikan segera.

Dengan resep sederhana membuat es krim, tentu kita semakin mudah memasak di rumah. Tunggu apa lagi, mari kita tulis daftar belanjanya!

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Loading...