10 Resep Makanan Bayi Enak dan Bergizi

By |2018-11-08T01:51:27+07:00January 25th, 2017|Family|Comments Off on 10 Resep Makanan Bayi Enak dan Bergizi


Source: 3217138

Setelah usia 6 bulan, bayi sudah dapat memakan makanan padat pertamanya. Buat para ibu, tidak perlu pusing karena memasak makanan bayi tidak membutuhkan kemampuan memasak layaknya koki. Jika ada waktu lebih, ada baiknya untuk memasak makanan bayi sendiri ketimbang memilih makanan bayi olahan. Memasak makanan bayi tidak sulit kok! Yuk, lihat berbagai resep yang dapat dibuat di rumah.

1. Bubur Susu untuk Bayi 6 Bulan


Source: Artemtation

Resep ini merupakan resep yang sangat mudah. Anda hanya butuh tepung beras dan susu. Susu yang digunakan dapat berupa ASI atau susu formula. Pastikan dapur dan semua peralatan bersih sebelum memulai memasak. Cara membuatnya sangat mudah, tuang tepung beras pada wadah dan campur dengan susu perlahan-lahan. Aduk sampai tidak ada yang menggumpal lalu panaskan di atas api kecil sambil tetap diaduk. Tunggu sampai mendidih lalu angkat dan saring untuk menghindari gumpalan.

2. Puree Alpukat untuk Bayi 6 Bulan


Source: Pexels

Loading...

Alpukat merupakan buah yang kaya vitamin dan lemak baik. Lemak baik sangat dibutuhkan bayi untuk perkembangan otak dan sistem sarafnya. Caranya adalah pilih alpukat yang matang agar tidak keras untuk bayi. Hancurkan alpukat hingga lembut menggunakan blender lalu campur dengan ASI perlahan sambil diaduk. Pastikan bahwa tidak ada serat kasar dalam campuran tersebut sebelum menyuapi bayi Anda.

3. Puree Pisang untuk Bayi 6 Bulan


Source: StockSnap

Pisang merupakan buah yang murah dan mudah ditemui. Tapi jangan salah, pisang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi bahkan lebih tinggi dari buah apel. Antioksidan penting untuk menjaga bayi dari radikal bebas seperti polusi udara. Cara membuat puree pisang sangat gampang. Pertama, pilihlah jenis pisang yang akan digunakan. Pilih pisang yang matang dan bersihkan dari serat-seratnya. Lalu blender pisang dan ASI (atau susu formula) hingga lembut tanpa gumpalan. Puree pisang sudah siap disantap!

4. Nasi Tim Campur untuk Bayi 7-8 Bulan


Source: Pezibear

Pada usia ini, bayi sudah bisa mengonsumsi makanan yang lebih kompleks. Karena itu, Anda dapat berinovasi dengan memasukkan protein ke dalam makanan bayi Anda. Sumber protein yang baik untuk bayi adalah daging tanpa lemak dan telur omega 3. Semuanya bisa dicampurkan dalam resep nasi tim campur ini. Cara membuatnya adalah rebus beras dan daging giling hingga menjadi bubur lalu tambahkan sayuran. Aduk terus campuran tersebut dan masukkan kuning telur. Setelah mendidih, tuang bubur ke saringan atau blender untuk memperhalus tekstur bubur tersebut.

5. Nasi Tim Brokoli untuk Bayi 7-8 Bulan


Source: ImageParty

Brokoli sangat baik untuk kesehatan bayi. Manfaat brokoli untuk kesehatan diantaranya adalah melawan radikal bebas, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan membantu pertumbuhan serta perkembangan sistem saraf bayi. Selain brokoli, Anda juga bisa menambahkan tomat. Tomat kaya akan vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh bayi. Cara membuat nasi tim ini adalah dengan merebus beras dan daging giling sampai mendidih dan masukkan brokoli serta tomat. Masukkan kuning telur sambil senantiasa diaduk sampai matang. Setelah agak dingin, nasi tim dapat disaring atau dilembutkan dengan blender.

6. Nasi Tim Ikan untuk Bayi 7-8 Bulan


Souce: Meditations

Ikan merupakan sumber hewani yang baik untuk bayi. Ikan kaya akan protein yang tinggi. Contohnya adalah ikan salmon yang merupakan sumber DHA atau Omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan sistem saraf dan otak bayi. Oleh karena itu, sangat baik menggunakan ikan salmon dalam campuran nasi tim. Cara membuatnya sama seperti membuat nasi tim bayi yang telah disebutkan, hanya saja ikan dijadikan pengganti daging dan direbus bersama beras sampai mendidih. Anda bisa menambahkan sayuran seperti tomat atau labu agar nasi tim ini semakin kaya nutrisi.

7. Bola-bola Labu Kuning untuk Bayi 9-12 Bulan


Source: PublicDomainPictures

Pada usia 9-12 bulan, bayi sudah bisa makan makanan yang cukup padat. Selain untuk pencernaan, makanan padat juga bagus untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi. Salah satu resep yang bisa dicoba adalah bola-bola labu kuning. Labu kuning mengandung vitamin A, C, beta karoten, dan antioksidan yang bagus untuk tumbuh kembang bayi. Resepnya adalah kukus labu kuning dan apel untuk variasi nutrisi. Setelah itu hancurkan kukusan labu dan apel tadi. Bulat-bulatkan dengan sendok dan beri taburan keju. Sangat mudah dan lezat!

8. Roti Gulung Sayur untuk Bayi 9-12 Bulan


Source: Mizianitka

Menu ini sangat bagus sebagai pengenalan bayi terhadap sayuran. Selain sehat, menu ini juga sangat cocok untuk cemilan bayi. Sayur yang digunakan dapat berupa labu siam dan seledri karena lembut dan gampang dikunyah. Bahan yang dibutuhkan untuk resep ini adalah roti gandum, labu siam, seledri, tempe, daging, telur, unsalted butter, dan bawang bombay. Caranya adalah tumis bawang bombay sampai harum lalu masukkan sayuran, tempe, dan daging. Tambahkan air dan tunggu sampai matang dan air habis. Lalu siapkan roti gandung yang telah diolesi dengan mentega dan olesi dengan campuran tadi. Gulung roti dan celupkan pada telur lalu kukus hingga matang. Roti gulung siap disajikan.

9. Pisang Goreng untuk Bayi 9-12 Bulan


Source: Pucho

Pisang mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi. Pisang juga murah dan mudah untuk didapatkan. Pisang yang digunakan dalam resep ini adalah jenis pisang sunpride yang manis dan lembut. Resepnya sangat mudah layaknya membuat pisang goreng versi mini yaitu potong pisang kecil-kecil, masukkan ke telur, balurkan ke tepung roti, dan goreng dengan minyak sedikit dan api kecil. Perlu diperhatikan bahwa minyak yang digunakan adalah minyak biji-bijian seperti minyak canola yang berasal dari biji matahari.

10. Nasi Tim Campur untuk Bayi 9-12 Bulan


Source: Avitalchn

Nasi tim campur sangat sesuai untuk memenuhi gizi bayi karena terdiri dari berbagai bahan makanan. Bahan makanan dalam membuat resep ini adalah segenggam beras, tahu, telur, hati ayam, wortel yang telah diparut, daun kangkung muda yang telah dipotong-potong, dan santan matang. Caranya adalah rebus beras, tahu, dan hati ayam sampai menjadi bubur halus lalu tambahkan telur hingga matang. Masukkan sayuran dan tambahkan santan secara perlahan dan senantiasa diaduk. Setelah matang, tiriskan nasi tim dan nasi tim siap disajikan.

Resep di atas sangat mudah untuk dicoba bukan? Penting diingat bahwa bayi membutuhkan banyak nutrisi seimbang baik dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Variasi bahan makanan sangat penting bagi bayi. Yuk, mulai masak makanan bayi sendiri agar tetap sehat dan terjaga kualitasnya. Selamat mencoba!

Loading...