10 Olahraga Untuk Diet Ini Dijamin Berhasil Menurunkan Berat Badan

By |2018-11-07T20:21:15+00:00February 2nd, 2017|Health, Lifestyle|

Source: Tumisu

Sedang mencari cara untuk menurunkan berat badan namun dengan cara yang alami dan sehat? Selain menjaga asupan makanan untuk tubuh, kamu bisa juga mencoba olahraga untuk diet yang sangat ampuh untuk membakar lebih banyak kalori, sehingga tubuhmu pun selain sehat juga mendapatkan keuntungan berat badan yang berkurang, serta bagian-bagian tubuh yang lebih kencang. Simak 10 olahraga untuk diet ini jika kamu ingin sehat dan tubuh berbentuk ideal dalam waktu singkat.

1. Berlari

Source: skeeze

Loading...

Berlari dapat menjadi salah satu contoh olahraga yang sangat cepat menurunkan berat badan. Selain murah dan mudah serta dapat dilakukan di sekitar rumah atau di dalam rumah menggunakan treadmill. Saat berlari, seseorang akan menggerakkan keseluruhan bagian tubuhnya, sehingga pembakaran kalori pun lebih merata. Kalori yang dibakar saat berlari pun cukup signifikan. Dengan kecepatan berlari sekitar 12 menit untuk satu mil saja, selama 15 menit Anda sudah akan membakar 119 kalori.

2. Plank

Source: keifit

Plank merupakan olahraga statis, artinya Anda tidak bergerak, namun beberapa bagian tubuh akan terlatih ototnya. Dalam melakukan posisi plank, otot tubuh yang paling terlatih adalah bagian perut dan lengan. Jika Anda ingin perut rata dan lengan tanpa lemak, dianjurkan untuk melakukan plank beberapa menit dalam satu hari. Caranya cukup mudah, yaitu posisikan tubuh seperti tengkurap, kemudian tahan bagian atas tubuh dengan bagian siku hingga pergelangan tangan menumpu seluruh badan. Pastikan tubuh tertahan dengan lurus saat melakukan plank.

3. Push-Up

Source: skeeze

Untuk melakukan push-up yang benar, biasanya jika Anda wanita perlu latihan menumpu dengan lutut terlebih dahulu sebelum kuat menumpu dengan ujung kaki. Push-up akan melatih kekuatan otot tangan dan otot perut. Hal terpenting dalam push-up adalah badan naik dan turun dalam posisi punggung, bokong, dan kaki dalam satu garis lurus, tanpa meliuk kesana-kemari. Lakukan 2 seri push-up setiap hari dengan satu serinya terdiri dari 10 gerakan naik dan turun.

4. Squat

Untuk melakukan squat, Anda tidak memerlukan perlengkapan apapun dan bisa dimulai dari sekarang! Berdirilah dengan kedua kaki dibuka sejajar dengan bahu, kemudian lakukan squat dengan cara merendahkan posisi badan seperti posisi hampir duduk namun tanpa bangku. Pastikan bagian lutut hingga kaki bagian bawah tetap membentuk garis lurus. Saat sudah mencapai posisi hampir jongkok, kemudian angkat kembali tubuh. Lakukan squat paling tidak 2 seri dalam sehari untuk berat badan yang cepat turun.

5. Sit-Up

https://www.instagram.com/p/BP8vHisFpxy/?tagged=situp&hl=en

Sit-up sangat berguna untuk Anda yang sedang berusaha menghilangkan lemak di bagian perut. Untuk melakukan sit-up, telentanglah lebih dahulu, kemudian tekuk kaki dan minta bantuan teman untuk menahan kaki Anda sehingga tidak ikut terangkat ketika badan diangkat. Lakukan sit-up paling tidak hingga 3 seri setiap harinya jika Anda ingin membentuk otot perut yang kencang dan bebas lemak.

6. Wall Sit

Wall sit atau duduk di tembok juga merupakan olahraga yang statis. Untuk melakukan wall sit, Anda harus mencari tembok yang kokoh menahan tubuh Anda. Kemudian berdirilah membelakangi tembok, lalu rendahkan tubuh sambil punggung menempel pada tembok hingga posisi Anda seperti duduk namun tanpa kursi dan hanya bersandar pada dinding. Wall sit sangat membantu banyak wanita untuk mengurangi lemak pada perut dan bagian paha.

7. Bersepeda

Source: skeeze

Bersepeda juga menjadi salah satu alternatif berolahraga yang menyenangkan namun tetap mampu membakar kalori dengan signifikan. Bersepeda dapat dilakukan bersama keluarga atau teman. Bersepeda akan sangat melatih otot sekitar betis dan paha. Salah satu keuntungan lainnya dengan bersepeda adalah Anda juga ikut melestarikan lingkungan dan dapat menikmati pemandangan, apalagi jika dilakukan di pagi hari yang belum banyak polusi kendaraan.

8. Renang

Source: tpsdave

Tidak suka olahraga yang berkeringat dan panas-panasan? Renang dapat menjadi salah satu solusinya. Dengan berenang, seluruh bagian tubuh juga digerakkan, namun tidak terlalu terasa lelah, karena selalu disegarkan dengan menenggelamkan tubuh dalam air. Namun berenang akan membuat tubuh lelah setelahnya, jadi jangan lupa makan terlebih dahulu beberapa jam sebelum berenang.

9. Bulu Tangkis

BadmintonSource: Mathias Dekempeneer

Satu lagi jenis olahraga permainan yang bisa dilakukan selain untuk menggerakkan seluruh tubuh, juga untuk menambah quality time bersama orang-orang tersayang. Bulu tangkis dapat dilakukan dimanapun asal cukup aman, bahkan bisa dimulai di jalan depan rumah jika tidak terlalu banyak mobil berkeliaran.

10. Mendaki Gunung

Source: Hermann

Jika Anda termasuk orang yang cinta travelling dan suka tantangan, mendaki gunung dapat menjadi salah satu alternatif olahraga untuk diet yang dapat mengurangi berat badan. Naik gunung tentunya harus dipersiapkan beberapa minggu sebelumnya, sehingga tubuh lebih kuat saat mendaki dan mendaki ribuan meter untuk mencapai puncak gunung. Terbayang dong jumlah kalori yang dapat terbakar?

Demikianlah 10 macam olahraga untuk diet yang dapat Anda coba lakukan sendiri maupun bersama-sama dengan teman yang juga ingin menurunkan berat badan.

Bakar kalori dari sekarang, untuk tubuh ideal nanti!

Loading...