10 Minuman Detox Terbaik Untuk Kesehatan Yang Wajib Kamu Coba

By |2018-11-07T07:17:51+00:00January 24th, 2017|Uncategorized|

Source: Derrick Brutel

Minuman detox akan membantu untuk membersihkan toksin yang terdapat di dalam tubuh kamu, terutama yang terdapat di dalam saluran cerna dan juga beberapa organ vital lainnya. Jika kamu mengkonsumsi minuman ini secara teratur, maka tubuh akan jauh lebih bugar dan sehat serta bebas dari berbagai toksin yang merugikan kesehatan.

Ada banyak minuman detox yang dapat kamu jadikan pilihan, dan pastinya bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu. Simak beberapa jenis minuman detox berikut ini, yang dapat kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan:

1. Jus umbi bit dan jeruk nipis

Source: Alice Henneman

Sejak lama tanaman bit telah dikenal sebagai penangkal racun yang sangat ampuh, jadi tak heran jika umbi bit menjadi salah satu pilihan untuk bahan utama minuman detox ini. Jus yang dicampur dengan jeruk nipis yang juga bisa memperlancar saluran pencernaan ini, akan membantu untuk mengeluarkan racun dan juga membersihkan tubuh kamu dengan efektif.

2. Jus apel dan mint

Source: Mike Mozart

Apel memiliki serat yang baik untuk saluran cerna dan juga dapat menjaga kelancaran proses pencernaan kamu. Ditambah dengan pektin yang terkandung di dalamnya, yang telah terbukti dapat membantu proses detoksifikasi yang lebih maksimal dalam proses pembuangan toksin dari dalam tubuh. Campuran daun mint di dalam jus ini juga memiliki kandungan minyak astiri, yang akan membuat tubuh lebih segar.

3. Air lemon hangat

Source: Andrew Comings

Kamu tentu sudah sangat kenal dengan buah yang satu ini, bukan hanya segar saja, lemon juga bisa menjadi minuman detox yang ampuh untuk membasmi racun di dalam tubuh dengan waktu yang cepat. Cukup peras setengah buah lemon, campurkan dengan air hangat dan minum di pagi hari untuk mendapatkan proses detox yang maksimal.

4. Jus stoberi dan jeruk bali

strawberrySource: robertobarresi

Sama halnya dengan buah apel, jeruk bali juga memiliki kandungan pektin yang ampuh membantu terjadinya proses detoksifikasi di dalam tubuh. Buah yang satu ini juga kaya dengan kandungan serat dan vitamin C yang dapat memperlancar pencernaan. Kamu bisa mencampurnya dengan stroberi, sebab kandungan vitamin C serta kalium di dalamnya dapat membantu proses pembuangan racun tersebut.

5. Jus wortel dan kubis

Source: Swong95765

Campuran kedua jenis sayuran ini juga sangat baik untuk proses detoksifikasi, sebab senyawa fitokimia yang terdapat di dalam kubis adalah pembasmi racun yang sangat ampuh. Kandungan serat yang terdapat di dalam wortel juga bisa membantu proses tersebut menjadi lebih maksimal. Jika ingin mendapatkan sensasi rasa yang segar dari minuman detox ini, kamu juga bisa menambahkan sedikit perasan lemon ke dalamnya.

6. Jus nanas dan mangga

Source: Terry Whalebone

Membayangkannya saja, kamu mungkin sudah bisa merasakan sensasi rasanya yang sangat segar. Minuman detox yang terbuat dari campuran kedua buah ini akan sangat efektif untuk membuang racun di dalam tubuh kamu, sebab minuman ini kaya akan vitamin, mineral dan juga kalsium yang dapat membantu proses pencernaan. Selain sehat, campuran kedua buah ini juga akan sangat terasa nikmat.

7. Teh hijau

Source: Michael Allen Smith

Khasiat luar biasa yang terkandung di dalam minuman detox yang satu ini tentu tidak perlu diragukan lagi. Teh hijau kaya akan antioksidan dan juga nutrisi yang baik untuk kesehatan, sehingga minuman ini akan sangat tepat untuk kamu konsumsi. Teh hijau dapat mengeluarkan toksin yang terdapat di dalam tubuh, terutama jika kamu konsumsi secara teratur. Kamu bisa membuatnya dengan mudah, yakni dengan cara menyeduhnya dan meminumnya hangat sebanyak satu atau dua kali dalam sehari.

8. Jus wortel, umbi bit dan apel

Source: Akif Mert

Perpaduan sayuran dan buah ini akan sangat membantu proses detoksifikasi tubuh kamu. Bagaimana tidak, umbi bit adalah tanaman yang mampu membersihkan saluran cerna dengan sangat baik. Ditambah dengan wortel yang menjadi salah satu tanaman pembasmi racun yang paling kuat, serta apel yang kaya serat dan baik untuk pencernaan. Kombinasai ketiganya akan membuat minuman detox terbaik yang patut kamu coba.

9. Jus mentimun dan brokoli

Source: Frederique Voisin- Demery

Kamu juga bisa mencoba campuran kedua sayuran ini, sebab mentimun memiliki kandungan anti toksin yang sangat kuat dan bisa membantu untuk mengeluarkan racun dari tubuh kamu. Brokoli yang kaya akan serat dan antioksidan ini juga akan membuat minuman detox ini menjadi lebih sempurna. Perpaduan sayuran hijau ini akan membuat proses detoksifikasi kamu menjadi lebih mudah dan cepat.

10. Jus semangka

Source: Gustavo Jeronimo

Simpel dan mudah, kamu cukup memasukkan beberapa irisan semangka ke dalam blender dan menghaluskannya. Jus ini sangat ampuh untuk membersihkan organ tubuh kamu dan mengeluarkan toksin yang terdapat di sana. Semangka yang kaya akan serat ini bekerja dengan sangat baik pada organ pencernaan, bahkan meski kamu mengkonsumsinya secara langsung tanpa perlu menghaluskannya terlebih dahulu.

Minuman detox menjadi salah satu pilihan kamu untuk tetap bugar dan memiliki tubuh yang sehat. Meski terlihat simpel dan tidak merepotkan, ada baiknya jika kamu memasukkan minuman ini sebagai menu wajib dalam kehidupan kamu. Pilih minuman detox yang paling tepat untuk kamu, termasuk waktu mengkonsumsi dan juga jumlahnya, sehingga efek yang kamu dapatkan bisa maksimal.

Miliki tubuh sehat dengan mencoba minuman detox yang tepat!