10 Masker Rambut Alami yang Bisa Dibuat Sendiri

By |2018-11-08T01:03:57+00:00January 28th, 2017|Beauty|

Hair maskSource: Gilmanshin

Masker rambut alami ini bisa dibuat sendiri di rumah loh. Rambut merupakan mahkota setiap wanita sehingga tidak heran jika banyak wanita rela merogoh kocek dalam untuk merawatnya. Padahal tanpa perlu mengeluarkan banyak uang pun bisa loh merawat rambut di rumah menggunakan bahan alami.

Pembuatan masker menggunakan bahan-bahan alami ini bisa dilakukan di rumah tanpa memakan banyak biaya. Cara pembuatannya pun sangat amat mudah. Dan berikut 10 masker rambut alami yang bisa dibuat sendiri di rumah:

1. Masker Telur


Source: Couleur

Telur mengandung protein, asam lemak, potassium, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, bahkan kalsium tinggi. Selain menyehatkan untuk dimakan, telur pun bisa dijadikan bahan utama masker. Caranya cukup kocok satu buah telur dan oleskan pada rambut hingga kering (5 menit) lalu bilas sampai bersih.

Perawatan rambut menggunakan masker telur ini bisa dilakukan seminggu sekali jika kondisi rambut rusak. Tetapi jika rambut sudah sehat dan ingin menjadikan rambut terlihat lebih indah maka cukup lakukan perawatan selama sebulan sekali.

2. Masker Pisang

Source : Pexels

Pisang kaya akan potassium, berbagai vitamin, anti-oksidan dan minyak alami. Masker pisang ini akan menjadikan rambut lebih kuat, tidak pecah-pecah dan tentu saja berkilau sehat.

Cara pembuatan masker rambut alami menggunakan pisang ini adalah : campur satu buah pisang dengan satu sendok teh minyak zaitun. Lalu oleskan merata pada rambut dan diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas menggunakan sampo dan air hingga bersih.

3. Masker Yogurt dan Cuka Apel

Source : Foundry

Yogurt mengandung antioksidan tinggi, vitamin, kalsium dan protein. Menjadikan yogurt “makanan” sehat bagi rambut karena mampu melembutkannya. Sednagkan cuka apel juga mengandung vitamin tinggi yang salah satu manfaat bagi rambut bisa mencegah timbulnya ketombe.

Cara pembuatan masker alami rambut ini yaitu : campur 1/2 sendok yogurt dengan 1 sendok teh cuka apel. Oleskan secara merata di rambut dan diamkan hingga lima menit lalu bilas hingga bersih.

4. Masker Alpukat

Source : Kjokkenutstyr

Alpukat selalu menjadi salah satu bahan dalam perawatan rambut. Kandungan alpukat tidak hanya mampu memberikan nutrisi pada rambut tetapi juga menjaganya tetap lembut dan sehat.

Campurkan satu buat alupkat dengan satu sendok teh minyak zaitun dan seperampat sendok susu. Oleskan merata pada rambut dan diamkan hingga lima menit kemudian bilas sampai bersih.

5. Masker Strawberry

Source : Szjeno09190

Strawberry mengandung banyak vitamin C sehingga mampu mencegah kehadiran ketombe. Buah ini juga bisa menjadikan rambut lebih berkilau loh.

Cara pembuatan masker rambut satu ini adalah, hancurkan 3 buah strawberry dengan satu sendok minyak kelapa dan satu sendok madu. Oleskan pada rambut secara merat dan diamkan hingga lima menit kemudian bilas.

6. Masker Lemon

Source : Pompi

Lemon mengandung antioksidan sehingga mampu meremajakan kulit sekaligus rambut. Campurkan dua sendok teh perasan air lemon dengan dua sendok teh minyak zaitun. Lalu oleskan merata pada rambut dan diamkan selama 10 menit. Bilas menggunakan sampo dan air hingga bersih.

Masker perasan jeruk lemon ini bisa digunakan sebagai perawatan sehari-hari. Jika kondisi sudah sehat maka bisa menggunakan perawatan masker lemon ini sebulan sekali.

7. Makser Madu

Source : Stevepb

Madu kaya akan vitamin yang akan menjaga kelembutan dan kelembaban rambut. Mencampurkan satu sendok madu dengan satu sendok minyak zaitun niscaya akan menjadikan rambut lebih sehat dan berkilau. Oleskan campuran kedua bahan alami tersebut pada rambut secara merat dan diamkan selama lima mnit kemudian bilas.

Masker madu ini juga mampu menjaga rambut dari terik sinar matahari. Artinya warna rambut tetap terjaga dan tidak akan terlihat kusam.

8. Masker Baking Soda


Source : Evitaochel

Baking soda tidak hanya berguna sebagai bahan pembuat makanan, tetapi juga menyehatkan rambut, baking soda mengandung bikarbonat yang mampu menyehatkan rambut.

Cara pembuatan masker baking soda ini pun mudah. Cukup padukan satu sendok baking soda dengan air hingga terbentuk pasta. Oleskan merata pada rambut dan diamkan selama lima menit kemudian bilas. Cukup lakukan perawatan menggunakan masker baking soda sebulan sekali agar menjadikan rambut lebih sehat.

9. Masker Susu dan Madu

Source : congerdesign

Susu dan madu sama-sama kaya akan vitamin, salah satunya protein sehingga mampu menjadikan rambut lebih sehat. Campurkan kedua bahan ini masing-masing satu sendok makan lalu oleskan pada rambut. Diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

Perawatan rambut menggunakan masker ini bisa dilakukan setiap satu minggu sekali. Lakukan secara rutin dan lihatlah hasilnya.

10. Masker Santan

Source : Nawalescape

Santan dipercaya mampu mengatasi rambut rusak dan mengembalikan kemilaunya. Pembuatan masker rambut dari santan pun cukup mudah. Cukup oleskan 50 ml santan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 5 menit dan bilas hingga bersih. Pastikan santan yang digunakan segar dan bukan santan instan dalam kemasan. Lakukan perawatan ini selama seminggu sekali dan lihat hasilnya.

Bagaimana? Mudah bukan cara pembuatan masker rambut alami ini? Cara pembuatannya pun tidak membutuhkan waktu lama bahkan bisa menghemat waktu serta uang jika dibandingkan melakukan perawatan ke salon.