10 Manfaat Mencengangkan Bawang Putih untuk Kesehatan

By |2018-11-08T17:57:47+00:00March 24th, 2017|Food, Health|Comments Off on 10 Manfaat Mencengangkan Bawang Putih untuk Kesehatan

 


Source: Gadini

Bawang putih diketahui mampu membuat masakan menjadi lebih lezat dan wangi. Namun, apakah Anda mengetahui bahwa bawang putih memiliki beragam manfaat baik bagi kesehatan? Bawang putih sangat berguna dalam meningkatkan kondisi tubuh.

1. Sangat Bernutrisi dan Rendah Kalori


Source: postchiangmai0

Bawang putih mengandung zat yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin dan mineral. Beberapa vitamin yang terdapat dalam bawang putih adalah Vitamin C, Vitamin B6, dan Vitamin B1. Selain itu, bawang putih juga kaya akan mangan, selenium, dan serat. Bawang putih dianggap makanan yang sangat sehat karena mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh walaupun dalam jumlah sedikit seperti kalsium, potassium, dan zat besi.

Loading...

2. Meningkatkan Sistem Imun


Source: WerbeFabrik

Manfaat bawang putih bagi kesehatan sudah diketahui sejak zaman dahulu kala. Penggunaan bawang putih pada resep masakan kadang dikhususkan karena manfaatnya. Bawang putih mampu meningkatkan sistem imun, hal ini adalah alasan penggunaan bawang putih pada makanan berkuah atau sup. Karena pada musim hujan dan dingin, orang lebih rentan terkena berbagai macam penyakit. Bawang putih mampu membantu menjernihkan saluran pernapasan dari batuk dan dahak.

3. Kandungan Obat yang Ampuh


Source: Eliasfalla

Bawang putih adalah bagian dari bawang-bawangan yang merupakan bahan masak paling mendasar dan sering digunakan. Dalam sejarahnya, bawang putih lebih sering digunakan dalam resep obat atau untuk khasiat kesehatan misalnya dalam peradaban Mesir dan Yunani. Karena kandungan nutrisinya yang beragam, bawang putih dianggap mampu membantu meredakan berbagai macam penyakit. Bawang putih dapat dikonsumsi langsung. Proses pengelupasan dan penghancuran bawang putih berguna untuk mengeluarkan nutrisi di dalamnya.

4. Meredakan Mual


Source: ErikaWittlieb

Selain meningkatkan sistem imun, bawang putih juga mampu meredakan mual dan batuk. Riset membuktikan bahwa bawang putih dapat mengurangi gejala batuk sampai 70%. Jika Anda sudah memiliki gejala batuk, pusing, dan mual ada baiknya untuk segera mengkonsumsi bawang putih. Untuk sensasi yang lebih menyegarkan, Anda dapat membuat sup hangat dengan berbagai sayuran yang kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh.

5. Membantu Melawan Kanker


Source: Cristianosoy

Penelitian terbaru bagi bawang putih adalah manfaatnya dalam mencegah kanker. Bawang putih mampu meningkatkan produksi hydrogen sulfide yang merupakan zat anti-kanker dan efektif dalam mencegah berbagai macam kanker seperti kanker payudara, kanker usus, dan kanker prostat. Dosis yang dianjurkan adalah 10 gram bawang putih setiap harinya untuk mengurangi risiko kanker. Selain kanker, bawang putih juga mampu memperlambat terbentuknya tumor di dalam usus besar.

6. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi


Source: Qimono

Tekanan darah tinggi merupakan faktor utama dalam penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Penelitian membuktikan bahwa bawang putih mengandung zat yang berdampak pada tekanan darah. Bawang putih membantu mengurangi tekanan darah jika dikonsumsi secara intens dan rutin. Efek bawang putih dalam menurunkan tekanan darah bahkan dapat menyamai beberapa obat-obatan. Untuk mencapai hal ini, Anda perlu mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah yang banyak atau sekitar empat suing perhari.

7. Kesehatan Kulit dan Rambut


Source: nastya_gepp

Bawang putih ternyata mampu membuat penampilan fisik Anda lebih maksimal dengan menjaga kesehatan kulit dan rambut. Kandungan bawang putih melindungi kulit Anda dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Bagi Anda penderita eksim, Anda juga dapat menggunakan bawang putih sebagai rutinitas harian Anda. Untuk Anda yang ingin rambut dan kulit kepala sehat, Anda dapat memijat kulit kepala dengan ekstrak bawang putih.

8. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung


Source: Ronymichaud

Seperti yang telah disebutkan bahwa bawang putih berguna untuk mengurangi tekanan darah dan tingkat kolesterol. Hal ini disebabkan oleh kandungan bawang putih yang disebut dengan Allicin. Allicin mampu meregulasi kadar gula dan tekanan darah. Untuk mengeluarkan kandungan allicin yang terdapat dalam bawang putih, Anda perlu mengupas, menggeprek, atau memotong bawang putih. Zat ini tidak akan keluar jika Anda makan atau memasak bawang putih secara utuh. Untuk mencapai hasil maksimal, Anda sebaiknya makan bawang putih mentah atau setengah matang.

9. Tinggi Antioksidan


Source: PublicDomainPictures

Antioksidan sangat diperlukan untuk melawan radikal bebas yang dapat ditemui di polusi udara. Radikal bebas dapat membuat penuaan dini yang gejalanya dapat dilihat dari munculnya garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Antioksidan juga dibutuhkan dalam perbaikan dan penjagaan sel-sel otak dan saraf. Oleh karena itu, bawang putih dianggap mampu mengurangi risiko atau menjaga tubuh dari penyakit otak dan saraf seperti Alzheimer yang menyerang dan mematikan sel otak.

10. Bekerja Sebagai Detoks


Source: Nouchkac

Beberapa zat yang tidak berguna perlu untuk dikeluarkan dari tubuh seperti kandungan metal yang mungkin didapat dari bahan makanan yang dikonsumsi. Untuk mengeluarkannya, diperlukan proses detoksifikasi. Bawang putih, dalam dosis yang tinggi mampu membantu proses detoksifikasi zat buangan tubuh. Penelitian membuktikan bahwa bawang putih mampu mengeluarkan berbagai macam racun di dalam tubuh yang mampu mengurangi tekanan darah dan gejala pusing.

Tak hanya lezat, beberapa hal di atas adalah manfaat yang bisa didapat dari konsumsi bawang putih. Anda dapat mengkonsumsi bawang putih secara langsung atau yang telah dimasak untuk mendapatkan manfaat tersebut. Tidak ada salahnya untuk menambahkan bawang putih dalam resep kesayangan Anda.

Satu siung bawah putih untuk sejuta manfaat!

Loading...