10 Manfaat Luar Biasa Kunyit pada Kesehatan dan kecantikan

By |2018-11-07T19:28:16+00:00February 9th, 2017|Uncategorized|

Source: Ajale

Kunyit adalah salah satu rempah yang banyak dipakai oleh ibu- ibu di dapur. Kunyit biasa dipakai sebagai pewarna alami makanan seperti nasi kuning atau sayuran bumbu kuning. Kunyit di indonesia juga sering dipakai untuk upacara- upacara atau ritual tertentu. Seperi kebiasaan orang mengoleskan kunyit ke belakang telinga saat melayat, dengan alasan agar tidak membawa nasib sial bagi para pelayat. Selain itu kunyit juga dipakai dalam ritual siraman adat jawa. Dimana setelah sang pengantin di siram sebanyak 7 kali, lalu sang perias manten akan mengoleskan kunyit disekitar tubuh pengantin, lalu membasuhnya kembali dengan air kembang. Ritual ini bertujuan agar kulit sang pengantin bersih saat pernikahan kelak. Selain kegunaan kunyit di atas, kunyit menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja manfaat kunyit? Ini dia 10 manfaat kunyit.

1. Pencegah Kanker

Source: waldryano

Kanker adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini berasal dari sel kanker di dalam tubuh yang berkembang secara tidak normal. Banyak makanan alami dipercaya mampu mencegah timbulnya kanker. Salah satu makanan alami yang dapat mencegah penyakit kanker adalah kunyit. Kunyit memiliki kandungan yang dapat mencegah berkembangnya sel kanker.

2. Antioksidan

Source: Pexels

Akibat udara yang kotor, makan yang tidak sehat, serta gaya hidup yang tidak sehat, banyak orang yang terpampang radikal bebas. Radikal bebas adalah zat yang dipercaya sebagai pemicu kanker serta masalah kesehatan lainnya. Kunyit memiliki zat antioksidan alami didalamnya. Antioksidan dipercaya dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

3. Mencegah Serangan Jantung

Source: geralt

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit pembunuh terbanyak di dunia. Penyakit jantung dipapat dari polah hidup yang tidak sehat, seperti senang memakan makanan tidak sehat, dan jarang berolah raga. Penyakit jantung dapat diatasi dengan berbagai makanan yang mengandung zat besi, magnesium dan vitamin. Kunyit adalah salah satu makanan alami yang dapat mencegah penyakit jantung maupun serangan jantung.

4. Mencegah Depresi

Source: caio_triana

Depresi adalah kondisi dimana seseorang berada pada tingkatan emosi terendah, sehingga tidak dapat beraktifitas dan stress. Stress yang berujung pada depresi dapat mengakibatkan terjadinya berbagai macam penyakit. Seperti penyakit jantung serta penyakit mental yang berbahaya. Kunyit memiliki kandungan anti depresi yang bagus. Sehingga kunyit dapat mencegah seseorang terkena depresi.

5. Memperlancar Asi

Source: AdinaVoicu

Asi adalah asupan wajib yang diberikan oleh ibu kepada bayinya. Asi memiliki banyak kandungan baik untuk perkembangan bayi. Akan tetapi, asi yang tidak lancar, adalah hal yang sangat dikhawatirkan oleh ibu- ibu. Kunyit ternyata memiliki kemampuan untuk memperlancar asi. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung kunyit sangat baik bagi ibu menyusui.

6. Menyembuhkan Sariawan

Source: Kjerstin_Michaela

Kunyit memiliki kemampuan dalam menyembuhkan sariawan. Cara memakai kunyit sebagai obat sariwan adalah dengan menghaluskan kunyit, lalu kunyit yang telah halus, dioleskan ke tempat dengan sariawan. Hal ini dipercaya sebagai obat alami untuk menyembuhkan sariawan. Selain untuk menyembuhkan sariawan, kunyit juga dipercaya dapat menghilangkan bau mulut.

7. Menambah Nafsu Makan

HungrySource: Jérôme Decq

Kunyit memiliki kemampuan menambah nafsu makan anak yang sulit makan. Cara memakai kunyit sebagai penambah nafsu makan adalah dengan mencampurkan kunyit kedalam masakan. Selain itu, jamu yang terbuat dari kunyit, juga dipercaya dapat menambah nafsu makan anak, jika si anak rutin meminumnya. Campuran kunyit dan temulawak adalah jamu yang sering dipakai untuk menambah nafsu makan.

8. Menghilangkan Jerawat

Source: Kjerstin_Michaela

Selain untuk kesehatan, kunyit juga dipercaya baik digunakan sebagai alat kecantikan. Salah satu manfaat kunyit adalah sebagai obat alami penghilang jerawat. Cara memakai kunyit sebagai penghilang jerawat adalah:

  • Haluskan kunyit, lalu campur dengan sedikit air
  • Oleskan pasta kunyit di wajah atau daerah yang berjerawat, tunggu hingga kering
  • Bilas hingga bersih

9. Memperhalus Kulit

Source: Laleyla5

Selain dapat menghilangkan jerawat, kunyit juga dipercaya dapat menghaluskan kulit. Kunyit banyak dipakai oleh orang tua sebagai salah satu lulur tubuh yang alami. Saat ini banyak lulur- lulur kunyit yang dijual di pasaran. Lulu tersebut biasanya berbentu bubuk. Cara memakai bubul kunyit dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan sedikit air atau susu, hingga berbentuk pasta. Lalu tinggal diolaskan ke kulit, dan tunggu hingga kering, lalu di bilas.

10. Melembabkan Rambut

Source: nastya_gepp

Kunyit juga memiliki kemampuan dalam melembabkan rambut. Kunyit yang dipakai adalah bubuk kunyit yang di pakai sebagai lulur rambut. Kunyit adalah bahan alami, sehingga lulurnya dapat di pakai di seluruh bagian tubuh. Termasuk di rambut. Caranya dengan mengoleskan lulur kuyit ke rambut mulai dari pangkal hingga ujung. Tunggu hingga meresap, lalu bilas hingga bersih.

Itulah tadi, 10 manfaat kunyit yang luar biasa. Sebagai bahan alami, manfaat kunyit tidak kalah dibandingkan rempah- rempah lainnya. Bahkan untuk urusan kecantikan, kunyit telah lama di pakai kaum perempuan sebagai lulur, mulai dari jaman kerajaan di Indonesia. Memakai bahan alami sebagai penunjang kesehatan dan kecantikan lebih baik. Karena tidak adanya paparan zat kimia di dalamnya. jadi, kalau kamu ingin sehat dan cantik, cobalah memakai kunyit sebagai alternatif. Selamat mencoba!