10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

By |2018-11-07T18:57:35+07:00January 22nd, 2017|Beauty, Health|Comments Off on 10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Source: Sarangib

Khasiat lidah buaya bukan hanya sebagai penyubur rambut. Tanaman herbal yang memiliki nama latin Aloe vera ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan di dalamnya yang meliputi vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B12, vitamin C,  vitamin E, asam amino, enzim, polisakarida dan mineral telah teruji klinis mampu mengobati beragam penyakit.

Nah, kira-kira apa saja kegunaan lidah buaya untuk diri kita ya? Langsung aja simak nih beberapa manfaat lidah buata untuk kesehatan dan kecantikan. Check itu out!

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Source: Myriams_Fotos

Lidah buaya berguna sebagai peningkat kekebalan tubuh yang sedang lemah. Apabila anda gemar mengonsumsi jus lidah buaya secara rutin, maka tubuh akan memperoleh pasokan antioksidan yang cukup. Sehingga sistem imun pun juga akan meningkat. Dengan begitu, anda bisa lebih kebal terhadap serangan virus maupun bakteri.

Loading...

2. Menjaga Kecantikan Kulit


Source: Cuncon

Penggunaan lidah buaya untuk perawatan kulit sudah menjadi hal yang tak asing lagi. Lidah buaya dikenal sebagai herbal yang acapkali digunakan dalam produk kecantikan. Jika anda memiliki tanaman lidah buaya, maka gunakan gelnya sebagai masker wajah. Pemakaian secara teratur akan membantu mencerahkan kulit, mengangkat sel-sel kulit yang telah mati, dan membuat kulit tampak lebih sehat.

3. Obat Penyakit Kulit


Source: Hans

Selain menjaga kecantikan, lidah buaya juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi reaksi alergi pada kulit. Beragam gangguan seperti peradanga, hiperpigmentasi, lecet, luka bakar, herpen, psoriasis dan luka-luka ringan dapat dihilangkan dengan bantuan gel lidah buaya. Pengobatan dengan lidah buaya ini tidak menimbulkan efek samping, sehingga cocok digunakan oleh orang-orang bertipe kulit sensitif.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan


Source: Elionas2

Lidah buaya juga dikenal baik untuk sistem pencernaan. Zat-zat aktif yang ada dalam lidah buaya dapat membantu proses detoksifikasi dan melancarkan proses pencernaan. Walau demkian, anda tidak dianjurkan mengonsumsi jus lidah buaya secara berlebihan sebab bisa memicu kerusakan ginjal dan kanker kolorekta.

5. Obat Sariawan


Source: RenatalFerro

Meski penyakit yang sepele, sariawan dan gusi berdarah seringkali membuat penderitanya menjadi kesakitan dan tidak bisa berbicara. Lidah buaya dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan gangguan pada mulut. Gel lidah buaya memiliki kandungan antibakteri yang membantu penyembuhan sariawan dan gusi berdarah. Cukup oleskan sedikit pada bagian gusi yang sakit sambil ditekan-tekan lembut. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air ketika rasa sakit mulai mereda.

6. Mengatasi Konstipasi


Source: ER and Jenny

Mengingat khasiatnya sebagai pencahar alami, tak heran jika lidah buaya sering dimanfaatkan untuk mengobati konstipasi. Kandungan serat yang tinggi dalam lidah buaya akan merangsang pergerakan usus sekaligus membuat pencernaan jadi lancar. Anda bisa mengonsumsinya secara murni ataupun mencampurnya dengan jus apel. Tapi pengonsumsian lidah buaya ini memberikan efek samping diare.

7. Penghilang Plak Gigi


Source: Woodypino

Kebanyakan orang akan pergi ke klinik untuk menghilangkan plak yang menempel di gigi. Sebenarnya, plak kuning pada gigi juga bisa diatasi dengan ramuan lidah buaya. Khasiat dalam lidah buaya mempunyai peranan yang sama dengan obat kumur, dimana mampu menghilangkan bakteri yang bersemayam dalam mulut dan merontokkan plak. Anda hanya perlu berkumur dengan jus lidah buaya selama 2 menit atau mengoleskannya secara teratur hingga plak benar-benar bersih.Tapi ingat, jangan gunakan lebih dari satu bulan!

8. Mengatasi Peradangan Sendi


Source: IAOM-US

Bagi anda yang pernah mengalami gejala peradangan sendi, biasanya ditandai dengan sendi terlihat bengkak dan berwarna kemerahan, anda bisa meringankannya dengan mengonsumsi jus lidah buaya.Berdasarkan penelitian para pakar kesehatan, lidah buaya memiliki kandungan enzim bradikinase yang berguna mengatasi keluhan nyeri serta radang sendi. Anda disarankan mengonsumsinya selama masih sakit, dan segera hentikan ketika sudah merasa membaik.

9. Menurunkan Kadar Gula Darah


Source: Stevep

Diabetes atau lebih dikenal sebagai Kencing Manis juga dapat diatasi dengan lidah buaya. Dari hasil penelitian, terbukti bahwa lidah buaya mengandung sekitar 75 zat aktif, dimana beberapa diantaranya seperti aloe emodin sangat berguna dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil. Sehingga tak heran, jika tanaman ini sering diolah oleh masyarakat sebagai ramuan herbal untuk mengobati penyakit diabetes melitus tipe 2.

10. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi


Source: Bykst

Di samping mengatasi diabetes, gel lidah buaya juga bermanfaat dalam menurunkan kadar trigliserida. Kandungan dalam lidah buaya dipercaya dapat menekan kadar kolesterol LDL hingga 25% dalam tubuh. Meski demikian, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Untuk resep pembuatan jus lidah buaya sendiri, sebenarnya ada banyak. Salah satunya yang paling mudah dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama siapkan beberapa batang lidah buaya (sesuai kebutuhan)
  • Potong kecil-kecil, lalu cuci hingga bersih
  • Masukkan ke dalam blender
  • Jangan lupa tambahkan sedikit perasan jeruk nipis
  • Kemudian nyalakan blender sehingga semua bahan menyatu dan halus
  • Masukkan jus lidah buaya ke dalam wadah kosong dan tutup rapat
  • Setelah itu, simpan di dalam kulkas selama beberapa jam
  • Selesai, jus lidah buaya pun siap dinikmati

Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan. Yang perlu anda ketahui, lidah buaya tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan sebab memicu beragam penyakit, seperti diare, kanker kolorektal, kram perut, gangguan ginjal, gangguan jantung, hingga kematian bila overdosis. Beberapa orang dengan kondisi tertentu juga dilarang mengonsumsi lidah buaya, yaitu wanita hamil dan menysusui, penderita ginjal, penderita wasir, anak-anak, dan orang yang memiliki gangguan pada usus.

Ingat!! Jika anda berniat mengonsumsi lidah buaya, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Selamat mencoba!

Loading...