10 Manfaat Kunyit bagi Tubuh Serta Efek Samping Yang Harus Diketahui!

By |2018-11-07T21:08:23+09:00January 30th, 2017|Health|Comments Off on 10 Manfaat Kunyit bagi Tubuh Serta Efek Samping Yang Harus Diketahui!


Source: Ajale

Kunyit telah lama dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang juga sering digunakan sebagai bumbu masakan tradisional, manfaat kunyit ini telah banyak dirasakan oleh masayarakat sejak jaman dahulu. Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma longa ini asli dari wilayah Asia, terutama wilayah Asia Tenggara dan tubuh subur di Indonesia serta Malaysia.

Manfaat kunyit cukup banyak salah satunya sering di gunakan sebagai jamu tradisional, ini tak lepas dari kandungan senyawa Curcuin di dalamnya yang memiliki sifat penyembuh. Meskipun demikian, pengunaan kunyit secara tidak tepat dapat menimbulkan efek sampin yang kurang baik bagi tubuh. Berikut diantaranya manfaat kunyit beserta efek sampingnya yang penting untuk di simak:

1. Meringankan Nyeri Sendi


Source: Andreas160578

Karena kandungan senyawa curcumin yang bersifat anti peradangan di dalam kunyit inilah yang membuatnya seringkali digunakan untuk dijadikan salah satu bahan baku obat-obatan tradisional yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat rematik atau pun arthrithis. Jadi bila ingin mengatasi rasa nyeri yang seringkali mengganggu akibat rematik bisa mengkonsumsi ekstrak kunyit sebagai alternatif pilihan, di saat obat-obat sintetis yang tak terlalu memberikan efek.

2. Meredakan Gatal Pada Kulit


Source: Kjerstin_Michaela

Kulit yang sensitif seringkali cepat dan mudah sekali mengalami iritasi dan juga gatal, tentu ini sangat menggangu sekali. Satu lagi manfaat kunyit lainnya ialah dapat meredakan gatal pada kulit, senyawa curcumin dalam kunyit lah yang berperan dalam mengatasi alergi tersebut. Untuk menggunakannya pun juga cukup mudah, yakni dengan menghaluskan kunyit dengan daun asam kemudian di balurkan ke kulit yang mengalami gatal. Diamkan beberapa saat agar kandungannya meresap atau bisa juga biarkan hingga mengering, barulah dibilas.

3. Meringankan Nyeri Saat Menstruasi


Source: Foundry

Banyak sekali minuman pelancar menstruasi yang dijual dipasaran memanfaatkan kunyit sebagai bahan utamanya. Manfaat kunyit sebagai pereda nyeri akibat datang bulan memang telah dikenal luas sejak jaman nenek moyang, ini karena sifat pereda nyeri yang dimiliki tanaman herbal tersebut yang didukung banyak penelitian. Namun penggunaannya haruslah tepat dan sesuai takaran, bila tidak, penggunaan yang salah dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim yang dapat menyebabkan masalah lainnya.

4. Mengatasi Gangguan pada Lambung


Source: pixabay.com

Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli, mengungkapka bahwa manfaat kunyit bagi penderita maag dapat mencegah perut kembung secara berlebihan. Ini karena kunyit memiliki kemampuan untuk merangsang produkstifitas empedu yang memiliki peranan dalam membantu kesehatan pencernaan. Namun penggunaan secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama malah justru dapat mengganggu kondisi lambung. Hal tersebut karena kunyit memiliki sifat pedas atau panas.

5. Penurun Demam Alami


Source: Unsplash

Demam bisa jadi merupakan sebuah tanda bahwa tubuh sedang mengalami sesuatu yang tidak beres, misalnya saja karena infeksi bakteri maupun virus. Bila ada anggota keluarga yang mengalami demam, jangalah terburu-buru memberikan obat-obatan sebab bisa jadi demam terjadi karena tubuh sedang memberi perlawanan terhadap infeksi terseut.

Manfaat kunyit yang bersifat antivirus juga anti inflamasi dapat digunakan sebagai bahan alami untuk meredakan demam. Cukup dengan seduh sari dari parutan kunyit dengan air hangat serat sedikit tambahan madu untuk memberi rasa. Minum hingga demam dirasa telah reda.

6. Menurunkan Tensi Darah


Source: Geraldoswald62

Pekerjaan yang berat maupun tekanan hidupp seringkali membuat kondisi tubuh mengalami stres dan tak jarang membuat tensi darah naik secara signifikan. Ini tentu kurang baik untuk kesehatan, terlebih lagi bagi para orang tua yang memang seringkali mengalami hal terebut. Manfaat kunyit secara farmakologi lainnya ialah dapat melancarkan peredaran darah, tentunya hal dengan mengkonsumsi kunyit sebagai herbal secara tepat dapat membantu menstabilkan tekanan darah.

7. Meredakan Peradangan Pada Gusi


Source: Lion6255

Anak-anak seringkali mengalami peradangan pada gusinya hingga membuatnya susah makan karena menahan sakit. Sifat anti radang pada toga atau tanaman obat keluarga ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengurangi peradangan pada gusi, apalagi pada anak-anak. Gunakan rebusan kunyit yang telah ditambahkan dengan kapur sirih sebagai obat kumur untuk mengurangi peradangan pada gusi, lakukan 2 kali pagi dan sore hari hingga gusi yang meradang mereda.

8. Mengatasi Diare Secara Alami


Source: Kerdkano 

Diare bisa menyerang kalangan usia berapa pun, baik anak-anak maupun dewasa. Salah satu pemicu diare ialah karena adanya infeksi bakteri dalam sistem pencernaan. Satu diantara berjuta manfaat kunyit ialah dapat membantu mengatasi diare yang mungkin mengganggu sistem pencernaan. Minum rebusan kunyit dengan tambahan kapur sirih untuk membuat diare tersebut berhenti, setidaknya 3 kali sehari atau hingga mereda sepenuhnya.

9. Mengatasi Masalah  Kewanitaan


Source: ROverhate

Masalah yang sering dihadapi wanita pada daerah kewanitaan satu diantaranya ialah keputihan yang memang cukup mengganggu dan bahkan dapat menimbulkan masalah serius bila tak dihadapi dengan baik. Masalah tersebut disebabkan oleh adanya infeksi jamur, dan kita bisa menggunakam manfaat kunyit untuk menanganinya. Gunakam air rebusan kunyit dan daun sirih untuk membersihkan daerah kewanitaan karena manfaat kunyit yang memiliki anti bakteri, gunakan hingga masalah hilang.

10. Mencegah Perkembangan Sel Kanker


Source:  Skeeze

Sifat anti oksidan dalam kunyit memiliki aktifitas sebagai penekan laju perkembangan sel kanker dalam tubuh. Para ahli mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kunyit, mampu mengurangi aktifitas radikal bebas dalam tubuh yang memicu tumbuhnya sel kanker. Namun saat sedang menjalani kemoterapi disarankam untuk tidak mengkonsumai bahan makanan yang memiliki kandungan kunyit. Ini disebabkan karena kunyit dirasa dapat mengganggu penyerapan obat kemoterapi pada penderita kanker.

Memang manfaat kunyit untuk tubuh tak perlu diragukan lagi, karena sejak jaman dahulu telah dipercaya sebagai penyembuh yang berkhasiat. Namun penggunaannya juga jangan sampai berlebihan, sebab dapat berpengaruh buruk pada kesehatan. Dengan menggunakan kunyit secara tepat tentu akan meningkatkan manfaat kunyit secara lebih baik lagi.

Always keep your body healthy, ya. Ladies!

Loading...