10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan yang Tidak Banyak Orang Tahu

By |2018-11-08T04:27:02+00:00March 12th, 2017|Uncategorized|


Source: shixugang

Banyak orang yang menyukai kopi sebagai minuman hangat untuk memulai hari agar lebih semangat. Kopi juga sering dipakai untuk membuat kita terjaga dari kantuk sehingga sangat cocok sekali untuk menemani kita begadang semalaman. Tapi apa memang itu saja manfaat kopi? Tentu saja tidak kopi memiliki beberapa manfaat lainnya apalagi untuk kesehatan tubuh kita. Bagi kamu para pecinta kopi ini merupakan kabar baik untuk anda. Berikut akan dijelaskan tentang manfaat kopi bagi kesehatan yang tidak banyak orang tahu:

1. Mencegah Depresi


Source: Unsplash

Kandungan zat penenang dalam kopi bisa membuat kita merasa rileks dan bisa menghilangkan rasa cemas yang berlebihan. Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine tahun 2011 menunjukkan bahwa wanita yang meminum lebih banyak segelas kopi setiap harinya menunjukkan resiko tingkat depresi yang lebih rendah dari wanita yang hanya sedikit mengkonsumsi kopi. Ini menunjukkan bahwa kopi bisa mencegah resiko depresi. Wah sangat menakjubkan, bukan?

2. Meningkatkan Daya Ingat


Source: Hans

Manfaat kopi yang tidak kalah menakjubkan adalah bisa meningkatkan daya ingat. Penelitian yang dilakukan Radiological Society of North America pada tahun 2005 menunjukkan bahwa meminum dua gelas kopi berkafein bisa meningkatkan daya ingat jangka panjang dan juga jangka pendek. Bahkan pada tahun 2007 penelitian menunjukkan hasil yang lebih menakjubkan. Dalam penelitian ditemukan bahwa wanita berumur 65 tahun yang meminum kopi secara rutin menunjukkan daya ingat yang lebih bagus dan tidak ditemukan penurunan daya ingat yang biasanya dialami oleh wanita lanjut usia. Tetapi sayangnya hal ini tidak berlaku bagi pria.

3. Baik untuk Kesehatan Otak


Source: PublicDomainPictures

Kopi juga memiliki peran penting untuk kesehatan otak manusia. Hal ini juga dihasilkan dari beberapa penelitian yang dilakukan. Beberapa penelitian tersebut menunjukkan bahwa kopi memang bagus untuk keseimbangan otak apalagi yang berkaitan dengan peningkatan daya ingat dan juga konsentrasi. Tetapi kopi yang dimaksud bagus untuk kesehatan adalah kopi murni atau kopi hitam yang ditakar dengan takaran yang tepat. Untuk itu bagi anda para pecinta kopi sebaiknya beralih pada kebiasaan minum jenis kopi hitam ya!

4. Meningkatkan Metabolisme


Source: Pexels

Semakin sering tubuh melakukan proses metabolisme semakin mudah tubuh kehilangan berat badan. Ini adalah kabar baik bagi anda yang ingin mencapai berat badan ideal anda dengan kopi. Anda tidak harus melakukan olahraga karena kopi akan membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh anda. Kopi yang berkontribusi baik dalam penurunan berat badan diantaranya adalah biji kopi hijau. Selain penurunan berat badan yang akan anda dapatkan, mengkonsumsi kopi secara rutin juga membuat tubuh anda sehat dan kuat dari ancaman penyakit dari luar tubuh anda.

5. Mengandung Antioksidan Tinggi


Source: DzeeShah 

Ternyata kopi juga mengandung antioksidan tinggi dibandingkan pada sayuran dan juga buah-buahan. Seperti yang kita tahu bahwa antioksidan berperan penting dalam mencegah proses penuaan pada sel-sel tubuh sehingga fungsi tubuh selalu berfungsi dengan baik. Bahkan di Amerika sendiri kopi dijadikan sebagai menu diet utama yang kaya antioksidan. Mereka percaya bahwa kopi bisa meningkatkan fungsi tubuh mereka saat menjalan program diet dengan bahan alami.

6. Meningkatkan Energi


Source: freephotocc

Dengan meningkatkannya energi dalam tubuh kita, kita akan bisa melakukan aktivitas tanpa perlu khawatir akan merasa cepat lelah. Kopi juga mempunyai fungsi yang demikian, dimana kopi meningkatkan energi dalam tubuh sehingga mencegah anda untuk merasa cepat lelah. Hal ini telah dibuktikan dengan sebuah penelitian pada 2008 yang menunjukkan bahwa meminum kopi sebelum berolahraga dapat meningkatkan aktivitas dan meningkatkan waktu saat berolahraga tanpa khawatir akan merasa lelah.

7. Meningkatkan Konsentrasi


Source: Unsplash

Seorang pekerja keras membutuhkan konsentrasi penuh sepanjang hari disamping membutuhkan energi untuk melakukan pekerjaannya. Untuk itu mengkonsumsi kopi sangat dianjurkan bagi anda yang memiliki banyak kegiatan kerja yang penuh setiap harinya agar konsentrasi anda selalu terjaga dan energi anda tidak mudah menurun. Kopi sejak dulu memang dipercaya bisa membuat pikiran kita menjadi lebih segar dan samangat dalam melakukan aktivitas kita. Jadi cobalah untuk rutin meminum kopi ya!

8. Mencegah Penyakit Asam Urat


Source: cnick

Pria ataupun wanita biasanya akan terserang penyakit ini saat usia mereka sudah menginjak lebih dari 50 tahun. Penyakit asam urat ini membuat penderitanya merasa sakit di daerah persendiaan seperti di jari kaki ataupun tangan, di pinggul, dan juga di derah lutut. Kopi bisa menimalisir dan menghindarkan kita dari penyakit asam urat atau yang biasanya disebut penyakit gout ini. Berdasarkan penelitian juga pria yang sering menkonsumsi kopi akan memiliki resiko yang lebih kecil terserang asam urat saat dia menginjak usia tua.

9. Mencegah Kanker


Source: geralt

Selain dapat mencegah penyakit asam urat kopi juga bisa bermanfaat untuk mencegah kanker yang terjadi pada tubuh pria ataupun wanita. Dengan rajin mengkonsumsi kopi dapat menurunkan resiko kanker seperti kanker hati, payudara, prostat, estrogen, dan insulin. Sebuah penelitian di Swedia pada tahun 2008 menunjukkan bahwa meminum 2-3 gelas kopi setiap hari dapat menurunkan resiko penyakit kanker.

10. Mencegah Diabetes


Source: Christoph

Kopi juga bermanfaat untuk menurunkan resiko diabetes terutama diabetes tipe II yang kini banyak diderita banyak orang, baik kaum muda maupun orang tua. Untuk itu pencegahan dari penyakit ini adalah dengan rutin mengkonsumsi kopi hitam dengan takaran yang tepat. Konsumsilah kopi murni secara rutin agar anda bisa merasakan khasiatnya. Berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa meminum 4 cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan resiko diabetes hingga 50%. Menakjubkan, bukan?

Itulah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan yang tidak banyak diketahui orang. Banyak yang beranggapan bahwa kopi itu tidaklah sehat dan membuat kerja jantung tidak baik. Padahal anggapan itu sangatlah salah, kopi mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan yang akan berguna bagi tubuh. Asalkan kopi yang dikonsumsi adalah kopi murni atau kopi hitam yang tentunya diseduh dengan takaran yang tepat. Cobalah mencari pengetahuan untuk meracik secangkir kopi yang tepat sehingga bisa memberikan dampak kesehatan pada tubuh anda.  Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dalam memberikan informasi mengenai manfaat kopi bagi kesehatan tubuh manusia.