10 Manfaat Kolagen Bagi Tubuh dan Kesehatan

By |2018-11-07T19:46:40+00:00February 6th, 2017|Beauty, Health|

Source: cuncon

Anda mungkin sering mendengar kolagen sebagai komposisi dari suatu produk kesehatan atau kecantikan yang digadang-gadang bermanfaat untuk kulit. Kolagen sebetulnya merupakan protein yang sangat melimpah di dalam tubuh. Kolagen selain terdapat di jaringan kulit, terdapat pula dalam otot, tulang, pembuluh darah, dan sistem pencernaan. Apa saja manfaat kolagen bagi tubuh dan kesehatan? Simak 10 manfaatnya berikut.

1. Melembutkan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Source: terimakasih0

Semakin bertambahnya usia akan membuat produksi kolagen di dalam tubuh berkurang, sehingga tanda-tanda yang biasanya kasat mata terlihat pada kulit yang mengerut, serta keelastisitasannya berkurang. Dengan menambah protein kolagen dalam tubuh, kulit akan semakin terlihat lembut, serta membantu regenerasi sel tetap berjalan dengan normal. Hal inilah yang kemudian membuat kolagen diproduksi secara komersial untuk produk yang ditujukan pada kulit.

2. Mengurangi Selulit dan Strech Mark

Source: brusalvate

Semakin kulit kehilangan elastisitasnya karena produksi kolagen yang menurun, terdapat satu hal lagi yang biasanya dihindari para wanita, yaitu munculnya selulit di daerah paha dan perut. Selain itu, pada wanita seringkali pula timbul strech mark setelah melahirkan karena bertambahnya luas area kulit, terutama di bagian perut. Dengan tambahan kolagen yang diasup sebagai nutrisi kulit, selulit dapat disamarkan dan strech mark bisa dihindari.

3. Mengurangi Nyeri Sendi

Source: Unsplash

Tidak hanya terkandung pada kulit, kolagen juga terkandung dalam sendi-sendi manusia yang membuat otot lebih luwes dan leluasa bergerak. Kekurangan kolagen akan membuat sendi-sendi kaku sehingga otot sulit digerakkan. Kolagen berperan sebagai struktur lembut yang melapisi hubungan antar tulang sehingga tidak sakit ketika bergesekan karena pergerakan tubuh. Kolagen membantu untuk menggerakkan sendi lebih muda, mengurangi rasa sakit yang seringkali dialami pala lansia karena berkurangnya produksi kolagen secara alami.

4. Menjaga Kesehatan Usus

Source: LJNoveScotia

Satu lagi manfaat luar biasa kolagen, yaitu dapat mengobati sindrom kebocoran usus, yang terjadi ketika racun berhasil masuk ke dalam saluran pencernaan. Jika terkandung kolagen dalam jumlah cukup, maka kolagen akan membantu memecah protein pada dinding usus, sehingga mempercepat proses penyembuhan dinding sel dan cepat tanggap untuk memicu produksi asam amino yang dibutuhkan.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Source: PublicDomainPicture

Manfaat kolagen lainnya adalah dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan mempercepat tubuh mengonversi berbagai nutrisi penting. Kolagen bekerja untuk manfaat ini dengan cara membantu jaringan otot lebih cepat mengonversi glukosa menjadi energi yang dapat digunakan sel otot. Menjaga massa otot juga cukup penting seiring semakin bertambahnya usia, karena otot juga mendukung kesehatan tulang. Jika mengonsumsi kolagen untuk meningkatkan metabolisme, cobalah konsumsi bersamaan dengan vitamin C untuk membantu kolagen terkonversi menjadi berbagai protein penting dalam tubuh.

6. Mengoptimalkan Sistem Saraf

Source: sbtlneet

Kolagen dapat dipecah lagi menjadi komponen glycine, yang memiliki peranan penting dalam menjaga fungsi saraf pusat, yang memiliki peran penting dalam menjaga tubuh yang awet muda. Glycine juga mampu memperlambat efek penuaan dengan meningkatkan tingkat antioksidan dalam tubuh yang membantu mengkonstruksi sel sehat dari DNA dan RNA.

7. Menguatkan Kuku, Rambut, dan Gigi

Source: angeljana_

Pernah mengalami patah kuku yang sangat menyebalkkan? Hal ini bisa jadi dikarenakan Anda kekurangan protein kolagen. Kolagen merupakan protein yang membentuk zat yang menguatkan kuku, rambut, dan gigi. Menambahkan protein kolagen dalam asupan makanan sehari-hari dapat mengurangi kerontokan rambut, memperkuat kuku dan gigi. Berdasarkan sebuah penelitian, memang terdapat hubungan yang kuat antara matriks ekstraseluler dengan regenerasi sel rambut, yang membuat kolagen menjadi bahan penting bagi kekuatan gigi, rambut, dan kuku.

8. Meningkatkan Kesehatan Hati/ Liver

Source: PublicDomainPictures

Jika Anda mencari bahan detoksifikasi yang mampu mengeluarkan racun dalam tubuh, memperlancar aliran darah, dan membuat liver tetap terlihat muda, maka kolagen adalah salah satu jawabannya. Glisin yang dibentuk dari liver dapat meminimalisasi kerusakan hati karena penyerapan berbagai racun dan zat asing, termasuk alkohol.

9. Menjaga Kesehatan Kardiovaskuler

Source: janeb13

Kolagen di dalam tubuh juga dapat diubah menjadi asam amino prolin yang dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskuler dengan cara menghilangkan lemak yang terkumpul di dalam pembuluh darah. Prolin juga dibutuhkan untuk perbaikan berbagai jaringan yang terdapat di dalam persendian dan arteri, serta mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

10. Menyeimbangkan Hormon dalam Tubuh

Source: jill111

Manfaat lain dari kolagaen adalah dapat menyeimbangkan produksi hormon dalam tubuh, menurut sebuah penelitian yang sudah terbukti. Dengan mengatur jumlah asam amino dalam tubuh, kolagen dapar menyeimbangkan hormon yang diproduksi dalam tubuh. Keseimbangan hormon tentunya merupakan salah satu indikasi bahwa seseorang memiliki kesehatan yang prima.

Demikianlah 10 manfaat kolagen untuk tubuh dan kesehatan. Kolagen dapat dikonsumsi manusia melalui konsumsi daging sapi, kolagen dari ayam, ikan, serta telur.

Selamat menikmati manfaat kolagen!