10 Manfaat Kalsium untuk Tubuh Anda

By |2018-11-08T17:54:55+00:00March 24th, 2017|Health|

Source: StockSnap

Selama ini kita mengenal kalsium sebagai zat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Semua orang mulai dari anak-anak dalam masa pertumbuhan hingga lansia membutuhkan zat yang banyak diketahui bisa didapatkan dari susu ini. Ternyata ada banyak manfaat kalsium. Berikut ini adalah daftar manfaat kalsium dan sumbernya.

1. Memperkuat Tulang

https://www.instagram.com/p/BR2jrhCjv0d/?tagged=strongbones

Loading...

Kalsium berguna untuk menjaga kesehatan tulang belakang yang sangat berperngaruh pada postur tubuh Anda. Konsumsi kalsium bisa mencegah terjadinya sakit punggung dan penyakit lain seperti osteoporosis yang bisa menimbulkan rasa sakit dan kesulitan untuk bergerak. Selain itu kalsium juga dipercaya dapat membantu kerja saraf dan otot yang tentu saja sangat penting dalam sistem pergerakan tubuh manusia. Sumber kalsium untuk tulang bisa Anda dapatkan dari makanan yang mengandung susu seperti yoghurt dan kefir.

2. Mencegah Obesitas

Source: pixabay

Kalsium bisa sangat efisien menjaga berat badan baik bagi perempuan maupun laki-laki. Hanya saja, Anda harus bijak dalam mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium. Ketika tubuh kekurangan kalsium, tulang akan melepaskan hormon paratiroid yang membantu pelepasan zat tersebut dalam peredaran darah. Namun di sisi lain, paratiroid juga bisa menstimulasi pembentukan lemak yang biasanya dapat menyebabkan kegemukan. Intinya adalah, Anda harus menjaga kadar kalsium yang cukup dalam tulang melalui asupan makanan, agar hormon paratiroid tidak terlalu banyak bekerja.

3. Melindungi Otot Jantung

Kalsium dalam tubuh yang cukup dapat membuat otot jantung bekerja dengan lebih efisien. Zat tersebut juga berguna untuk menjaga sistem saraf anda dalam mengontrol kerja arteri. Jika tubuh kekurangan kalsium, tekanan darah dapat meningkat karena pelepasan hormon calcitrol yang membuat otot arteri menjadi tegang.

4. Mencegah Kanker Usus

Asupan kalsium yang cukup bisa mencegah tumbuhnya polip yang bisa menjadi bibit kanker. Tubuh kita hanya membutuhkan kalsium dalam jumlah tertentu yang diserap tubuh. Sehingga ketika ada kandungan kalsium berlebih, zat tersebut akan melebur dengan bibit-bibit sel kanker yang ada dalam tubuh kemudian dibuang melalui saluran pencernaan. Oleh karena itu, bisa dibilang cukup penting mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang tepat agar masih ada sisa untuk melarutkan sel kanker.

5. Mencegah PMS

Source: wokandapix

Mengkonsumsi kalsium dipercaya dapat mengurangi gejala-gejala PMS seperti pusing, perubahan mood, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Kekurangan zat ini dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon yang memicu terjadinya rasa tidak nyaman ketika PMS tersebut. Rasa sakit saat PMS bisa menyebabkan Anda bermalas-malasan dan tidak produktif. Hal ini bisa diatasi dengan asupan kalsium, lho!

6. Mengurangi Resiko Diabetes Tipe II

Sebuah studi selama 20 tahun yang dilakukan di Boston telah membuktikan ini. Perempuan yang mengkonsumsi 1200 miligram kalsium per hari terbukti memiliki resiko terkena diabetes tipe II 30% lebih rendah daripada perempuan yang konsumsi kalsiumnya lebih rendah. Agar maksimal, Anda bisa mencoba mengkonsumsi kalsium dalam bentuk suplemen. Hanya saja konon suplemen yang bisa dikunyah lebih efektif penyerapannya daripada pil. Cobalah konsumsi pada pagi dan malam masing-masing 600 miligram untuk hasil yang lebih efektif.

7. Membantu Stabilisasi Level Keasaman

Sumber: freestocks

Makanan cepat saji (junk food), kelebihan gula, dan makanan yang diawetkan bisa meningkatkan kadar keasaman tubuh yang bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, kanker, dan batu ginjal. Kalsium dapat membantu menjaga kadar keasaman tubuh sehingga berguna untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

8. Mengontrol Tekanan Darah

Source: hamiltonpaviana

Pola makan vegetarian dengan makan makanan yang mengandung kalsium, potasium, magnesium, dan serat terbukti dapat mengontrol tekanan darah Anda di level normal. Walaupun begitu ada pula penelitian yang mengatakan bahwa kalsium menyebabkan naiknya tekanan darah. Hal tersebut mungkin saja benar jika kalsium dikonsumsi secara berlebihan. Yang jelas mengkonsumsi kalsium yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan bisa mengurangi tekanan darah karena makanan tersebut memiliki kandungan gizi yang seimbang.

9. Menjaga Kualitas Gigi dan Gusi

Source: Giuliamar

Kalsium melindungi gigi dengan cara menguatkan struktur tulang rahang yang juga membuat susunan gigi Anda tetap rapat. Gigi yang rapat bisa mencegah timbulnya bakteri. Rahang dan gigi yang kuat sangat penting untuk hidup kita. Oleh karena itu, lebih baik konsumsi kalsium harus dioptimalkan sejak usia anak-anak. Untuk anak, asupan kalsium bisa lebih ditingkatkan daripada untuk orang dewasa karena mereka masih dalam tahap pertumbuhan dan pembentukan tulang.

10. Melancarkan Peredaran Nutrisi

Source: dbreen

Percuma jika Anda dan keluarga mengkonsumsi banyak makanan bernutrisi tapi kekurangan kalsium. Kalsium adalah zat yang sangat berguna untuk mengantarkan nutrisi yang ada dalam makanan ke seluruh tubuh. Asupan kalsium dapat membantu nutrisi sampai pada membran sel yang membutuhkannya sehingga manfaatnya bisa menjadi lebih optimal.

Karena sumber kalsium yang paling diketahui orang adalah susu -yang mitosnya menyebabkan kegemukan, banyak orang merasa asupan ini harus dihindari. Padahal susu tidak selamanya menyebabkan kegemukan dan ada pula sumber kalsium yang lain dalam buah seperti jeruk dan sayur seperti bayam dan brokoli. Anda dan keluarga bisa mendapatkan banyak kalsium juga dari daging dan telur. Jadi mulailah lebih cermat dalam mengatur pola makan Anda!

Loading...