10 Manfaat Jus Jambu Bagi Kesehatan

By |2018-11-07T02:53:38+00:00March 1st, 2017|Food, Health|


Source: HironmoiBorah

Buah jambu memiliki rasa dan aroma yang khas dan sangat enak dinikmati dalam bentuk jus. Selain memiliki rasa yang enak, jus jambu juga memiliki macam-macam khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Tidak heran jika jambu sering dijuluki sebagai “buah super” karena banyak manfaat yang dimilikinya. Berikut 10 manfaat jus jambu bagi kesehatan Anda.

1. Kaya vitamin C


Source: liguoze

Tahukah Anda bahwa jambu memiliki kadar vitamin C 4 kali lebih banyak daripada jeruk? Jambu adalah salah satu buah dengan kandungan vitamin C terbanyak. Karena itu, mengkonsumsi jus jambu sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan bakteri patogen. Vitamin C di dalam jus jambu juga akan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap radikal bebas.

2. Mencegah penyakit kanker


Source: eiko

Selain kaya akan vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah kanker, jus jambu juga mengandung likopen dan quercetin yang juga berfungsi sebagai antioksidan kuat. Zat antioksidan akan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Beberapa penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa likopen yang terkandung di dalam jambu dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada kanker payudara.

3. Aman untuk penderita diabetes


Source: stevepb

Penderita diabetes memiliki pantangan makanan tertentu, namun jus jambu justru baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jus jambu memiliki kandungan serat yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah. Serat yang terkandung di dalam jambu akan membantu regulasi gula darah di dalam tubuh. Selain itu, indeks glikemik yang rendah pada buah jambu akan menghambat naiknya kadar gula darah secara tiba-tiba.

4. Melancarkan pencernaan


Source: Gregg Tavares

Jambu adalah salah satu buah dengan kandungan serat yang paling tinggi jika dibandingkan dengan buah lainnya. Satu buah jambu dapat memenuhi hingg 12% kebutuhan serat harian. Karena itu, meminum jus jambu akan sangat baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Biji buah jambu juga dapat dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan dengan cara mengaktifkan gerak usus.

5. Vitamin untuk mata


Source: cocoparisienne

Jus jambu memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk menutrisi mata. Meskipun kadar vitamin A dalam buah jambu tidak sebanyak vitamin A dalam wortel, meminum jus jambu sangat baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin A. Kandungan vitamin A dalam jus jambu akan bermanfaat untuk mempertajam penglihatan dan mencegah kerusakan pada mata.

6. Nutrisi untuk janin


Source: Pexels

Jambu memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Meminum jus jambu secara teratur sangat baik sebagai suplemen alami pada wanita hamil. Jambu mengandung asam folat atau vitamin B9 yang merupakan nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan sistem syaraf pada janin. Kandungan gizi pada jus jambu juga dapat mencegah adanya kelainan syaraf pada janin yang dikandung.

7. Meringankan stres


Source: Concord90

Setelah penat bekerja seharian atau kapan pun Anda membutuhkan pereda stres, cobalah meminum jus jambu. Buah jambu memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu melemaskan ketegangan otot dan syaraf yang menyebabkan stres. Jus jambu juga baik diminum setelah berolahraga berat untuk membantu melemaskan otot. Selain itu, meminum jus jambu juga akan memberikan energi ekstra bagi Anda.

8. Nutrisi yang baik bagi otak


Source: Alexas_Fotos

Jus jambu baik untuk diminum saat Anda membutuhkan konsentrasi. Buah jambu mengandung vitamin B3 dan vitamin B6 yang sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah menuju otak. Vitamin B3 dan B6 juga dapat meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir, berkonsentrasi, atau mengingat sesuatu. Saat menjelang ujian atau kapanpun Anda memerlukan konsentrasi tinggi, pastikan jus jambu menjadi salah satu menu makanan Anda.

9. Membantu program diet


Source: stevepb

Jus jambu juga baik untuk mendampingi program diet Anda. Buah jambu mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dapat membantu metabolisme makanan dalam tubuh. Dengan asupan kalori yang tetap terjaga, meminum jus jambu akan membantu mengurangi berat badan. Jambu juga mengandung gula yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan buah lainnya seperti apel, jeruk, atau anggur.

10. Mengatasi sakit flu


Source: William Brawley

Dengan kandungan vitamin C dan zat besi yang cukup tinggi, jus jambu sangat baik diminum pada masa penyembuhan infeksi virus, misalnya saat flu. Nutrisi di dalam jus jambu akan membantu tubuh untuk melawan virus, sehingga masa penyembuhan akan berlangsung lebih cepat. Jus dari buah jambu yang masih mentah juga sangat baik untuk penyembuhan batuk, karena membantu mengeluarkan dahak dan melawan kuman di saluran pernafasan.

Buah yang sederhana dan cukup mudah didapat ini ternyata memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan Anda. Kandungan vitamin dan mineral dalam jambu sangat baik dalam pencegahan dan pengobatan beberapa penyakit. Jus jambu merupakan salah satu alternatif alami untuk masalah kesehatan Anda.