10 Manfaat Jus Delima Bagi Kesehatan

By |2018-11-07T14:06:03+00:00February 28th, 2017|Health|


Source: ulleo

Buah delima adalah salah satu buah yang paling sehat di dunia. Meminum jus buah delima memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa buah yang berdiameter 5 hingga 12cm ini memiliki banyak kandungan zat gizi dan dapat menurunkan resiko penyakit. Berikut 10 manfaat buah delima untuk kesehatan Anda.

1. Sumber vitamin dan mineral penting


Source: edenirocha

Loading...

Di dalam buah delima terdapat ratusan biji dan kulit biji berwarna merah yang dapat dimakan. Biji dan kulit biji buah delima ini memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Buah delima mengandung serat, protein, vitamin C, vitamin K, dan mineral. Kandungan vitamin C buah delima sangat tinggi, 1 cangkir buah delima dapat memenuhi 30% kebutuhan vitamin C dalam satu hari.

2. Menjaga keseimbangan gula darah


Source: stevepb

Meskipun buah delima banyak mengandung fruktosa, namun berbeda dengan jenis buah lain, meminum jus buah delima tidak akan mengakibatkan naiknya gula darah. Hal ini telah dibuktikan dengan penelitian, pasien diabetes yang meminum jus buah delima setiap hari selama 2 minggu tidak mengalami kenaikan kadar gula darah yang signifikan.

3. Menjaga kestabilan tekanan darah


Source: stevepb

Jus buah delima juga dikenal dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan gizi dalam buah delima dapat mencegah penggumpalan atau pengentalan darah di dalam pembuluh darah. Karena itu, darah akan semakin encer dan sirkulasi darah dalam tubuh akan semakin lancar. Meminum jus buah delima juga dapat mengatasi gangguan pada pembuluh darah.

4. Menurunkan resiko kanker


Source: PDPics

Buah delima dapat mengatasi radikal bebas yang dapat memicu kanker. Kandungan anti oksidan di dalam buah delima dapat menstimulasi sel darah putih dalam tubuh untuk menetralkan toksin dan meningkatkan kekebalan tubuh. Meminum jus buah delima setiap hari telah terbukti dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat dan kanker payudara.

5. Membantu masa penyembuhan dari infeksi


Source: Einladung_zum_Essen

Bagi Anda yang sedang dalam masa penyembuhan dari infeksi bakteri atau virus, pastikan untuk menambahkan jus buah delima dalam menu makan Anda. Buah delima telah terbukti memiliki khasiat anti bakteri dan anti mikroba kuat yang akan membantu tubuh melawan kuman dan virus. Buah delima juga dapat mencegah penularan virus HIV.

6. Mencegah anemia


Source: Lebensmittelfotos

Buah delima banyak mengandung mineral penting, di antaranya adalah zat besi. Kandungan zat besi di dalam buah delima ini dapat berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Karena itu, meminum jus buah delima juga dapat mengatasi gangguan kurang darah atau anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh.

7. Menurunkan kolesterol


Source: pompi

Jus buah delima juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung, dengan cara menurunkan kolesterol. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa pasien yang mengkonsumsi jus buah delima setiap hari mengalami penurunan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah, dan mengalami kenaikan kadar HDL atau lemak yang tidak jahat. Buah delima juga dapat membantu mengatasi gangguan penyakit jantung.

8. Suplemen yang baik untuk ibu hamil


Source: brusalvate

Kandungan zat gizi dalam jus buah delima juga baik untuk dikonsumsi wanita hamil. Buah delima kaya akan nutrisi dan mineral yang diperlukan oleh ibu hamil, termasuk asam folat. Kandungan gizinya juga baik untuk pertumbuhan janin. Kandungan kalium dalam buah delima juga dapat membantu meringankan kram pada kaki yang sering dialami oleh ibu hamil. Jika dikonsumsi secara teratur, jus buah delima juga dapat menurunkan resiko kelahiran prematur.

9. Sebagai anti aging untuk kulit


Source: sweyang

Buah delima mengandung anti oksidan kuat yang dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah penuaan pada kulit. Meminum jus buah delima secara teratur dapat memperlambat proses penuaan dengan mengurangi garis-garis halus dan keriput pada kulit. Buah delima juga dapat membantu proses regenerasi sel kulit dan mencegah timbulnya noda hitam pada kulit.

10. Memudarkan bekas luka


Source: orentodoros

Buah delima juga dapat membantu memudarkan bekas luka pada kulit. Jus buah delima dapat membantu proses regenerasi hingga lapisan kulit dalam. Buah delima juga dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kulit yang rusak karena terlalu lama berada di bawah sinar matahari juga dapat diatasi dengan jus buah delima.

Cukup dengan meminum satu gelas jus buah delima setiap hari, Anda akan merasakan khasiat-khasiat di atas. Mulai sekarang, cobalah untuk menambah jus buah delima dalam menu harian Anda untuk merasakan manfaatnya bagi kesehatan.

Loading...