10 Manfaat Daun Afrika

By |2018-11-07T23:17:04+00:00February 9th, 2017|Health|


Source: Abu Shawka

Sudah pernah mendengar tentang daun afrika? Daun yang banyak tersebar di Asia dan Afrika ini punya berbagai manfaat kesehatan, lho. Berbagai negara mengenal daun afrika sebagai herbal yang bermanfaat untuk pengobatan tradisional. Setidaknya ada 10 manfaat daun afrika untuk kesehatan berikut ini.

1. Menurunkan tekanan darah


Source: Avenue G.

Tekanan darah tinggi kini tak hanya menyerang orang dengan usia lanjut. Wanita muda pun bisa mengalami tekanan darah tinggi atau yang disebut juga hipertensi. Konsumsi makanan seperti daging kambing memicu tekanan darah meningkat dan bisa membuat Anda terkena resiko kesehatan lainnya. Daun afrika memiliki banyak kandungan yang mampu menstabilkan tekanan darah.

2. Menurunkan kadar kolesterol


Source: Mira De Shazer

Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya dalam jangka panjang, misalnya stroke, serangan jantung, dan masih banyak lagi. Selagi masih muda, yuk cegah penyakit berbahaya dengan menurunkan kadar kolesterol menggunakan daun afrika. Mudah kok, Anda cukup minum air rebusan daun afrika yang ditambah dengan madu setiap malam hari sebelum tidur.

3. Mencegah stroke


Source: Raman Oza

Daun afrika telah lama digunakan sebagai obat untuk darah tinggi. Tekanan darah yang stabil dapat mengurangi resiko terkena stroke. Berikut ini cara mencegah stroke dengan daun afrika:

  • Siapkan beberapa lembar daun afrika, cuci bersih
  • Tambahkan dua gelas air, rebus hingga mendidih
  • Saring, lalu dinginkan
  • Minum air rebusan daun afrika secara teratur

4. Mengatasi diabetes


Source: Pexels

Suka makan junk food, minuman bersoda, atau makanan dengan gula tinggi? Hati-hati, Anda bisa terkena diabetes. Padahal, sekali Anda terkena diabetes, penyakit lainnya ikut mengincar Anda. Kadar gula darah yang tinggi bisa mengakibatkan beragam gangguan kesehatan, ladies. Ingin menormalkan kadar gula? Air rebusan daun afrika bisa membantu mengatasi diabetes dengan menormalkan kadar gula dalam darah.

5. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh


Source: freestock.org

Salah satu manfaat luar biasa dari daun afrika adalah mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak racun dan radikal bebas yang masuk ke tubuh dari makanan, polusi, atau gaya hidup tak sehat. Racun dan radikal bebas tersebut bisa menimbulkan beragam gangguan kesehatan, bahkan berujung kanker. Ramuan daun afrika berikut ini bisa Anda konsumsi untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh:

  • Siapkan beberapa lembar daun afrika segar
  • Rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih dan menyusut tinggal segelas
  • Dinginkan air rebusan daun afrika, lalu minum secara teratur

6. Mengatasi susah buang air kecil


Source: Michael Saechang

Orang-orang lanjut usia umumnya mengalami gangguan diuretik yang menyebabkan mereka susah buang air kecil. Jika orang tua Anda mengalami gangguan diuretik, cobalah untuk mengonsumsi rebusan daun afrika agar masalah buang air kecil teratasi. Air rebusan daun afrika dapat mengatasi gangguan pada saluran kencing dengan cepat. Apabila masalah buang air kecil telah teratasi, Anda bisa menghentikan konsumsi air rebusan daun afrika.

7. Mengobati batuk


Source: Myriams-Fotos

Daun afrika memiliki berbagai macam zat yang baik untuk tubuh kita, serta mampu mengobati aneka penyakit. Untuk mengobati batuk, Anda bisa mencuci bersih beberapa helai daun afrika dan langsung mengunyahnya. Rasanya mungkin pahit, namun sangat ampuh mengobati batuk. Anda juga bisa menyeduhnya dengan air panas, lalu tambahkan dengan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan lendir dan bakteri di tenggorokan penyebab batuk.

8. Menurunkan berat badan


Source: Tero Vesalainen

Sudah coba berbagai macam metode diet tapi masih belum mencapai berat badan yang diinginkan? Yuk coba menurunkan berat badan dengan daun afrika. Rebus beberapa lembar daun afrika hingga mendidih, dinginkan, lalu minum minimal sekali dalam sehari. Kandungan vitamin, asam fenolat dan asam esensial dalam daun afrika juga baik untuk Anda yang sedang berdiet.

9. Menghilangkan jerawat


Source: Tommerton

Tahukah Anda, jerawat juga bisa disebabkan oleh penumpukan racun dalam tubuh kita. Seperti yang disebutkan sebelumnya, daun afrika bisa membuang racun-racun yang mengendap dalam tubuh. Proses detoksifikasi ini membuat aliran darah lancar dan terbebas dari racun. Itulah mengapa daun afrika mampu menghilangkan jerawat. Anda juga bisa menghaluskan daun afrika dan ditotolkan tipis ke bagian jerawat yang meradang untuk mengurangi kemerahannya.

10. Meredakan demam dan sakit kepala


Source: makelessnoise

Demam dan sakit kepala tidak pandang usia, ladies. Siapapun bisa terkena gangguan kesehatan yang ini. Meski sering disepelekan banyak orang, demam dan sakit kepala bisa mengganggu aktifitas. Banyak orang segera mengambil obat sakit kepala yang banyak dijual di pasaran. Daripada mengonsumsi obat-obatan kimia, minum saja air rebusan daun afrika untuk mengatasi demam dan sakit kepala.

Nah, demikan 10 manfaat daun afrika yang baik untuk tubuh Anda. Masih banyak lagi manfaat dari herbal yang luar biasa ini. Jangan ragu lagi untuk mencoba pengobatan tradisional!