10 Manfaat dan Resep Jus Nanas Untuk Kesehatan

By |2018-11-08T17:51:25+00:00March 25th, 2017|Food, Health|


Source: Pexels

Salah satu buah tropis paling terkenal di Indonesia khususnya, tentu saja buah nanas. Ya, buah nanas memang sangat lezat, namun tidak berarti buah tersebut tidak memiliki beberapa manfaat yang pastinya cukup bagus untuk kesehatan tubuh Anda. Namun, tidak banyak orang mau repot-repot mengupas buah nanas, karena itu hampir 90% orang lebih suka makan buah nanas dalam bentuk jus. Dibawah ini ada beberapa manfaat dan resep jus nanas untuk Anda.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Source: Lazare

Sistem imun dan kekebalan tubuh Anda dapat diperkuat dengan minum jus nanas secara rutin atau minimal seminggu sekali. Kalau tubuh Anda kuat, maka virus penyakit pun bisa dicegah dengan mudah. Salah satu studi yang dilalukan para ahli, jus nanas memiliki kandungan “bromelain” yang juga dikenal sebagai zat anti kanker, yang mana penyakit ini masih belum ada obatnya, hanya pencegahan yang bisa dijadikan tumpuan bukan?

2. Menangkal Radikal Bebas

Jus nanas yang kaya akan vitamin C, tentu saja terbukti ampuh untuk menangkal radikal bebas. Sehingga tubuh Anda pun terhindar dari sembarang racun polusi yang bisa merusak sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan begitu sembarang penyakit seperti flu, pilek, virus, dan bakteri pun tidak akan menjangkiti tubuh Anda.

3. Menyehatkan Tulang dan Otot


Source: Howo

Buah nanas juga bisa memperkuat tulang Anda karena tidak hanya mengandung vitamin, buah nanas juga memiliki magnesium dan kalsium yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan jaringan ikat. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari resiko kram otot, rematik, hingga asam urat.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan


Source: Pexels

Jus nanas juga kaya akan serat, sehingga bisa melancarkan pencernaan Anda yang sedang terganggu. Sangat menganggu sekali kalau buang air besar Anda tidak normal bukan? Atau setiap kali ke toilet Anda harus minum obat pencahar karena sembelit. Dengan rutin meminum jus nanas, maka sistem pencernaan Anda akan terhindar dari yang namanya sembelit.

5. Mengobati Asma

Walaupun penelitian tentang manfaat ini masih dianggap tahap awal, namun tidak ada salahnya untuk mencoba jus nanas ini bukan? Pada dasarnya setiap studi yang dilakukan oleh para ahli tentunya memulai dari tahap awal terlebih dahulu hingga membuatnya menjadi salah satu keunggulan medikal dari hebatnya jus nanas tersebut.

6. Menurunkan Berat Badan


Source: Mojzagrebinfo

Untuk Anda yang sedang program diet, jus nanas bisa jadi kunci untuk menurunkan berat badan Anda. Buah nanas yang rendah kalori sangat bagus untuk diet Anda.  Terlebih pada tingkat keasaman yang dikandung oleh jus nanas, otomatis tubuh Anda yang sedang berdiet yang biasanya lemah tidak akan terjadi lagi, karena jus nanas akan membuat tubuh Anda segar.

7. Pencegahan Katarak Usia Manula


Source: Skeeze

Vitamin A dan vitamin C berperan penting untuk kesehatan mata Anda. Banyak dokter mata pun selalu menyarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin A da C yang mudah didapatkan dari jus nanas. Terlebih pada usia anak-anak yang sering menonton TV atau bermain game, untuk pencegahan mata minus sebaiknya rutin minum jus nanas.

8. Mengobati Batuk dan Pilek


Source: Mojpe

Kandungan semua vitamin terbaik dari jus nanas bisa mengusir virus dan bakteri penyebab batuk dan pilek. Tenggorokan gatal karena virus influenza akan hilang secepat mungkin setelah Anda mengkonsumsi jus nanas, lebih baik kalau dicampur dengan perasan jeruk nipis juga atau bahan-bahan yang telah teruji sebagai obat batuk alami seperti lidah buaya, kunyit, atau jahe.

9. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi


Source: Klimkin

Vitamin C yang dikandung buah nanas, otomatis akan mencegah peradangan pada gigi dan juga penyakit lainnya yang berhubungan dengan gigi. Gigi Anda pun semakin kuat dan tidak akan merasakan rasa sensitif bahkan pada cuaca dingin atau saat meminum es batu atau es krim dengan keluarga atau teman-teman Anda.

10. Menambah Energi dan Stamina


Source: Unplash

Karena jus nanas membuat tubuh Anda segar, otomatis jus nanas akan menambah energi dan stamina pada saat Anda beraktifitas didalam ruangan atau diluar ruangan. Dengan begitu, rasa lelah, lemas, lesu, ataupun rasa malas untuk menggerakan setiap sendi tubuh Anda tidak akan terjadi lagi.

Dan dibawah ini resep membuat jus nanas spesial untuk Anda.

Bahan

  • 300 gr buah nanas kupas dan potong kecil
  • Air matang secukupnya
  • 1 sendok sayur gula batu yang dicairkan
  • es batu secukupnya

Cara Buat

  1. Masukkan buah nanas yang sudah dipotong kedalam blender
  2. Tambah air matang dan gulacair
  3. Kemudian tambahkan es batu dan diblender selama 1-2 menit
  4. Tuang kedalam gelas saji yang sudah kemudian siap untuk dinikmati

Selamat Mencoba!