10 Manfaat Buah Kawista Untuk Tubuh dan Kecantikan

By |2018-11-08T05:06:04+00:00March 15th, 2017|Health|


Source : Sarangib

Pernahkah anda mendengar buah Kawista? Buah Kawista (the woodapple atau monkey fruit) memang terdengar asing di telinga beberapa orang. Hal ini sangat wajar mengingat kehadiran buah ini sudah sangat jarang dan hanya tumbuh pada lokasi-lokasi tertentu. Buah Kawista berasal dari India Selatan hingga ke daerah Asia Tenggara. Ia termasuk salah satu buah yang tahan terhadap suhu ekstrim, subur di daerah kering dan tahan terhadap hama. Sekilas buah Kawista mirip dengan buah Sawo, namun sebenarnya Kawista masuk dalam suku jeruk-jerukan. Readers, ternyata buah Kawista ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita, lho. Berikut akan Cintai Hidup tuliskan 10 manfaat buah Kawista untuk kecantikan serta kesehatan. Mari disimak!

1.Perlindungan Terhadap Malaria


Source : WikiImages

Loading...

Daging buah Kawista memiliki manfaat yang luas sebagai bahan komponen kosmetik maupun sebagai obat. Di daerah Thailand dan Myanmar, buah Kawista juga digunakan sebagai penangkal demam berdarah dan juga malaria. Caranya adalah dengan memeras daging buah hingga mengeluarkan cairan, lalu oleskan ke permukaan kulit seluruh tubuh. Meskipun terasa agak panas ketika dioleskan, namun cairan tersebut bersifat netral, non iritasi dan aman digunakan oleh ibu hamil.

2.Mengembalikan Stamina


Source : Jill111

Seratus gram daging buah Kawista mengandung 14o kalori. Karenanya, Kawista dapat mengembalikan kondisi organ tubuh dan mempercepat proses metabolisme. Hal ini membuat tubuh memproduksi lebih banyak energi. Jumlah protein yang juga terkandung dalam buah Kawista dapat mempengaruhi sel tubuh untuk memperbaiki diri dengan cepat dan mempengaruhi otot agar lebih kuat.

3.Baik untuk Ginjal


Source : Jill111

Mengkonsumsi buah Kawista secara teratur sangat disarankan untuk orang-orang dengan keluhan ginjal. Ini karena buah Kawista memiliki sifat detoks, yaitu menghilangkan racun dari tubuh bila dikonsumsi secukupnya. Namun sebagaimana hal lainnya di dunia,  mengkonsumsi buah Kawista dalam jumlah yang terlalu banyak juga tidak disarankan oleh para pakar kesehatan.

4.Meringankan Masalahan Pernapasan


Source : alfcermed

Daun dari buah kawista dapat membantu kta untuk menghindari demam kronis dan gangguan pada pernapasan. Ia juga membantu menyembuhkan nyeri pada tenggorokan dan menyembuhkan batuk karena memiliki fungsi yang sama dengan expectorant. Buah Kawista dapat menghilangkan dahak berlebih pada saluran pernapasan.

5.Menyegarkan Wajah


Source : DzeeShah

Buah Kawista memiliki sifat sebagai astringent yang dapat mendinginkan serta menyegarkan kulit wajah. Caranya adalah dengan memeras bulir buah Kawista hingga mengeluarkan air, lalu tepuk-tepuk merata di wajah selama beberapa waktu. Nikmati kesegaran kulit wajah anda, readers!

6.Baik untuk Penderita Liver


Source : DzeeShah

Buah Kawista juga kaya akan beta carotene, dan dapat menyembuhkan penyakit liver. Mereka juga mengandung thiamine dan riboflavin, dimana keduanya dikenal luas dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Buah ini juga berfungsi sebagai tonik yang baik untuk kesehatan jantung. Jadi sering-sering mengkonsumsi buah Kawista untuk organ tubuh yang lebih sehat.

7.Baik untuk Penderita Diabetes


Source : PublicDomainPictures

Feronia gum yang terdapat pada batang dan dahan tumbuhan Kawista, meringankan diabetes dengan cara ‘melemahkan’nya. Ia bekerja dengan cara memperlancar aliran darah, memperlancar pengeluaran , dan menyeimbangkan kadar gula darah. Dengan kemampuannya mengendalikan insulin dan kadar gula darah, buah kawista memiliki khasiat yang sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes.

8.Baik untuk Pencernaan


Source : bodymybody

Buah Kawista juga baik untuk pencernaan karena ia membantu menghancurkan cacing di usus, dan merupakan obat yang baik untuk berbagai masalah pencernaan lainnya. Batang dan dahan dari buah kawista yaitu Feronia gum juga dapat menyembuhkan diare serta disentri. Ia juga bersifat anti inflammatory dan anti peradangan.

9.Membersihkan Darah


Source : Stevepb

50 mg jus buah kawista yang dicampur dengan air hangat dan gula sangat disarankan untuk membersihkan darah dan menghilangkan racun yang dapat merusak tubuh. Buah kawista juga menghilangkan ketegangan pada ginjal dan empedu, dimana kedua organ ini bekerja sebagai penyaring racun dalam tubuh kita. Semakin sering kita mengkonsumsi buah Kawista, maka semakin mudah ginjal dan empedu kita bekerja.

10.Mengatasi Scurvy


Source : qimono

Tahukah anda jika kekurangan vitamin C dapat menimbulkan penyakit scurvy pada tubuh?  Penyakit scurvy adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan Vitamin C. Penderita akan menunjukkan gejala anemia, merasa lemah, mudah lelah, sakit ketika menelan, dan terkadang menimbulkan koreng dan luka pada gusi dan gigi. Buah Kawista kaya akan vitamin C yang dapat menghentikan perkembangan penyakit scurvy. Tingginya kandungan vitamin C yang dimiliki buah Kawista juga memperkuat dan meningkatkan potensi kekebalan tubuh.

Nah demikianlah 10 khasiat buah kawista yang baik untuk tubuh. Jika anda ingin mencobanya, buah Kawista di Indonesia banyak terdapat di daerah lembang, dan telah diolah dalam berbagai bentuk seperti sirup dan lainnya.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan anda ya, readers!

Save

Save

Loading...