10 Makanan Yang Mengandung Zat Besi Tinggi

By |2018-11-07T21:23:14+00:00February 1st, 2017|Food|


Source: FotoshopTofs

Tubuh manusia membutuhkan berbagai jenis nutrisi agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Salah satunya adalah zat besi. Fungsi zat besi adalah membantu pembentukan sel darah merah, menjaga daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan, dan menjaga temperatur tubuh. Berikut kami rangkum 10 makanan yang mengandung zat besi tinggi:

1. Biji Wijen


Source: Pezibear

Loading...

Biji wijen mengandung kadar zat besi yang tinggi. Dalam 100 gram biji wijen terkandung 14,8 mg zat besi atau sekitar 82% dari kebutuhan harian orang berusia 4 tahun ke atas. Kebutuhan zat besi perempuan lebih tinggi daripada laki-laki. Kebutuhan harian perempuan dewasa usia subur sekitar 18,9 mg, sedangkan laki-laki dewasa hanya sekitar 8,5 mg/hari. Biji wijen bisa menjadi pilihan sehat untuk memenuhi kebutuhan zat besi Anda. Tidak suka rasa biji wijen? Tenang. Masih ada 9 makanan lain untuk Anda.

2. Kerang


Source: Pixel1

Jika anda penggemar kerang-kerangan, kabar gembiranya adalah kerang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk zat besi. Kandungan zat besinya pun tinggi. Tiap 100 gram kerang mengandung 14 gram zat besi. Kerang juga kaya akan protein dan vitamin B12. Namun, kerang mengandung kolesterol tinggi sehingga konsumsinya sebaiknya Anda batasi.

3. Hati Ayam


Source: Arnaud 25

Tidak hanya lezat, hati ayam juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hati ayam mengandung zat besi tinggi, 12,9 gram untuk tiap 100 gramnya. Nutrisi lain yang terkandung dalam hati ayam adalah vitamin A, vitamin B12, asam folat, dan fosfor. Namun, hati ayam mengandung tingkat kolesterol tinggi sama halnya seperti kerang.

4. Kacang Mete


Source: Hzv_westfalen_de

Produk nabati merupakan sumber zat besi yang baik. Kacang mete panggang tanpa tambahan garam mengandung 6 mg zat besi. Kacang mete juga mengandung asam folat, magnesium, protein, dan vitamin K yang cukup tinggi. Tambahan lagi, kacang mete tidak mengandung kolesterol sehingga berbagai penyakit yang dipicu oleh tingkat kolesterol tinggi dapat dihindari.

5. Tahu


Source: 621hjmit

Sebagai makanan yang merakyat, tahu ternyata mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Tahu memiliki kandungan mangan yang tinggi. Fungsi mangan dalam tubuh antara lain membantu menyerap kalsium dan mengatur tingkat gula darah. Tahu juga mengandung sumber zat besi yang cukup tinggi. 100 gram tahu mengandung 4,9 mg zat besi.

6. Sereal Oat


Source: Pixel1

Sereal yang terbuat dari oat mengandung kadar zat besi yang cukup tinggi. 100 gram Quaker oats mengandung 4,9 mg zat besi atau 26% dari kebutuhan harian zat besi orang berusia 4 tahun ke atas. Oats dapat dikonsumsi dengan tambahan makanan lain seperti susu dan buah-buahan. Tingginya serat pada oat juga dipercaya dapat membantu orang yang sedang menjalankan diet.

7. Kacang Almond


Source: 632240

Satu lagi jenis kacang yang mengandung zat besi tinggi adalah kacang almond. 100 gram kacang almond mengandung 3,7 mg zat besi atau 20% dari kebutuhan harian zat besi orang dewasa berusia 4 tahun ke atas. Selain zat besi, kacang almond juga kaya akan magnesium, mangan, dan vitamin E. Kacang almond juga dikenal dengan rasa yang lezat.

8. Bayam


Source: MabelAmber

Dibalik warna hijaunya, bayam mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Bayam mengandung vitamin A, C, E dan K dalam kadar yang tinggi. Bayam rebus juga mengandung zat besi yang tinggi. Kadarnya hampir sama dengan kacang almond untuk tiap 100 gram. Cara mengolah bayam sangat praktis. Cukup dengan direbus, anda sudah bisa menikmati nutrisi dan kelezatan bayam.

9. Sarden


Source: Lola56

Ikan sarden kaleng ternyata mengandung zat besi tinggi. Selain zat besi, sarden kaleng juga mengandung nutrisi lain seperti kalsium, protein, vitamin B12 dan vitamin D. Kebanyakan orang suka mengkonsumsi sarden kaleng karena alasan kepraktisan. Cukup dipanaskan maka sarden sudah siap disantap bersama dengan nasi hangat. Namun, sarden kaleng mengandung tingkat kolesterol dan sodium yang juga tinggi sehingga konsumsinya harus dibatasi.

10. Kedelai


Source: Dumbcat

Kedelai ada pada urutan akhir dalam daftar ini. Namun, bukan berarti nutrisi yang dikandung kedelai lebih rendah dibandingkan 9 makanan sebelumnya. Kedelai tinggi akan serat. Kedelai juga mengandung protein, vitamin C, asam folat, kalsium, magnesium, dan mangan. Tingkat zat besi pada kedelai hampir sama dengan sarden kaleng untuk tiap 100 gramnya.

Zat besi dapat bersumber dari hewan maupun tumbuhan. Jenis zat besi dari kedua sumber tersebut berbeda dalam hal penyerapan di dalam tubuh. Baik sumber hewani maupun nabati memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Para ahli kesehatan menyarankan untuk memenuhi kebutuhan zat besi dari kedua sumber tersebut. Dengan begitu banyaknya pilihan, kebutuhan zat besi Anda dapat dipenuhi.

Selamat menjalani hidup sehat!

Loading...