10 Makanan Yang Mengandung Vitamin E Tinggi

By |2018-11-07T21:22:43+00:00February 1st, 2017|Food|


Source: Domokus

Vitamin E berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh, menjaga kesehatan kulit dan mata serta sebagai antioksidan. Kebutuhan vitamin E berbeda-beda pada setiap orang, yang dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, dan dalam kondisi hamil atau tidak. Manusia berusia 14 tahun ke atas memiliki rata-rata kebutuhan harian vitamin E sebanyak 17 mg. Berikut 10 makanan mengandung vitamin E tinggi yang telah kami rangkum untuk anda:

1. Almond


Source: Monikapp

Loading...

Kandungan vitamin E pada almond sangat tinggi. 100 gram kacang almond mengandung 40,8 mg atau dua kali lipat lebih banyak dari rata-rata kebutuhan harian vitamin E manusia dewasa. Karena tingginya kandungan vitamin E, konsumsi almond per hari wajib dibatasi karena kelebihan vitamin E memiliki efek samping seperti pembengkakan pada bagian wajah dan gangguan penglihatan.

2. Paprika


Source: Anelka

Siapa sangka dibalik warna cerah dan rasanya yang agak tajam, paprika mengandung kadar vitamin E tinggi. 100 gram paprika mengandung 29,8 mg vitamin E atau lebih banyak dari kebutuhan harian orang berusia 14 tahun ke atas. Paprika juga mengandung nutrisi lain dalam kadar yang sangat tinggi, antara lain omega 3, omega 6, vitamin A, vitamin K, dan zat besi.

3. Zaitun


Source: Webandi

Buah zaitun belum dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Namun, anda pasti sudah sering mendengar manfaat buah zaitun. Kandungan vitamin E yang tinggi menyebabkan buah zaitun dimanfaatkan dalam banyak produk kesehatan dan kecantikan. Buah zaitun dapat dikonsumsi langsung. Namun, karena rasanya yang pahit buah zaitun biasa diolah dulu sebelum dimakan.

4. Minyak Sayur


Source: Alexas_Fotos

Berbagai jenis minyak sayur seperti minyak jagung, minyak canola, dan minyak biji matahari mengandung vitamin E tinggi. Minyak sayur biasanya digunakan untuk menggoreng. Namun, beberapa jenis minyak seperti minyak canola atau minyak zaitun dapat digunakan sebagai campuran salad. Perlu diingat, penggunaan minyak sayur tidak boleh berlebihan karena mengandung kadar lemak tinggi.

5. Biji Bunga Matahari


Source: Nonnatthapat

Ukuran kadang bisa menipu. Walau berukuran kecil, biji bunga matahari mengandung berbagai nutrisi yang baik buat tubuh, termasuk vitamin E. Kandungan vitamin E pada bunga matahari sangat tinggi. 100 gramnya mengandung 33,2 mg vitamin E. Biji bunga matahari juga kaya akan asam folat, fosfor, magnesium, potasium, protein, dan vitamin B6.

6. Hazelnut


Source: Sunnysun0803

Kelezatan hazelnut sudah lama dikenal sehingga telah digunakan dalam berbagai produk makanan. Ternyata kacang hazelnut juga mengandung berbagai nutrisi yang baik buat butuh. 100 gram kacang hazelnut panggang mengandung 15,3 mg vitamin E atau 76% dari rata-rata kebutuhan harian vitamin E orang berusia 4 tahun ke atas. Selain vitamin E, kacang hazelnut juga kaya akan asam folat dan omega 6.

7. Alpukat


Source: Pexels

Alpukat mengandung vitamin E yang diperlukan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan jantung dan sebagai antioksidan. Kadar vitamin E dalam tiap 100 gram sekitar 2,1 mg. Rasanya yang lezat dan mengenyangkan membuat alpukat populer di kalangan penggiat hidup sehat maupun vegetarian. Alpukat juga banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan karena nutrisi yang terkandung didalamnya.

8. Labu


Source: Maxmann

Buah labu mengandung vitamin E yang tinggi. Satu mangkuk labu yang dihaluskan (245 gram) mengandung 2 mg vitamin E atau 10% dari rata-rata kebutuhan harian vitamin E orang berusia 4 tahun ke atas. Vitamin E dalam buah labu dapat berfungsi menjaga kesehatan kulit dan penglihatan. Selain itu, buah labu tinggi kaya akan serat yang dapat memperlancar pencernaan.

9. Telur


Source: Couleur

Telur adalah makanan yang mudah ditemukan disekitar kita. Telur adalah salah satu sumber hewani yang mengandung vitamin E tinggi. 100 gram telur dapat mengandung 1,3 mg vitamin E. Selain vitamin E, telur juga mengandung asam folat, fosfor, omega 3 dan 6 dalam kadar yang tinggi. Namun, konsumsi telur harus dibatasi karena kadar kolesterolnya tinggi.

10. Bayam


Source: Kkolosov

Bayam hampir selalu masuk dalam daftar makanan bernutrisi tinggi, tak terkecuali dalam daftar makanan ini. Bayam bahkan sering dianggap sebagai super food. Walaupun kadar vitamin E dalam bayam tidak setinggi 9 makanan sebelumnya, namun bayam adalah salah satu jenis sayur dengan kandungan vitamin E tertinggi. 100 gram bayam rebus mampu menyediakan sekitar 2,1 mg vitamin E.

Asupan nutrisi yang cukup berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Vitamin E berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, mata serta menangkal efek radikal bebas. Sumber vitamin E bisa berasal dari hewani maupun nabati. Pilihlah makanan sumber vitamin E yang bervariasi, alami dan seimbang.

Selamat menjalani hidup sehat!

Loading...