10 Makanan Untuk Ibu Hamil yang Perlu Dihindari

By |2019-09-26T09:13:29+00:00September 26th, 2019|Family|

Source: artemptation

Kabar kehamilan adalah salah satu momen yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Dalam masa kehamilan, hubungan antara pasangan semakin dipererat dengan kehadiran calon bayi. Tidak jarang suami dan keluarga memberikan banyak perhatian kepada calon ibu. Apalagi urusan makanan, semua yang diinginkan si ibu hamil pasti diusahakan terpenuhi. Namun disinilah calon ibu harus berhati-hati. Ada beberapa makanan yang kurang baik jika dikonsumsi selama masa kehamilan lho. Berikut 10 makanan untuk ibu hamil yang perlu dihindari.

1. Telur Setengah Matang

Source: Pexels

Loading...

Terbiasa mengonsumsi roti dan telur setengah matang sebagai sarapan? Sebaiknya hentikan dulu kebiasaan ini. Telur setengah matang atau undercooked dapat membawa bakteri Listeria yang dapat menyebabkan keguguran. Jangan salah, bukan berarti telur tidak baik bagi calon ibu. Hanya saja sebaiknya rebus atau goreng telur sampai matang (well-done) untuk menghindari adanya bakteri ini.

2. Kopi

Source: Couleur

Salah satu makanan untuk ibu hamil yang perlu dihindari adalah kopi. Sebenarnya hampir semua minuman yang mengandung kafein disarankan untuk tidak dikonsumsi ibu hamil. Kafein dapat meningkatkan denyut nadi ibu dan bayi dalam kandungannya. Ini dapat menyebabkan kecemasan, anemia, berat bayi menurun hingga kematian bayi. Oleh karena itu sebaiknya konsumsi kopi atau minuman berkafein tidak lebih dari satu cangkir bagi ibu hamil.

3. Ikan Laut

Source: Ana Ulin

Ikan laut diketahui banyak mengandung asam lemak omega 3 yang dipercaya dapat mencerdaskan anak. Namun calon ibu harus berhat hati dengan pilihan ikan laut yang dikonsumsi. Ada beberapa jenis ikan laut yang mengandung banyak merkuri. Misalnya ikan kerapu, makarel raja, hiu dan ikan ikan karang lainnya. Beberapa ikan yang rendah merkuri dapat dikonsumsi seperti tuna, sarden, salmon. Tetapi konsumsi ikan ikan ini harus dibatasi, hanya 1-2 kali seminggu.

4. Minuman Beralkohol

Source: Concord90

Diantara makanan untuk ibu hamil yang perlu dihindari, minuman dan makanan yang mengandung alkohol berada pada peringkat paling atas. Seperti kita ketahui apapun yang dikonsumsi ibu juga akan beredar ditubuh bayi melalui plasenta. Alkohol dapat masuk kedalam sistem tubuh bayi dan merusak hati, organ yang paling lama berkembang. Oleh karena itu konsumsi alkohol harus segera dihentikan sejak mengandung.

5. Daging Mentah

Source: Waldrebell

Sama halnya dengan telur  yang belum dimasak dengan matang, memakan daging mentah juga harus dihindari ibu hamil. Tentu saja makanan seperti sushi dan steak rare harus dikurangi selama masa kehamilan. Pada dasarnya ikan salmon masih aman dikonsumsi karena ikan salmon memiliki kadar merkuri yang rendah. Namun makanan yang mentah rentan kontaminasi bakteri dan parasit lain sehingga sebaiknya dihindari.

6. Jus

Source: Jeshoots

Mungkin beberapa dari kalian bertanya tanya mengapa jus termasuk makanan untuk ibu hamil yang perlu dihindari. Jus buah memang sangat baik untuk tubuh apalagi dimasa kehamilan. Namun perlu diperhatikan darimana asal jus yang kamu konsumsi. Jika kamu membeli jus dari pedagang kaki lima dan wadah jus terbuka, sebaiknya jangan lakukan hal itu selama kehamilan. Cobalah membuat jus sendiri dirumah. Gunakan buah buahan yang jelas bebas dari bahan kimia atau belilah buah organik.

7. Olahan Daging

Source: Meditations

Makanan untuk ibu hamil yang perlu dihindari adalah segala macam olahan daging. Baik itu ham, daging asap, sosis atau lain sebagainya yang dapat ditemukan dibeberapa restoran cepat saji. Tentu saja jika proses pemasakannya baik dan daging yang dimasak matang keseluruhan, maka aman untuk dikonsumsi. Namun untuk berjaga jaga sebaiknya jangan terlalu sering memakan makanan olahan daging atau junk food selama masa kehamilan.

8. Susu yang Belum Dipasteurisasi

Source: Couleur

Pasteurisasi adalah proses pensterilan bakteri dengan cara pemanasan pada suhu dan waktu tertentu. Proses ini sangat penting karena beberapa produk kemasan dapat membawa bakteri yang berbahaya. Salah satu produk kemasan yang wajib untuk dipasteurisasi adalah susu. Susu yang tidak dipasteurisasi dapat mengandung bakteri Salmonella, E. coli dan Listeria yang dapat mengancam kesehatan janin. Oleh karena itu cobalah lebih cermat memilih produk susu kemasan yang kamu beli.

9. Seduhan Herbal

Source: Couleur

Banyak calon ibu yang merasakan mual, tidak enak badan bahkan sakit selama masa awal kehamilan. Hal ini wajar terjadi. Beberapa orang mungkin meminum obat tradisional atau seduhan herbal yang bisa mengurangi rasa mual ini. Namun sebaiknya perhatikan seduhan yang kamu minum. Jika kamu membelinya, pastikan tempat dan cara pembuatannya bersih dan steril. Sehingga tidak ada bakteri yang masuk melalui seduhan herbal ini.

10. Kecambah Mentah

Source: Kaigraphick

Makanan untuk ibu hamil yang perlu dihindari lainnya adalah kecambah. Kecambah rawan kontaminasi bakteri seperti Salmonella dan E.coli yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Sehingga ibu yang sedang hamil disarankan tidak mengonsumsi kecambah baik mentah maupun setengah matang. Kecambah boleh dikonsumsi asalkan sudah dicuci bersih kemudian dimasak hingga matang. Ini karena proses mencuci saja tidak bisa menghilangkan bakteri Salmonella.

Demikian uraian 10 makanan untuk ibu hamil yang perlu dihindari selama masa kehamilan. Hampir semua makanan yang diatas memiliki kandungan gizi yang tinggi serta nutrisi yang sebenarnya dibutuhkan tubuh. Namun proses memasak yang kurang sesuai dapat beresiko bagi kesehatan ibu dan janin dalam kandungannya. Oleh karena itu perhatikan dimana kamu membeli makanan. Akan lebih baik lagi jika kamu memasak sendiri makanan itu dirumah. Semoga bermanfaat.

Loading...