10 Makanan Tinggi Serat Yang Mungkin Tidak Anda Sadari

By |2018-11-08T02:24:01+09:00January 26th, 2017|Culinary|Comments Off on 10 Makanan Tinggi Serat Yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Source : Stevepb

Hampir semua orang tahu bahwa serat adalah salah satu zat pangan penting yang harus ada dalam menu sehari-hari. Meskipun demikian, tetap saja masih banyak orang yang tidak begitu peduli akan konsumsi serat. Padahal, serat yang terkandung dalam makanan sangat berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan dan mampu mencegah berbagai masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, gagal ginjal, PMS, obesitas dan lainnya. Mengingat pentingnya peran serat dalam tubuh, setidaknya seorang wanita harus mengkonsumsi 25 gram serat dan 38 gram bagi pria setiap harinya. Jika Anda belum mengetahui betul makanan apa saja yang mengandung serat dalam jumlah yang tinggi, ada baiknya jika Anda menyimak ulasan berikut ini.

1. Alpukat

Source : Stevepb

Serat yang terkandung dalam alpukat termasuk yang paling tinggi diantara jenis makanan lainnya. Dalam satu cangkir atau 100 gram alpukat , kita bisa memperoleh 7  gram serat atau sekitar 28% dari kebutuhan serat harian. Alpukat bisa dinikmati dengan berbagai cara tetapi kandungan seratnya akan lebih optimal diserap tubuh jika dikonsumsi secara langsung. Selain itu, mengkonsumsi alpukat yang kaya asam lemak sehat juga sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan kulit.

2. Pear

Source : Wpaczocha

Buah yang masih satu keluarga dengan apel ini ternyata memiliki kandungan serat yang tinggi, lho!. Ya, buah pear yang disukai karena rasanya yang manis dan teksturnya yang segar mengandung setidaknya 3,1 gram serat dalam 100 gram daging buah dan kulitnya. Tidak hanya mengandung serat yang tinggi, pear juga kaya akan vitamin C, K dan potassium yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem saraf dalam tubuh.

3. Brokoli

Source : Auntmasako

Brokoli yang berwarna hijau pekat juga tidak kalah kandungan seratnya jika disandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Dalam 100 gram brokoli terkandung 2,6 gram serat dan jumlah ini dapat memenuhi angka kebutuhan harian serat hingga 10%. Agar kandungan seratnya tidak rusak atau berkurang secara drastis, rebus atau kukuslah brokoli selama beberapa menit dan jangan sampai terlalu matang.

4. Kelapa

Source : Couleur

Kita mungkin tahu bahwa Indonesia adalah negara penghasil kelapa terbesar didunia tapi tahukah Anda bahwa kelapa juga merupakan salah satu makanan kaya serat? Secangkir kelapa yang kita konsumsi mengandung sekitar 7 gram serat atau sekitar 22% dari total kebutuhan serat harian. Untuk meningkatkan kandungan serat dalam makanan, menaburkan parutan  bubuk kelapa kedalam bisa jadi alternatif yang cukup menyenangkan.

5. Kacang Polong

Source : Piviso

Kacang polong mungkin tidak terlalu populer di Indonesia namun jenis sayuran yang satu ini sebenarnya sayang untuk dilewatkan karena kandungan serat dan proteinnya yang tinggi. Dalam secangkir kacang polong masak terkandung 8,6 gram serat dan jumlah ini mampu memenuhi kebutuhan serat harian hingga 28%. Selain kaya akan serat, kacang polong juga dilengkapi dengan berbagai jenis antioksidan kuat yang mampu menjaga kondisi tubuh dari paparan penyakit dan cuaca.

6. Arthicoke

Source : Jackmac34

Jika Anda tidak familiar dengan jenis sayuran yang satu ini, cobalah datang ke swalayan atau supermarket terdekat. Arthicoke adalah jenis sayuran dengan bentuk yang cukup unik yakni berbentuk bulatan dengan daun segitiga yang menyerupai sisik. Dalam 100 gram arthicoke terkandung 5 gram serat tak larut atau sekitar 20% dari total kebutuhan serat harian. Sayuran ini cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet karena selain kaya serat sayuran ini juga sangat rendah kalori lho!

7. Oatmeal

Source : Conger Design

Mengkonsumsi semangkuk oatmeal sebelum memulai hari bisa jadi pilhan tepat untuk memenuhi kebutuhan protein, karbohidrat dan serat harian. Oatmeal kaya akan serat larut yang sangat baik bagi pencernaan dan juga mampu melindungi jantung dari pengaruh kolesterol jahat. Dalam 100 gram oatmeal terkandung 6,7 gram serat atau sekitar 20% dari total kebutuhan serat harian. Untuk meningkatkan kadar serat saat sarapan, Anda bisa menambahkan buah-buahan seperti berry pada semangkuk oatmeal hangat.

8. Labu Kuning

Source : Conger Design

Buah yang sering diolah dan dikonsumsi sebagai sajian penutup ini rupanya juga kaya serat. Mengkonsumsi 100 gram labu kuning yang mengandung 9,3 gram serat dapat memenuhi sekitar 25% kebutuhan serat harian. Tidak hanya kaya serat, labu kuning juga kaya vitamin dan mineral lainnya yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Untuk menjaga kandungan seratnya, labu kuning sebaiknya diolah dengan cara dipanggang atau dikukus hingga matang.

9. Quinoa

Source : Evitaochel

Quionoa atau yang dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan istilah  Chenopodium quinoa adalah jenis biji-bijian yang digadang-gadang sebagai salah satu superfood. Pasalnya biji tumbuhan Amarathaceae ini kaya akan serat dan zat gizi lain yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan dan sistem sirkulasi. Quinoa yang merupakan makanan pokok suku Indian, Amerika mengandung setidaknya 5 gram serat dalam satu cangkirnya. Biasanya jenis makanan satu ini dikonsumsi dengan cara dikukus atau direbus. Tertarik untuk mencobanya?

10. Kacang Hitam

Source : Public Domain Pictures

Kacang hitam atau Black bean adalah salah satu bahan makanan  yang cukup populer diwilayah Asia khususnya Asia Timur. Jenis kacang yang satu ini mengandung serat yang cukup tinggi yakni 12,2 gram dalam 100 gramnya atau sekitar 38% dari total kebutuhan serat harian. Selain kaya akan serat yang mampu melancarkan pencernaan, kacang hitam juga mengandung senyawa antioksidan kuat yang mampu mencegah penyakit kanker dan jantung koroner. Hebat bukan?

Demikian beberapa jenis makanan kaya serat yang bisa Anda ketahui. Mengingat pentingnya konsumsi serat, jangan lupa untuk sertakan makanan-makanan diatas dalam menu harianmu ya! “Eat Healthy and Live Happily, Guys”

Loading...