10 Makanan Sehat untuk Membantu Dietmu

By |2018-11-28T17:53:11+07:00November 28th, 2018|Culinary, Health, Lifestyle|Comments Off on 10 Makanan Sehat untuk Membantu Dietmu

Source: Tella Chen

Menjalankan program diet haruslah dengan perhitungan matang. Tidak ada gunanya berhasil menurunkan berat badan tapi Anda jadi lemas atau sakit-sakitan. Untuk itu, sisipkan ke dalam menu diet Anda sepuluh makanan di bawah ini:

1. Kubis

Source: Nikki L.

Kubis merupakan salah satu sayuran yang mudah didapatkan sepanjang tahun di Indonesia, dan mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh. Serat yang terkandung di dalamnya cukup tinggi sehingga mengkonsumsi kubis dapat melancarkan pencernaan Anda. Kubis juga mudah dipadukan dalam beragam masakan sehat, misalnya sebagai campuran sayur dalam sup atau soto. Dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang kaya tetapi berkalori rendah, salah satu program diet untuk cepat menguruskan badan menggunakan kubis sebagai makanan utamanya.

2.  Tomat

Source: Stevepb

Loading...

Sebuah tomat berukuran sedang hanya mengandung sekitar 25 kalori, sementara kandungan nutrisi yang ada di dalamnya begitu melimpah. Khasiat utama tomat terutama berhubungan dengan kesehatan kardiovaskular. Tak heran jika tomat banyak digunakan dalam beragam jenis makanan, mulai dari saus pasta, sup tomat yang lezat, hingga dijadikan jus.  Warna tomat yang merah segar berasal dari salah satu kandungan vitaminnya yang dinamakan carotenoid lycopene, yang merupakan senyawa antioksidan untuk mencegah kanker dan menurunkan kolesterol.

3. Kacang-kacangan

Source: homami

Kacang-kacangan, termasuk jenis lentil yang dapat dijadikan sup daal yang sedap dan berprotein tinggi, sangat baik terutama untuk jantung oleh karena seratnya yang mampu menyerap kolesterol di dalam tubuh hingga 15% dan membuangnya sebelum terserap di pembuluh darah. Selain itu, kacang-kacangan merupakan sumber antioksidan yang paling baik sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak tanpa harus takut menjadi gemuk.

4. Yogurt

Source: NeuPaddy

Yogurt yang merupakan hasil olahan dari susu yang difermentasikan dan ditambahi dengan bakteri yang baik bagi tubuh memiliki segudang manfaat, bahkan melebihi khasiat susu murni sendiri. Di antaranya, sebagai sumber kalsium organik yang lebih mudah diserap tubuh dan memperkuat tulang, dan enzim di dalamnya  juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan menyembuhkan gangguan-gangguan dalam perut. Untuk menjalankan diet yang lebih efektif dan sehat,  pilihlah yogurt rendah lemak yang bisa juga dipakai untuk menggantikan telur.

5. Brokoli

Source: liz west 

Satu lagi jenis sayur dari keluarga kubis-kubisan yang menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh dengan kalori yang rendah, yaitu hanya sekitar 34 kalori dalam setiap ons-nya. Sementara itu, manfaat yang diberikannya setara dengan satu porsi buah dan sayuran lain. Kandungan sulforaphane-nya dapat meningkatkan produksi enzim di tubuh kita,  yang diperlukan untuk memerangi sel-sel yang berpotensi menjadi penyakit kanker.

6. Minyak Zaitun

Source: Stevepb

Minyak zaitun mengandung lemak baik yang dapat yang mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh kita. Minyak zaitun juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan dapat mengurangi radang sendi serta mencegah banyak sekali penyakit lainnya. Sisipkan satu sendok makan minyak zaitun dalam diet harian Anda, misalnya sebagai bumbu salad atau diminum langsung setiap pagi. Untuk hasil yang lebih baik, pilihlah jenis extra virgin atau virgin yang kandungan antioksidannya masih utut.

7.  Bawang Putih

Source: PublicDomainPictures

Bawang putih merupakan antibiotik alami yang paling hebat untuk melawan segala penyakit yang disebabkan oleh bakteri.  Memakan bawang putih mentah di pagi hari dalam keadaan perut kosong bahkan dapat menyembuhkan sakit tenggorokan. Antioksidan di dalamnya juga penting bagi kesehatan jantung. Sisipkan  setidaknya satu siung bawang putih dalam menu diet Anda setiap harinya. Selain sedap sebagai bumbu pelengkap masakan, badan pun akan menjadi lebih prima karenanya.

8. Bluberi

Source: Pexels

Buah ini memang agak susah dicari di Indonesia dan harganya terbilang mahal karena didatangkan dari luar negeri. Akan tetapi, mengingat khasiatnya yang berlimpah, tidak rugi jika mengkonsumsi buah ini secara rutin, sebab antioksidan yang terkandung di dalamnya jauh lebih ajaib untuk mencegah mencegah berbagai macam penyakit dibandingkan dengan kebanyakan jenis buah dan sayuran lain. Konsumsilah setengah cangkir buah ini setiap hari, boleh juga sebagai tambahan makan pagi Anda asalkan jangan ikut dimasak agar kandungan vitamin C-nya tidak hilang.

9. Wortel

Source: Voltamax

Wortel yang kaya akan vitamin A ini juga mengandung kalori yang sangat rendah, yaitu sekitar 10 kalori per ons-nya. Wortel dapat dikonsumsi sebagai tambahan dalam sup sayuran Anda, dijadikan jus yang bisa juga ditambah buah-buahan lain, misalnya apel atau jeruk, untuk memperlengkap kandungan vitaminnya, juga bisa dimakan mentah sebagai salad yang garing dan mengenyangkan.

10. Bit


Source: skeeze

Kandungan kalorinya yang rendah, yaitu hanya sekitar 74 per cangkir, membuatnya ideal untuk dikonsumsi dalam program diet yang sehat dan efektif.  Bit juga kaya akan mineral, vitamin, serat dan berbagai kandungan lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Antioksidan yang ada dalam bit juga bisa melawan atau melawan potensi kanker. Bit sangat direkomendasikan bagi orang yang sedang menurunkan berat badan, misalnya sebagai pelengkap salad atau bisa juga dimakan mentah.

Itulah sepuluh alternatif bahan makanan untuk ditambahkan ke dalam menu diet Anda agar program Anda tidak hanya efektif, tetapi juga menyehatkan tubuh.

Silakan coba!

Loading...