10 Makanan Sehat Bagi Ibu Menyusui

By |2018-11-07T21:23:02+00:00February 1st, 2017|Food|


Source: Alexas_Fotos

Seorang ibu menyusui harus memperhatikan asupan makanannya, baik dari segi kuantitas maupun kuantitas karena sangat berpengaruh bagi kesehatan ibu maupun bayi. Kecukupan asupan gizi ibu juga mempengaruhi kualitas ASI. Banyak produk kesehatan mengklaim dapat memenuhi kebutuhan gizi ibu dan bayi. Namun, kalau  kita bisa menghindar dari bahan kimia kenapa tidak? Kami lebih memilih produk alami hewani maupun nabati untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada saat menyusui. Berikut kami rangkum 10 makanan sehat bagi anda, ibu menyusui:

1. Nasi Merah


Source: Smilingpixell

Loading...

Kenapa nasi merah? Studi terbaru menunjukkan bahwa nutrisi yang terkandung dalam nasi merah lebih baik dari nasi putih. Beras merah adalah sumber kalori yang baik bagi ibu menyusui yang membutuhkan kalori ekstra. Beberapa mineral seperti fosfor, magnesium dan potasium yang terkandung dalam beras merah juga tidak hanya bermanfaat bagi ibu, namun untuk tumbuh kembang bayi juga. Beras merah pun bagus bagi ibu menyusui yang ingin menurunkan berat badan. Tingginya kandungan serat dan karbohidrat kompleks dalam beras merah dapat membuat anda terasa kenyang lebih lama.

2. Pare


Source: VitaminaMov

Pare sudah lama dikenal dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Rasanya yang pahit mungkin membuat anda berpikir dua kali. Namun,  hal itu bisa diatasi dengan meremas pare dengan garam selama beberapa menit. Setelah itu, pare dibilas agar garam hilang. Selanjutnya anda bisa olah sesuai selera. Salah satu blogger terkenal Indonesia bahkan mengolah pare menjadi jus demi meningkatkan produksi ASI-nya. Seperti kata pepatah, “Berpahit-pahit dahulu, bermanis-manis kemudian”. 🙂

3. Salmon


Source: Rjunqueira

Salmon mengandung berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi ibu menyusui. Salmon kaya akan omega 3 dan vitamin B-12. Omega 3 dan vitamin B-12 berfungsi membantu perkembangan otak bayi. Ibu pun dapat merasakan manfaat dari lemak DHA yang ada pada salmon. Lemak DHA dipercaya dapat mencegah ibu mengalami depresi pasca melahirkan (postpartum depression).

4. Daun Katuk


Source: Jee & Rani Nature Photography

Orang Indonesia tentu sudah tidak lagi asing dengan manfaat daun katuk bagi kesehatan. Daun katuk juga dikonsumsi karena diyakini dapat melancarkan dan meningkatkan produksi ASI. Selain itu, kandungan nutrisi lain yang ada pada daun katuk dapat menjaga kesehatan ibu menyusui secara umum. Saat mengolah daun katuk, hindari memasak terlalu lama atau terlalu panas karena akan merusak kandungan gizinya.

5. Jeruk


Source: Stevepb

Jeruk kaya akan vitamin C. 100 gram jeruk mengandung 53,2 mg vitamin C atau 89% dari rata-rata kebutuhan orang berusia 4 tahun ke atas. Vitamin C bermanfaat dalam menjaga stamina tubuh, membantu penyerapan zat besi pada ibu maupun bayi dan mengobati kelelahan yang umum terjadi pada ibu menyusui. Vitamin C juga dipercaya dapat mencegah naiknya tekanan darah.

6. Brokoli


Source: Meditations

Brokoli mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik bagi ibu menyusui, contohnya vitamin K. Kandungan vitamin K pada brokoli sangat tinggi. Vitamin K berfungsi menjaga kesehatan tulang. Defisiensi vitamin K umum terjadi pada bayi dan sering tidak terdeteksi sampai sudah terlambat untuk ditangani. Ibu menyusui yang mengkonsumsi makanan sehat seperti brokoli akan membantu pertumbuhan tulang bayi.

7. Kacang Tanah


Source: Pexels

Kacang tanah mengandung asam folat tinggi. 100 gram kacang tanah panggang mengandung 145 mikro gram asam folat atau 36 dari rata-rata kebutuhan asam folat orang berusia 4 tahun ke atas. Asam folat sangat dibutuhkan baik oleh ibu hamil maupun ibu menyusui dalam membantu perkembangan otak bayi. Asam folat juga dapat mencegah ibu mengalami postpartum depression.

8. Susu Sapi


Source: Couleur

Pada saat seorang wanita hamil, janin mengambil nutrisi dari si ibu termasuk kalsium untuk pembentukan tulang. Begitupun saat ibu menyusui. Jika seorang ibu menyusui kekurangan kalsium, maka bayi yang hanya mengandalkan ASI juga akan mengalami kekurangan kalsium. Kekurangan kalsium dapat memperlambat pertumbuhan tulang bayi dan menyebabkan ibu terkena osteoporosis. Susu sapi mengandung tingkat kalsium tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium ibu menyusui.

9. Kacang Hijau


Source: PDPics

Kacang hijau adalah makanan sehat padat gizi yang sangat baik dikonsumsi oleh siapa saja termasuk ibu menyusui. Kandungan protein dalam kacang hijau dapat membantu pembentukan sel-sel tubuh dan menjadi sumber energi bagi ibu menyusui. Kacang hijau juga dipercaya dapat mencegah anemia yang sering terjadi pada wanita. Plus, rasanya juga lezat.

10. Bayam


Source: Evitaochel

Bayam mengandung asam folat, vitamin A dan K dalam kadar yang tinggi. Kandungan vitamin A pada bayam bahkan mencapai 10481 IU atau 210% dari kebutuhan rata-rata harian vitamin A orang berusia 4 tahun keatas untuk tiap 100 gramnya. Manfaat vitamin A antara lain menjaga kesehatan mata dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Variasi makanan sehat dan seimbang dapat menjaga dan meningkatkan stamina ibu menyusui. Ibu menyusui yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik, seyogyanya sang bayi akan tumbuh dengan baik juga karena dalam tubuh ibu yang sehat akan tumbuh anak yang sehat.

Selamat menjalani hidup sehat, Ibu!

Loading...