10 Makanan Penyubur Kandungan Paling Sehat Untuk Ibu Hamil

By |2019-11-22T16:58:41+00:00November 22nd, 2019|Food, Health|


Source: TawnyNina

10 Makanan Penyubur Kandungan- Hal yang paling dinantikan oleh pasangan yang menikah adalah kehadiran seorang buah hati. Dan sebagai seorang istri dan calon ibu pastinya kewajiban menjaga kesehatan kandungan harus dilakukan dengan prioritas paling tinggi, apalagi jika janin baru menginjak umur 1-30 minggu. Dibawah ini ada 10 makanan penyubur kandungan yang bisa dikonsumsi ibu hamil untuk menguatkan janinnya.

1. Telur-Teluran


Source: Couleour

Loading...

Salah satu jenis makanan dari 10 daftar makanan penyubur kandungan dinilai paling sederhana. Namun jangan salah, disetiap jenis telur unggas entah dari ayam, itik, puyuh, memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk janin terutama kandungan zat folin. Zat folin akan membantu janin untuk menyerap asam folat untuk menghindari bayi lahir cacat.

2. Bayam dan Selada

Dari 10 makanan penyubur kandungan, bayam dan selada juga bisa jadi pilihan penting untuk kesehatan janin dan sebisa mungkin harus dikonsumsi setiap hari. Kandungan gizi dan multivitamin dari sayur akan melancarkan metabolisme tubuh calon ibu dan janin. Dengan ditambah konsumsi buah yang penuh vitamin, kekuatan janin akan semakin kuat karena selalu dipenuhi oleh makanan sehat dan bergizi.

3. Salmon

https://twitter.com/FoodHeaIth/status/825014055702237184

Makanan ini merupakan sajian utama untuk membantu pembentukan hormon janin. Harganya memang cukup mahal, namun terbukti dari khasiat yang diberikan contohnya meningkatkan IQ, mencegah segala penyakit pernafasan seperti paru-paru, asma, dan bronkithis, mengkonsumi ikan salmon 2 minggu sekali bukanlah hal buruk bukan.

4. Tiram


Source: Meineresterampe

Tiram sebagai salah satu 10 makanan penyubur kandungan dinilai sebagai makanan penuh zat besi. Zat besi berguna untuk pembentukan sel darah sehingga janin dan ibu sangat membutuhkan zat ini. Tiram juga akan menghindarkan kondisi calon ibu terkena serangan darah rendah, dan juga anemia.

5. Susu Berkalsium


Source: Congerdesign

Tidak ada yang menyangkal bagaimana kalsium menjadi faktor utama dalam pembentukan tubuh dan kekuatan janin bukan? Sebagai seorang ibu baiknya selalu mengkonsumsi susu khusus ibu hamil yang memiki kadar lemak yang tinggi. Kalsium yang didapat dari susu berprotein hewani memiliki kadar kalsium yang tinggi sehingga pembentukan tulang akan semakin optimal dan kuat.

6. Gandum atau Oat


Source: Hajiik

Walaupun sama-sama memiliki kandungan karbohidrat, namun gandum atau oat ini lebih bagus dikonsumsi daripada nasi. Karbohidrat kompleks pada gandum atau oat membuat kadar darah dan insulin menjadi stabil sehingga dapat menyuburkan kandungan, berbeda dengan nasi yang kandungan gulanya sangat tinggi sekali.

7. Coklat

Stres dan kepanikan yang sering dialami oleh calon ibu pada masa awal kehamilan bisa membahayakan kondisi janin, sehingga 10 makanan penyubur kandungan seperti coklat ini bisa jadi andalan sang ibu dikala stres melanda. Studi yang dilakukan oleh Univercity of Yale mengatakan, coklat tidak memberi pengaruh buruk pada janin.

8. Madu Murni


Source: Fancycrave1 

Daftar10 makanan penyubur kandungan selanjutnya adalah madu. Madu bisa menjadi sumber kekuatan atau energi yang dibutuhkan oleh janin dan ibu hamil. Selain itu kekebalan tubuh akan ditingkatkan dengan seringnya mengkonsumsi madu murni.

9. Olive Oil

Biasa dikenal dengan nama minyak zaitun. Olive oil termasuk dalam daftar 10 makanan penyubur kandungan karena disetiap tetesnya kaya akan lemak tak jenuh, omega 3, vitamin E, yang semuanya sangat baik untuk tubuh. Usahakan dalam masakan Anda, mengganti minyak kelapa biasa dengan olive oil.

10. Kacang-Kacangan


Source: Piviso

Konsumsi kacang-kacangan seperti almond dan kedelai sangat berguna untuk kesuburan janin dimasa awal kehamilan. Kandungan serat dan zat besinya mengoptimalkan pembentukan sel darah merah pada janin. Kemampuan kacang dalam memperkuat kandungan sudah sejak lama diketahui oleh banyak orang.

Lengkap sudah ulasan mengenai 10 makanan penyubur kandungan paling sehat diawal kehamilan calon ibu. Semoga bisa menjadi salah satu informasi bermanfaat untuk Anda dikemudian hari pastinya. Yang paling penting selalu makan makanan sehat dan bergizi untuk kesehatan Anda dan calon bayi Anda.

Selamat mencoba !

Loading...