10 Makanan Penderita Asam Urat Usia 40 Tahun Keatas

By |2018-11-08T17:55:18+00:00March 24th, 2017|Food, Health|


Source: Cnick

Banyak orang diusia 40 tahun keatas pasti mengalami keadaan sakit disendi-sendi tulang yang biasa disebut asam urat. Asam urat terbentuk dari kumpulan senyawa seperti heterosiklik karbon, nitrogen, oksigen, dan terakhir hidrogen yang kemudian akan dipecahkan menjadi zat yang disebut “purin”. Kembali pada asam urat, penyakit yang sering menyerang pada bagian sendi ini bisa dicegah dengan konsumsi makanan sehat. Dibawah ini ada 10 makanan untuk penderita asam urat paling ampuh.

1. Makanan Berserat Tinggi


Source : 27007

Makanan untuk penderita asam urat yang pertama adalah selalu sediakan makanan yang mengandung serat tinggi. Serat yang Anda konsumsi akan membantu proses pencernaan dan penyerapan sari makanan didalam tubuh Anda. Serat juga berfungsi menyerap kadar asam urat yang menumpuk di dalam darah dan otomatis akan dibuang melalui urine. Sebisa mungkin sediakan makanan berserat tinggi seperti brokoli, oat/gandum, sawi, kubis.

2. Seledri

Makanan untuk penderita asam urat selanjutnya adalah seledri. Sayur ini dipercaya untuk menurunkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh. Tidak hanya itu, seledri yang merupakan sayuran rendah kalori dan cukup serat ini bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Sebisa mungkin kulkas Anda memiliki stok seledri untuk dikonsumsi.

3. Ceri


Source: Hans

Salah satu studi yang dilakukan oleh Profesor Yiqing Zhang di Boston University, mengkonsumsi buah ceri setiap hari terbukti menunrunkan kadar kolesterol dan asam urat. Kalau Anda cukup sulit menemukan buah ceri yang segar, cukup pergi ke supermarket maka Anda bisa mendapatkan buah ceri dalam bentuk paketan kaleng. Harga cukup relatif murah untuk menurunkan kadar asam urat Anda bukan?

4. Minyak Biji Rami

Minyak biji rami menjadi makanan untuk penderita asam urat karena mengandung setidaknya 45% serat dan 55% asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda. Tidak hanya sebagai penurun kadar asam urat, minyak biji rami juga sangat tinggi kalium sehingga bisa menjaga kesehatan jantung dan darah.

5. Apel


Source: Couleour

Makanan untuk penderita asam urat bisa mengkonsumi apel sebagai cemilan dipagi hari atau siang hari Anda. Apel memiliki kandungan asam malat yang berfungsi menetralkan efek asam urat. Asam malat juga akan memperlancar saluran pembuangan lewat urine.

6. Alpukat


Source: Stevpb

Buah alpukat bisa menjadi makanan untuk penderita asam urat karena selain tinggi serat dan rendah kalori, buah ini juga mengandung kadar gula yang rendah. Selain itu buah ini juga membantu menurunkan berat bedan karena pada faktanya orang yang memiliki berat badan berlebih, resiko memiliki asam urat juga sangat tinggi.

7. Pisang


Source: Security 

Buah pisang terbukti bisa menjadi makanan untuk penderita asam urat karena kadar alkali pada pisang dan kalium yang dikandungnya bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda. Nmaun sebisa mungkin Anda memperhatikan kuantitas pengkomsumsian pisang, jangan sampai Anda makan buah ini secara berlebihan, karena bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

8. Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh paling baik untuk penderita asam urat terutama diusia 40 tahun. Karena pada dasarnya teh ini membantu tubuh mengikat lemak, kotoran, dan racun yang bisa memicu kadar asam urat yang akan dikeluarkan melalui saluran urine.

9. Salmon

https://twitter.com/BeFitFoods/status/832684046048059392

Ikan jenis ini sangat baik dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita asam urat karena zat purin yang dikandungnya relatif rendah sehingga ikan salmon sangat aman dikonsumsi. Namun Anda harus tetap menjaga batasan, jangan sampai dikonsumsi secara berlebih. Biasakan konsumsi ikan salmon sebulan 3-5 kali. Harga ikan salmon memang relatif mahal, namun untuk kesehatan tidak ada salahnya bukan?

10. Susu

Susu untuk penderita asam urat yang tinggi hendaknya mengkonsumsi jenis susu yang rendah lemak. Hindari jenis susu berjenis hewani seperti susu sapi, atau susu kambing, tapi sebisa mungkin Anda konsumsi susu rendah lemak berjenis nabati seperti susu kedelai. Karena produk susu yang diolah dari protein nabati bisa meminimalisasi kadar asam urat yang tinggi.

Selesai sudah 10 makanan untuk penderita asam urat yang bisa Anda gunakan sebagai bahan informasi. Seperti pepatah “sedia payung sebelum hujan”, jadi baiknya mulai dari sekarang Anda menjaga makanan yang biasa Anda makan. Have a good day !