10 Makanan Penambah Darah Untuk Penderita Anemia

By |2018-11-07T20:12:09+00:00February 4th, 2017|Food, Health|


Source: Myriam-Fotos

Makanan Penambah Darah- Sel darah merah yang biasa Anda kenal dengan hemoglobin memang menjadi syarat penting untuk kesehatan tubuh Anda. Jika tubuh Anda mengalami kekurangan darah, kondisi tersebut dinamakan “anemia”. Hemoglobin ditugaskan untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh Anda, jadi sudah tahu bagaimana pentingnya hemoglobin untuk tubuh Anda kan? Karena itu dibawah ini ada 10 jenis makanan penambah darah yang bisa mengatasi gejala penyakit anemia.

 

1. Kurma Arab


Source: Jackmac34

Pasti sudah tidak asing dengan makanan khas negeri padang pasir ini bukan? Ya, kurma menjadi salah satu jenis makanan penambah darah yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Kurma sendiri memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, vitamin C, B kompleks, dan terakhir antioksidan. Dimana kesemuanya berperan aktif untuk mengontrol jumlah hemoglobin Anda.

2. Apel


Source: Couleour

Apel merah, atau hijau mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Disamping itu zat besi yang dibawanya tidak kalah bergunanya sebagai makanan penambah darah yang enak dan segar. Cukup dengan mengkonsumsi satu apel perhari bisa sedikit meringankan anemia yang Anda derita.

3. Pisang


Source: Security

Kembali ke deretan makanan penambah darah, pisang juga dipercaya mencehag gejala anemia. Buah ini penuh zat besi, kalium, dan terakhir vitamin. Disaat tubuh Anda mengkonsumsi pisang, jaringan sel darah merah didalam tubuh akan bereaksi optimal karena kandungan yang dibawa oleh buah tersebut.

4. Kismis

Sebelum terkenal dengan khasiatnya yang bisa mencegah gejala anemia, kismis biasa disebut makanan penguat memori. Itu tidak terlepas dari cara kerja kismis yang memasok cukup sel darah merah untuk dialirkan ke otak dengan lancar. Karena itu sebisa mungkin konsumsi kismis sebagai garnish di piring sarapan Anda.

5. Madu


Source: Stevebh

Khasiat madu memang sudah malang melintang didunia kesehatan, dan kecantikan. Itu terbukti dari banyaknya orang yang menunjukan fakta tentang keberhasilan dari manfaat tersebut. Untuk mengkonsumsi madu sebagai makanan penambah darah, Anda bisa membuatnya sebagai selai roti sarapan Anda, atau simpel dengan meminumnya langsung.

6. Jeruk

Buah penuh vitamin C ini membantu tubuh Anda untuk menyerap zat besi sebagai penghasil darah. Dan antioksidan pada buah jeruk ini bisa menangkal radikal bebas sehingga tubuh Anda yang sedang mengalami anemia tidak bertambah buruk karena virus atau racun yang menggangu Anda pada saat kondisi lemah sudah ditangkis oleh antioksidan dari jeruk.

7. Delima

Buah ini memang sedikit susah dicari lagi, karena pohon delima sudah jarang ditemui. Dan tidak banyak petani delima di Indonesia. Sungguh disayangkan karena sebagai makanan penambah darah, delima merupakan sumber zat besi, kalsium, dan berbagai macam vitamin. Baiknya Anda mulai menanam pohon delima dipekarangan rumah Anda.

8. Tomat

Tidak hanya kaya akan vitamin C an anti oksidan, tomat memiliki zat spesial yang dinamakan “likopen”, dimana zat ini memberi support penuh untuk penyerapan zat besi dalam darah dan menetralkannya dalam kadar jumlah yang normal. Jadi, anemia yang sedang Anda derita akan sedikit diringankan dan dinetralkan oleh tomat.

9. Hati Ayam


Source: Congerdesign

Mugkin banyak diantara Anda lebih memilih mengkonsumi dada ayam daripada jeroan (organ dalam) ayam. Daya ayam memang sangat baik untuk pembetukan otot, namun jika Anda sedang mengalami anemia, hati ayamlah yang harus jadi makanan penambah darah andalan Anda. Hati ayam mengandung banyak zat besi, vitamin B12, seng dan fosfor.

10. Sayur-Sayuran


Source: Jill111

Kualitas sayur yang baik terlebih sayur organik memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Dalam kenyataannya, hemoglobin terbuat dari serapan zat besi, protein, vitamin, mineral, dan zat lainnya. Dan semuanya terkumpul didalam sayuran. Kalau Anda sedang mengalami anemia, dan sebagai tindakan pencegahan, masukan menu sayur dimeja makan Anda.

Itulah daftar lengkap dari 10 makanan penambah darah. Semoga bisa berguna dan digunakan sebagai bahan informasi ataupun referensi di waktu mendatang. Have a nice day dan selamat mencoba.