10 Makanan Karbohidrat Tinggi Dan Menyehatkan

By |2018-11-07T19:58:58+00:00February 5th, 2017|Food|


Source: RitaE

Anda takut gemuk dan memilih menghindari makanan karbohidrat? Hati-hati! Bisa-bisa tubuh kamu akan menjadi mudah lemas, lelah, dan cepat mengantuk. Karbohidrat adalah sumber utama energi bagi tubuh. Selain itu, karbohidrat juga berperan penting dalam kinerja protein dan oksidasi lemak. Untuk menjaga asupan karbohidrat dan juga menjaga kesehatan tubuh, daftar makanan karbohidrat tinggi berikut dapat menjadi pilihan Anda setiap harinya.

1. Kentang


Source: Couleur

Kentang sudah terkenal sebagai makanan karbohidrat tinggi. Makanan ini cocok dipilih ketika sedang menjalani program diet. Dalam 1 porsi kentang rebus mengandung sekitar 31 gr karbohidrat. Atau dalam secangkir kentang tumbuh mengandung sekitar 36 gr karbohidrat. Kentang juga kaya akan kalium. Yang mengesankan adalah kentang merupakan umbi yang bebas dari natrium, kolesterol, dan lemak. Jadi, selain berkarbohidrat tinggi dan cocok untuk diet, kentang sangat menyehatkan tubuh.

2. Oats


Source: shixugang

Banyak yang mengatakan bahwa oats adalah makanan paling sehat. Oats mengandung karbohidrat tinggi, yaitu sekitar 66%. Makanan karbohidrat tinggi ini juga kaya akan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan. Teratur mengkonsumsi oats dapat menyehatkan jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi dalam oats juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Pisang


Source: Security

Kandungan karbohidrat dalam pisang mencapai 23% dan berbentuk dalam pati atau gula. Kandungan karbohidrat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh. Anda dapat memilih pisang untuk pengganti nasi saat sarapan. Pisang juga mempunyai kandungan kalium yang tinggi. Kalium ini berperan aktif dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Dengan beragam manfaat ini, tidak heran jika makanan karbohidrat tinggi ini sangat disarankan untuk dikonsumsi.

4. Jagung


Source: keem1201

Jagung sering dipilih sebagai pengganti nasi. Dalam 100 gr jagung setidaknya mengandung sekitar 25 % karbohidrat. Selain itu, jagung merupakan makanan karbohidrat yang juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Keistimewaan jagung adalah kandungan antioksidan akan semakin meningkat saat memasaknya. Tidak diragukan lagi bahwa antioksidan sangat berperan dalam mengurangi risiko kanker. Jagung juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung dan mengontrol diabetes.

5. Ubi


Source: Einladung_zum_Essen

Makanan karbohidrat yang satu ini sangatlah familiar di Indonesia. Ubi mengandung sekitar 21% karbohidrat yang terdiri dari pati, gula, dan serat. Setidaknya dalam 1 ons ubi mengandung sekitar 7gr karbohidrat. Ubi mengandung banyak nutrisi seperi kaya akan antioksidan, vitamin A, vitamin C, mangan, dan kalium.

6. Apel


Source: Couleur

Dalam 1 buah apel setidaknya mengandung 23 gr karbohidrat. Makanan karbohidrat tinggi ini sangat disarankan untuk dijadikan menu ketika menjalani program diet. Apel dapat menjadi pengganti menu makan malam. Apel juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

7. Jeruk


Source: LoggaWiggler

Apakah Anda sering mengkonsumsi jeruk? Pernahkah Anda memperhatikan bahwa Anda akan lebih cepat merasa kenyang saat mengkonsumsi jeruk? Jeruk mengandung 11,8% karbohirat. Walaupun banyak mengandung air, jeruk merupakan sumber serat yang baik. Selain baik untuk mencegah sariawan, mengkonsumsi jeruk secara rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah batu ginjal.

8. Kacang Merah


Source: wuzefe

Kacang merah adalah jenis kacang-kacangan yang mengandung karbohidrat tinggi. Konsumsi makanan ini biasanya tidak secara tunggal, tetapi sebagai campuran dalam makanan lainnya misalkan pada sup atau es. Kandungan karbohidrat dalam kacang merah mencapai 22,8% dalam bentuk pati dan serat. Selain tinggi karbohidrat, kacang merah juga kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

9. Buckwheat


Source: julenka

Buckwheat dikenal juga dengan nama soba. Tanaman ini khusus dibudidayakan untuk diambil bijinya. Biji soba ini seperti gandum. Selanjutnya, biji soba diolah menjadi butiran lembut dan dapat dimasak layaknya memasak beras. Soba mengandung 71,5% karbohidrat. Kandungan serat dan protein dalam soba akan membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, mengonsumsi soba juga akan berdampak pada terkontrolnya gula darah.

10. Bit


Source: alex80

Makanan karbohidrat yang satu ini mungkin belum cukup familiar di semua kalangan masyarakat. Bit termasuk ke dalam jenis umbi-umbian yang berwarna merah keunguan. Kandungan karbohidrat dalam bit sekitar 8-10%. Tanaman bit sering digunakna untuk pewarna makanan, pengobatan pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.

Sekian ulasan mengenai 10 daftar makanan karbohidrat tinggi dan menyehatkan. Menjaga pola dan porsi makanan adalah pilihan terbaik untuk selalu menjaga kesehatan. Jangan lupa untuk rajin berolahraga dan konsumsi air putih yang cukup.