10 Makanan Halal Ketika Diluar Indonesia

By |2018-11-08T03:28:20+00:00February 21st, 2017|Food, Trip and Travel|


Source: Keulefem

Mencari makanan halal diluar negeri terutama dinegara yang notabene negara non-muslim pasti sangat tidak mudah seperti Anda mencarinya di Indonesia. Maka dari itu, ketika Anda pergi ke supermarket dan menemukan toko dengan label halal, pastikan Anda berbelanja dengan sebaik-baiknya. Berikut ada 10 jenis makanan halal yang bisa Anda incar saat berbelanja ditoko halal diluar negeri.

1. Feta Cheese


Source: Stevpb

Keju dari Prancis ini bisa Anda peroleh di toko makanan halal diseluruh dunia terutama di negara yang notabene non-muslim seperti Amerika atau Eropa. Keju feta ini merupakan fermentasi dari susu sapi, susu kambing, susu domba, hingga campuran segala produk susu lainnya. Jadi saat Anda disupermarket dna menemukan keju feta, stoklah sebanyak-banyaknya.

2. Kue Pie


Source: Shaoronang

Traveling ke luar negeri memang tidak menemukan toko makanan halal, namun paling tidak, disetiap sudut jalan pasti ada toko roti yang menjual kue pie. Kue pie yang dijual ditoko roti hampir semuanya menggunakan bahan-bahan yang halal seperti telur, daging sapi, daging ayam, ataupun daging domba. Kalau Anda vegetarian, pie diluar negeri juga ada yang berisi bayam. Terlebih lagi pie dengan isian buah juga pastinya halal.

3. Kurma

Buah kurma sudah tersedia dihampir seluruh dunia, sehingga Anda bisa dnegna mudah mendapatkan salah satu makanan halal khas timur tengah ini dibelahan dunia manapun. Kurma yang diekspor ke negara non-muslim biasanya diolah menjadi blenderan smoothies. Kalau Anda tidak suka dengan olahan smoothies, pilihan kurma utuh ditoko makanan halal juga baik disantap untuk makan malam Anda.

4. Buah Kalengan


Source: Bsteibe

Saat Anda diluar negeri dan pergi ke supermarket seperti Robbien atau Tesco, pilihan buah kaleng bisa jadi santapan makanan halal untuk Anda konsumsi. Yang paling aman tentunya mangga kaleng yang berasal dari India seperti mangga Kesar dan Alphonso. Mangga jenis jarang sekali ditemukan dalam kondisi segar.

5. Selai Tahini

Makanan halal ini merupakan bahan makanan berupa selai yang terbuat dari biji wijen kupas. Tahini memang banyak dijual dibanyak toko makanan mana saja diluar negeri, namun untuk keamananan pengolahan dan bahan campuran yang halal, sebisa mungkinAnda membelinya ditoko makanan dengan label bertanda halal.

6. Rempah-Rempah

Disetiap supermarket luar negeri atau toko makanan halal pasti menjual rempah-rempah seperti kayu manis, kapulaga, merica, atau jenis rempah lain yang bisa ditemukan dinegara tropis. Biasanya jenis rempah tersebut dijual dengan ukuran besar karena memang pada dasarnya rempah tersebut digunakan sebagai campuran bahan makanan.

7. Labneh

Labneh merupakan yogurt keju tebal yang berasal dari Timur Tengah. Rasanya yang lezat akan membuat Anda dengan mudah melupakan rasa dari yogurt biasa. Labneh dapat dimakan secara tradisional dengan menggunakan minyak zaitun, taburan za’atar dan dibalut roti puta/canai. Labneh juga bisa dicampurkan dengan buah dan madu kemudian dioleskan di atas roti tawar yang bisa Anda panggang.

8. Mie Instan

Tidak ada yang bisa menyangkal kalau mie instan produksi negara Indonesia sudah bisa ditemukan dinegara-negara Asia Timur seperti Jepang, dan Korea. Karena itu bisa dipastikan mie instan yang dari Indonesia mungkin juga sudah ada ditoko-toko dinegara Amerika dan Eropa. Walaupun mie instan tidak banyak, tapi saat keadaan terdesak disaat Anda sulit menemukan makanan halal, mie instan bisa jadi andalan Anda.

9. Biji Kopi


Source: Christoph

Kedai kopi paling terkenal didunia seperti Starbuck atau Coffee Bean sangat jelas memiliki kualitas biji kopi yang paling baik dikelasnya. Dan olahan minuman dari kedai kopi tersebut sangat halal. Kalau Anda masih skeptis dengan kedai kopi tersebut, Anda bisa membeli biji kopi sendiri kemudian menyeduhnya sendiri.

10. Olive Oil


Source: Stevpb

Kebanyakan makanan tidak halal semuanya diolah dengan minyak babi atau makanan yang dilah dengan campuran alkohol seperti anggur/wine. Jadi lebih aman untuk Anda kalau membeli bahan makanan sendiri seperti sayur, ayam, daging sapi, dan mengolahnya dengan minyak olive oil. Sehingga makanan Anda bisa dipastikan halal.

Itulah 10 jenis makanan halal yang bisa jadi pilihan Anda saat berada diluar negeri. Entah Anda sedang traveling atau tinggal disana karena pekerjaan, makanan halal tersebut diatas bisa Anda cari diluar negeri.