10 Mainan Anak Bayi Ini Baik untuk Menstimulasi Perkembangannya

By |2018-11-07T19:33:22+00:00February 9th, 2017|Family|

Source: PublicDomainPictures

Seiring perkembangan fisik bayi yang semakin cepat dengan bertambahnya usia. Bayi menjadi semakin dapat di ajak berkomunikasi meski bayi belum dapat berbicara. Namun saat diberikan mainan ia akan dapat merespon, dan memang fungsi mainan anak bayi ialah untuk membantu menstimulasi perkembangan motorik bayi. Makanya pilih mainan anak bayi yang juga mampu serta baik dalam mendukung perkembangannya di masa mendatang. Berikut beberapa mainan anak bayi yang bisa menjadi pilihan agar memberikan stimulasi yang maksimal.

1. Mainan yang Memiliki Tampilan Menarik

Source: PublicDomainPictures

Tampilan mainan anak bayi yang menarik dengan warna – warna yang terang dan mencolok dapat membantu menstimulasi indera penglihatannya. Secara tidak langsung bayi akan mulai mengenali warna – warna yang berbeda. Dan dengan bantuan orang tua yang bercerita tentang warna mainan, bayi akan menangkapnya dan kemudian saat mulai dapat berbicara ia akan mampu mengenali warna mainam tersebut.

2. Bisa Menimbulkan Bunyi-Bunyian

Source: Tookapic

Mainan anak bayi yang bisa menimbulkan bunyi – bunyian akan lebih menarik perhatian bayi. Terutama pada bayi yang mulai belajar mengenali suara. Orang tua dapat memberikan mainan anak bayi tersebut untuk menstimulasi pendengaran bayi dan juga mata. Letakan mainan tersebut di atas tidur bayi, agar bayi semakin aktif bergerak mengikuti bunyi suara yang didengarnya. Mainan tersebut sangat cocok untuk diberikan pada bayi mulai dari usia 2 bulan.

3. Boneka

Source: PublicDomainPictures

Baik yang memiliki bentuk seperti hewan atau barbie, hampir semua anak menyukai mainan boneka. Dengan mainan anak bayi ini akan membuat bayi belajar mengenali bentuk yang berada di dekatnya. Namun ada juga bayi yang saat di berikan boneka merasa takut dan kemudian menangis sejadi – jadinya, hal ini lumrah karena bayi mungkin masih merasa asing. Pilih boneka yang ia sukai atau karakter yang sudah ia kenali, supaya bayi tidak merasa takut dan lebih percaya diri.

4. Mainan yang Bisa Digigit

Source: Pavelkraus

Saat gigi bayi mulai tumbuh, bayi akan merasa sesuatu tidak nyaman pada bagian gusinya. Dan untuk meredakan ketidaknyamanan tersebut tak jarang bayi memasukan jari – jarinya ke mulut. Karenanya mainan anak bayi yang bisa digigit tentu sangat diperlukan selain bisa mengurangi rasa tak nyaman pada gusi, mainan tersebut juga dapat menstimulasi pertumbuhan gigi pada bayi. Namun bunda juga perlu memperhatikan kebersihan mainan ini karena jika kotor dapat membuat bayi gampang tertular penyakit.

5. Mainan Puzzle


Source: Klimkin

Mainan anak bayi yang sangat baik bagi perkembangan ialah mainan yang memberi edukasi. Salah satunya ialah mainan yang berbentuk puzzle. Mainan puzzle yang mengharuskan anak untuk mengenali bentuk serta bagian-bagian yang berbeda, secara tidak langsung saraf motorik pada anak akan ikut terstimulasi, termasuk perkembangan pada otaknya. Disinilah pentingnya untuk orang tua memilih mainan yang bersifat edukatif.

6. Mainan yang Bisa Ditabuh


Source: Thedanw

Bayi dan juga anak-anak pada umumnya akan bergerak secara aktif. Bayi akan mulai mengeksplorasi lingkungannya seperti dengan memukul-mukul sesuatu, hal ini penting untuk memuaskan rasa keingintahuannya. Mainan anak bayi yang bisa menimbulkan bunyi dengan pukulan pukulan tentu akan menarik perhatiannya. Memberikan drum mainan selain membuatnya senang memukul-mukul sesuatu juga dapat menguatkan otot-otot tangan dan lengannya.

 7. Cermin

Source: Traumlan-de

Bayi biasanya akan kaget saat melihat sosok dirinya di cermin. Dengan memberikan mainan anak bayi yang memiliki cermin, bayi akan belajar mengenali dirinya dan juga bagian tubuhnya melalui cermin tersebut. Pilih mainan cermin yang aman untuk bayi, dengan kata lain bila bayi membanting atau melemparnya tidak akan mudah pecah. Karena hal tersebut dapat membahayakan dan melukai tubuh bayi, dan tentu bunda tak ingin hal ini terjadi bukan?

8. Mainan Berbentuk Alat Trasportasi

Source: Coolunit

Bayi laki – laki terutama, akan sangat menyukai mainan anak bayi yang transportasi. Baik kecil maupun besar pasti menarik perhatian bayi. Berbagai macam mainan alat transportasi seperti mobil – mobilan, pesawat maupun kereta api. Mainan dengan banyak bentuk akan membuat bayi belajar mengenal banyak hal baru dari wujud mainan. Mainan anak bayi yang bagus seharusnya mainan yang memiliki sisi edukasi serta stimulus yang baik untuk tumbuh kembang bayi.

9. Mainan yang Digantung

Source: LyraBellacua-Sally

Mainan anak bayi yang dipasang menggantung ini sangat baik untuk membantu menstimulasi penglihatan dan juga gerak bayi. Biasanya dipasang di atas tempat tidur bayi, dengan bentuk serta warna yang beragam. Biasanya mainan anak bayi ini juga menimbulkan suarn yang akan semakin menarik perhatian bayi. Saat memasang mainan tersebut diatas tempat tidur bayi, perhatikan keamanannya jangan sampai terlepas karena dapat jatuh menimpa bayi.

10. Bola

Source: PublicDomainPictures

Mainan anak bayi yang berbentuk bola baik besar maupun kecil pasti menarik perhatian bayi. Orang tua pun juga harus mengawasi bila sedang bermain dan sebisa mungkin jauhkan dari benda yang lancip. Karena bayi yang belum memiliki keseimbangan tubuh akan mudah terjatuh. Dan bila disekitarnya berserakan mainan yang bertekstur keras dan lancip akan dapat membahayakan bayi. Sebab bayi belum dapat mengetahui bahaya dari apa yang dilakukannya.

Para orang tua harus bijak dalam memilihkan mainan yang tepat untuk bayi. Karena mainan sangat berpengaruh pada perkembangan bayi, baik secara mental dan juga fisiknya. Jadi berikan mainan yang bermanfaat ya bunda agar tumbuh kembang bayi semakin maksimal. Let’s get play. Babies!