10 Kuliner ‘Street Food’ Legendaris di Suryakencana Bogor yang Enak dan Murah

By |2019-07-08T16:23:30+00:00July 8th, 2019|Food|

Photo by uncleseronok

Salah satu hal yang diincar ketika menginjakan kaki di kota hujan adalah wisata kulinernya. Suryakencana terbukti telah menjadi salah satu pusatnya kuliner di Bogor. Dengan menyusuri jalanan Suryakencana, kamu bakal menemui berbagai macam jajanan streetfood yang menggugah selera. Dari sekian banyaknya kuliner yang ada, berikut ini 10 rekomendasi kuliner street food legendaris yang harus kamu coba ketika mampir ke Bogor.

1. Asinan Jagung Bakar

Asinan Bogor pastinya sudah lazim didengar oleh kita. Tapi apakah kamu sudah dengar asinan jagung bakar? Dengan cita rasa manis dari jagung bakar yang dipipil, dipadukan dengan asam pedas dari bumbu khasnya, pasti bikin harimu menjadi lebih segar! Kuliner unik satu ini wajib kamu coba kalau jalan-jalan di sekitaran Suryakencana Bogor. Kamu bisa mencoba kuliner asinan jagung bakar Bpk Sabur ini dengan harga Rp. 15.000.

Loading...

 

2. Martabak Arang

Menyusuri jalan di Suryakencana, kamu akan menemui kuliner martabak legendaris yang sejak tahun 1975 hingga saat ini masih setia melayani penikmatnya. Martabak yang sering disebut ‘Martabak Encek’ ini dibuat menggunakan arang sehingga mempunya cita rasa yang berbeda.

Setiap hari, penjual martabak ini biasa membuat adonannya sebanyak 15 Kg, dan menghasilkan sekitar  50-an loyang. Ada beberapa jenis martabak yang disajikan, mulai dari harga Rp. 40.000 – Rp. 65.000. Kamu bisa mencoba martabak yang satu ini mulai pukul 14.00 WIB hingga sekitar pukul 17.00 WIB, atau sampai habis.

 

3. Nasi Goreng Guan Tjo

Nasi goreng legendaris ini juga wajib kamu coba! Bagi penggemar kuliner di Bogor, khususnya nasi goreng pasti sudah tidak asing dengan tempat yang satu ini. Nasi Goreng Guan Tjo menyediakan dua jenis nasi goreng, yaitu nasi goreng ayam dan ayam pete. Kamu juga bisa menikmati nasi goreng spesial dengan tambahan telur mata sapi di atasnya. Harga seporsi nasi goreng disini berkisar antara Rp. 24.000 hingga RP. 33.000.

 

4. Sate Sumsum Pak ‘OO’

Kalau kamu biasanya menjumpai sate yang berbahan daging ayam, kambing atau sapi, lain halnya dengan sate yang satu ini. Sate yang disajikan di tempat ini berbahan dasar dari sumsum sapi. Kalau penasaran, kamu juga bisa mencoba sate lain yang bahan dasarnya dari ginjal. Kuliner ini enak disantap bersamaan dengan nasi goreng Guan Tjo karena tempatnya pun berdekatan. Kedai sate Sumsum Pak OO buka mulai pukul 14.00 hingga 20.30 WIB. Kamu bisa mencoba kuliner yang satu ini dengan merogoh kocek Rp. 30.000 untuk 10 tusuk satenya.

 

5. Lumpia Basah

Cemilan lumpia basah ini bisa kamu temui juga di Suryakencana. Kulit lumpia yang lembut dengan isian telur, tauge dan rebung ini bisa kamu nikmati dengan harga Rp. 12.000. Lumpia basah legendaris disini bisa kamu temui mulai dari jam 6 pagi hingga 6 sore.

 

6. Cungkring Pak Jum’at

Cungkring Pak Jumat sudah stand by untuk menemani sarapan kamu mulai jam 7 pagi. Satu porsi hidangan ini terdiri dari kikil, gorengan tempe dan lontong yang disiram dengan bumbu kacang manis yang khas. Kikil yang disajikan disini juga empuk banget lho. Kalau kamu mau kesini, jangan sampai kesiangan ya karena cepat banget habisnya! Kamu bisa mencoba seporsi cungkring, lontong, dan kikil seharga Rp. 24.000.

 

7. Comro Gang Aut

Kalau mau mencoba kuliner yang satu ini, harus sabar-sabar antri ya! Tempat ini buka mulai setiap hari mulai jam 7 pagi. Dengan harga yang cukup murah meriah yaitu Rp. 3.000 per satuannya, kamu sudah bisa mencoba comro khas gang aut, Surya Kencana ini. Kesan pertama yang kamu rasakan ketika merasakan comro ini pasti crunchy di luar, dan lembut di dalam. Selain comro, di tempat ini juga kamu bisa menyantap olahan singkong lain yaitu misro.

 

8. Seupan Talas

Kota Bogor terkenal dengan talasnya. Salah satu jajanan dengan olahan talas terkenal di Bogor adalah Seupan Talas. Talas yang di ‘seupan’ atau kukus ini disajikan dengan sisiran gula merah ini nikmat disajikan dengan parutan kelapa. Talas yang dihidangkan pun lembut, legit dan bebas pengawet ini bisa bikin kamu ketagihan.

 

9. Soto Kuning Pak Yusup

Seperti halnya daerah lain, Bogor tak ketinggalan untuk punya soto yang punya cita rasa khasnya sendiri. Masih di Surya Kencana, kamu harus mencoba Soto Kuning Pak Yusup yang bisa ditemui mulai sore hari. Kamu bakal merasakan rempah dan santan gurih yang ada di kuah soto ini. Hidangan ini disajikan dengan kuah santan kuningnya serta taburan irisan tomat, daun seledri, bawang goreng. Isian utama soto ini yaitu potongan daging sapi, paru, usus, babat, serta jeroan lainnya.

 

10. Bakso Kikil Pak Jaka

Hanya dengan gerobak sederhana, kamu tidak akan menyangka kalau bakso yang satu ini selalu ramai pembeli. Kamu hanya akan menjumpai lapak sederhana tanpa ada meja, dihiasi oleh gerobak dan bangku saja. Tapi jangan salah! Kamu akan merasakan nikmatnya bakso daging sapi racikan sendiri dengan kuah bening khas Sunda yang dilengkapi dengan empuknya potongan kikil. Worth to try!

 

Itu dia 10 rekomendasi kuliner street food legendaris di jalan Suryakencana Bogor. Sudah berencana ingin ke Bogor? Kalau iya, jangan sampai kelewatan mencoba jajanan ini ya!

Loading...