10 Keistimewaan Perkembangan Janin 8 Minggu

By |2018-11-08T01:32:55+00:00January 27th, 2017|Family, Health|

Source: KathrinPie

Perkembangan dan pertumbuhan janin dalam rahim Ibu yang sudah memasuki minggu ke-8 menang berjalan dengan pesat dari waktu ke waktu. Proses pertumbuhan dari janin yang baru berupa embrio berukuran kecil hingga menyerupai biji kacang tanah yang berukuran 1,6 cm. Pertumbuhan beberapa organ vital pada janin 8 bulan memang sudah hampir sempurna, beberapa diantaranya juga sudah mulai berfungsi dengan baik seperti organ jantung, otak, dan paru-paru pada janin. Saat masa kehamilan mencapai minggu ke-8, embrio dalam rahim Ibu sudah pantas disebut sebagai janin. Berikut adalah beberapa keistimewaan pertumbuhan pada janin 8 minggu:

1. Plasenta Mulai Berkembang

Source: sbtlneet

Loading...

Plasenta mulai terhubung dengan janin ketika memasuki usia kehamilan pada minggu ke-7 dan pada minggu ke-8 ini, plasenta sudah mulai tumbuh dan berkembang. Seperti yang kita tahu plasenta berfungsi sebagai kakak bagi janin dalam kandungan, plasenta juga berperan untuk selalu melindungi janin dari berbagai zat yang berbahaya. Pada janin 8 minggu plasenta mulai berkembang dan mulai membentuk struktur yang bernama korionik vili yang membantu melekatkan plasenta ke dinding rahim anda.

2. Wajah Mulai Terbentuk Sempurna

Source: 947051

Bagian wajah yang pada minggu-minggu sebelumnya belum begitu sempurna, setelah memasuki masa kehamilan pada minggu ke 8 wajah janin mulai menunjukkan kesempurnaannya. Beberapa organ pada wajah seperti mata, hidung dan telinga sudah terlihat lebih jelas. Bagian kepala janin juga sudah membentuk bulat dan bisa terlihat dengan jelas bagian dahi yang seperti tertarik menyerupai dahi pada manusia. Lekukan pada bagian hidung juga sudah sangat jelas terlihat, ini membuktikan masa kehamilan 2 bulan sudah sangat menunjukkan tumbuh kembang janin yang begitu cepat.

3. Ekor Embrio Mulai Menghilang

https://twitter.com/KimKardd/status/824608653952954368

Jika pada masa kehamilan minggi ke-6 janin/embrio masih menyerupai berudu yang berekor, namun pada masa janin 8 minggu bagian ekor ini akan mulai menghilang. Bagian ekor ini sebenarnya adalah cikal bakal tulang belakang bayi nantinya. Menghilangnya bagian ekor menandakan bahwa janin mengalami tumbuh kembang yang sempurna karena hal itu menandakan bahwa organ dan bagian tubuh yang lainnya akan terus berkembang dengan baik.

4. Kaki Janin Semakin Memanjang

Seiring bertambahnya minggu-minggu masa kehamilan anda, janin dalam rahim anda akan mengalami pertumbuhan tinggi. Hal yang paling terlihat adalah bagian kaki pada janin yang terus memanjang sehingga meningkatkan berat dan juga tinggi pada janin. Selain itu beberapa tulang rawan pada janin mulai tumbuh dan berkembang dangan baik. Dukunglah tumbuh kembang tulang pada janin anda dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium.

5. Mulai Terjadi Pergerakan Pada Janin

Source: Profile

Pergerakan yang menandakan perkembangan dan pertumbuhan pada janin akan terjadi pada masa kehamilan minggu ke-8. Pergerakan janin 8 minggu dalam rahim anda bahkan bisa terjadi hingga 60 kali per jam. Tetapi pergerakan ini belum bisa dirasakan oleh anda, Ibu belum bisa merasakan pergerakan janin karena pergerakannya masih belum stabil dan sangat perlahan. Janin 8 minggu juga masih terlalu lemah sehingga pergerakan yang terjadi pada janin belum bisa dirasakan oleh Ibu.

6. Lutut pada Janin Mulai Tumbuh

Source: nguyentungson

Selain bagian kaki yang mengalami pemanjangan secara signifikan, lutut janin 8 minggu juga mulai tumbuh dan membesar. Lutut inilah yang nantinya menjadi alat gerak yang sangat berguna saat ia tumbuh besar. Selain itu siku di lengan dan pergelangan tangan janin sudah mulai bisa dilenturkan, terkadang janin juga melakukan pergerakan untuk melenturkan pergelangan tangan, siku dan lututnya secara perlahan. Menakjubkan bukan? Tidak lama lagi janin dalam rahim anda akan menjadi sangat aktif.

7. Sel-sel Syaraf dalam Otak Mulai Aktif

Source: nguyentungson

Sel-sel syaraf dalam tubuh janin 8 minggu mulai berfungsi secara perlahan. Namun dalam otak sel-sel syaraf mulai bercabang dan saling terhubung satu sama lain sehingga mulai membentuk jalur syaraf primitif. Walaupun jalur syarafnya masih sangat sederhana, namun beberapa kerja otak mulai berfungsi seperti menggerakkan organ tubuh dan juga organ vital pada janin seperti paru-paru dan jantung. Seiring bertambahnya umur janin, syaraf akan saling berhubungan menjadi semakin kompleks.

8. Perubahan Fisik pada Ibu Semakin Terlihat

Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan janin di setiap minggunya, membuat fisik anda juga berubah dengan terbilang cepat. Beberapa diantaranya adalah mulai terlihatnya perubahan perut Ibu dan perubahan berat badan pada Ibu. Perubahan berat badan akan meningkat sekitar 1,3-1,8 kg pada trisemester pertama kehamilan. Selain itu volume darah Ibu juga akan meningkat yaitu skitar 40-50 persen dari biasanya, hal ini berfungsi untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam rahim anda.

9. Perubahan Mood Ibu perlu Dikontrol

Perubahan mood pada Ibu saat masa kemamilan di trisemester awal memang bisa membuat anda frustasi. Namun sadarilah bahwa mood anda bisa anda kontrol dengan kesadaran diri anda. Emosi yang terlalu meluap-luap atau terpendam akan berdampak buruk pada tumbuh kembang janin anda dalam kandungan. Untuk itu usahakan melakukan sesuatu yang bisa mengalihkan amarah anda dengan mekakukan apa yang anda suka seperti berjalan-jalan di taman atau menonton film kesukaan anda.

10. Asupan Makanan Bergizi untuk Janin

Pertumbuhan dan perkembangan janin 8 minggu perlu didukung dengan asupan makanan yang bergizi dari makanan Ibu. Sejak awal minggu kehamilan anda perlu memperhatikan asupan makanan anda, makanlah makanan yang bergizi bukan makanan yang anda mau. Hindari memakan makanan pedas dan terlalu asam karena apa yang anda kosumsi bisa menyerap pada janin yang sedang berkembang. Dikhawatirkan bahwa janin anda akan terganggu pertumbuhannya jika anda tidak menjaga makanan anda dengan baik.

Masa kehamilan yang memasuki minggu ke-8 memang menunjukkan pertumbuhan yang pesat pada janin. Beberapa organ tubuh dan organ vital mulai tumbuh dan bekerja dengan baik untuk menyongsong pertumbuhan organ lainnya. Mengingat pertumbuhan janin 8 minggu yang begitu pesat, Ibu harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang untuk mendukung perkembangan janin dalam rahim. Semoga artikel tentang keistimewaan pertumbuhan janin 8 minggu ini bisa bermanfaat bagi anda.

Loading...