10 Kebiasaan Unik Orang Bali Yang Bikin Turis Terheran-heran

By |2018-11-08T05:32:00+00:00March 17th, 2017|Lifestyle, Trip and Travel|Comments Off on 10 Kebiasaan Unik Orang Bali Yang Bikin Turis Terheran-heran

Source: Evaychen

Bali, pulau yang satu ini tidak hanya punya banyak destinasi wisata yang menarik tetpai juga adat dan kebiasaan yang kental. Jika kamu mengunjungi Bali mungkin kamu tidak akan menyadari bahwa sebenarnya masyarakat Bali punya beberapa kebiasaan unik yang jarang ditemukan didaerah lainnya terutama di Indonesia. Mau tahu apa saja keunikan dari kebiasaan masyarakat Bali tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Ritual Kesurupan Masal

Source: Siranus

Kesurupan masal memang kadang terjadi tapi di Bali, kesurupan masal biasanya terjadi karena suatu ritual yang dilakukan pada delapan hari setelah perayaan kuningan atau yang dikenal dengan istilah ritual pengrebonan. Ritual ini biasanya diadakan disuatu pura yang cukup terkenal di Bali yakni Pura Petilan Kasiman. Wah, seram juga ya kalau tiba-tiba banyak yang kesurupan.

2. Pemakaman Trunyan

Source: Yusuf Ijselldik

Loading...

Tidak hanya ritual kesurupan saja yang bakal bikin merinding, masyarakat Bali terutama yang tinggal dekat desa Trunyan, Kintamani juga punya kebiasaan yang tak kalah unik. Mereka tidak menguburkan atau mengkremasi mayat atau jenazah orang yang meninggal melainkan meletakkan didekat sebuah pohon yang memiliki aroma yang sangat harum dan disebut sebagai pohon Taru Menyan. Meski banyak mayat yang berada disekitar pohon, mayat-mayat tersebut tidak bau karena pohon Taru Menyan menetralisir bau tersebut. Kira-kira kamu berani melihatnya tidak?

3. Murah Senyum

Source: Kolibri5

Orang mana saja sih bisa murah senyum tapi masyarakat di Bali benar-benar kelewat ramah dan sangat murah senyum. Tidak hanya itu mereka juga mudah akrab apalagi pada turis asing yang datang berkunjung. Mereka juga akan dengan senang hati meolong para turis yang mencari jalan dan biasanya menawarkan diri menjadi guide. Seru juga ya!

4. Sepi Saat Nyepi

Source: Wikimedia

Namanya juga nyepi ya Guys pasti suasananya sepi, tapi kebiasaan merayakan hari raya Nyepi bagi umat Hindu di Bali ini mungkin akan membuat turis heran karena saat nyepi semuanya benar-benar sepi bahkan jalanan pun berhenti beraktifitas. Masyarakat atau kaum Hindu di Bali tidak keluar rumah saat hari raya Nyepi sehingga kamu tidak akan menemui banyak orang yang lalu lalang dihari tersebut. Bagaimana ya rasanya tinggal di Bali pas nyepi?

5. Ritual Keagamaan Setiap Hari

Source: Duke Ash

Satu hal yang membuat kita salut pada masyarakat Bali adalah kebiasaan mereka dalam beribadah dan melakukan ritual. Hampir setiap hari ada saja umat yang melakukan ritual baik dirumah atau di pura. Tempat ibadah seperti pura juga selalu ramai pengunjung terutama dipagi hari. Coba saja saat pagi tiba, jalan-jalanlah diarea pedesaan dan kamu akan menjumpai pria dan wanita Bali yang membawa baki sesajen lengkap untuk ritual keagamaan.

6. Takut Tidur

Source: Mak1950

Orang Bali punya kebiasaan tidur unik yang sudah terkenal dimancanegara lho bahkan hingga dimuat dikoran maupun harian luar seperti majalah Times dan The Huffington Post. Konon masyarakat Bali punya kebiasaan “Takut Tidur” atau yang disebut dalam istilah Poeles Todoist. Bukannya mereka takut tidur ya, istilah ini sebenarnya lebih mengarah pada mereka yang tiba-tiba tertidur pulas untuk menghilangkan stress atau rasa takut. Entah bagaimana cara mereka melakukannya tapi kebiasaan ini memang unik dan tidak bisa ditemukan ditempat lain.

7. Punya Nama Yang Sama

Source: Monika Volpin

Jika kamu berada di Bali kamu akan menemukan banyak orang dengan nama yang sama terutama Made, Ketut, Nyoman atau Wayan. Orang Bali memang memiliki kebiasaan unik saat menamai anaknya yakni wayan untuk anak pertama, made untuk anak kedua, Nyoman anak ketiga dan Ketut untuk anak keempat. Nama-nama tersebut tentunya hanya berlaku untuk para pria ya, Guys!

8. Upacara Potong Gigi

Source: Wikimedia

Pernah dengar tradisi orang Bali memotong atau mengikir gigi taring? Kebiasaan unik ini juga biasa dilakukan oleh masyarakat Bali terutama umat Hindu dengan maksud dan filosofi untuk menghilangkan sifat buas dari diri seseorang. Upacara kikir atau potong gigi di Bali biasanya lebih dikenal dengan sebutan Mepandes atau Matatah. Tidak sembarang orang yang dipotong giginya lho, hanya remaja yang menginjak dewasa saja yang melakukan ritul potong gigi ini.

9. Menyukai Seni

Source: Envasa

Hampir disetiap sudut pulau Bali kamu bisa menjumpai berbagai ornament hiasan ala masyarakat Bali dan patung-patung atau lukisan bernilai seni tinggi. Tak heran karena masyarakat Bali emmang punya kebiasaan unik menyukai seni terutama kesenian tradisional dan seni tersebut mereka aplikasikan juga dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai pahelatan seni seperti tarian juga akan dengan mudah kita temukan diberbagai penjuru pulau dewata ini.

10. Rumah Jadi Penginapan

Source: Maria Michelle

Bagi masyarakat Bali, setiap tamu atau turis yang datang adalah raja dan mereka selalu berusaha untuk bersikap ramah dan membantu bila mereka mengalami kesulitan misalnya saja saat mencari penginapan. Apabila turis tidak mendapatkan penginapan untuk bermalam di Bali, mereka bisa mengetuk pintu rumah warga dan mereka akan dengan senang hati menerima turis tersebut dan memberikannya kamar untuk menginap meskipun mereka orang asing. Bagaimana, kebiasaan tersebut unik bukan? Bali memang tak ada habisnya dan kamu pastinya tidak bosan mengunjungi pulau yang satu ini kan? “Keep the culture and respect them”

Loading...