10 Jenis Minuman Keras Yang Sering Dikonsumsi Dan Perlu Kamu Ketahui

By |2018-11-08T03:39:26+00:00February 26th, 2017|Lifestyle|

Source: Christian Birkholz

Minuman keras atau minuman beralkohol kerap menjadi minuman yang hadir dalam pesta atau perayaan tertentu dalam masyarakat terutama di negara-negara barat atau negara yang melegalkan minuman keras. Tidak hanya itu, minuman alkohol yang sering dikonsumsi untuk memberikan rasa hangat dalam tubuh juga dikonsumsi untuk menghilangkan stress atau kepenatan karena memang alkohol punya efek yang bisa menghilangkan kesadaran seseorang. Untuk menambah pengetahuanmu tentang minuman beralkohol, simak jenis-jenis minuman beralkohol yang sering dikonsumsi berikut ini.

1. Beer

Source: Stevepb

Beer adalah minuman beralkohol yang terbuat dari hasil fermentasi biji-bijian seperti barley, sorgum, gandum, beras, jagung dan lain sebagainya. Proses pembutan beer harus melalui fermentasi yang dikenal dengan istilah “brewing” dan kadar alkohol yang terkandung dalam beer setelah jadi adalah 4 hingga 6%. Beer juga memiliki banyak varian dan namanya tentu disesuaikan dengan nama negara dimana ia dibuat.

2. Wine

Source: Donations Are Appreciated

Wine atau anggur adalah jenis mjinuman beralkohol lainnya yang kerap dikonsumsi ketika berpesta. Wine sendiri kadang merupakan symbol kemewahan dan berdasarkan penelitian ilmiah, mengkonsumsi wine atau anggur dalam takaran tertentu secara rutin bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Wine terbuat dari buah anggur yang dihancurkan kemudian difermentasikan dengan menggunakan  bantuan ragi Saccharomyces cerevesiae. Proses fermentasi anggur bisa berlangsung selama beberapa minggu hingga berbulan-bulan. Kandungan alkohol dalam wine sekitar 8 hingga 14%.

3. Vodka

Source: Hans

Vodka adalah salah satu jenis minuman beralkohol yang paling terkenal. Vodka sebenarnya telah lamadikenal dan bahkan telah diproduksi sejak abad pertengahan khususnya di negara-negara Eropa seperti Prancis dan Polandia. Vodka terdiri dari air dan alkohol dan dibuat dari hasil fermentasi serealia atau kentang. Saat ini vodka banyak diproduksi di pabrik modern dan dikemas dengan berbagai tambahan rasa.

4. Cider

Source: Nike159

Hampir sama dengan wine, cider yang juga dikenal dengan sebutan Apple Wine adalah suatu jenis minuman beralkohol yang terbuat dari buah apel yang difermentasikan. Buah apel dihancurkan kemudian diambil jus atau sarinya baru kemudian difermentasikan dengan ragi dan kadar alkohol yang dihasilkan juga cukup tinggi sekitar 13%.

5. Rum

Source: Public Domain Pictures

Rum adalah sejenis minuman beralkohol terdestilasi yang terbuat dari sari tebu atau molases yang difermentasikan. Rum biasanya dikemas dalam botol dan dipasarkan dinegara-negara Eropa dan Amerika dan mengandung sekitar 37,5% alkohol.

6. Brandy

Source: Stevepb

Brandy, tipe minuman keras jenis destilasi atau hasil penyulinganini banyak dikonsumsi dan memiliki warna coklat karamel. Minuman ini biasnaya dibuat dari hasil penyulingan wine atau anggur dan biasanya kandungan alkoholnya berkisar antara 35-60%. Brandy biasa dikonsumsi sebagai minuman setelah makan malam.

7. Tequila

Source: Paroca71

Tequila adalah sejenis minuman keras khas kota Tequila, Meksiko yang terbuat dari tanaman blue agave atau Agave tequilana dengan bantuan fermentasi mikroba. Warna tequila bisa bervariasi dari putih hingga karamel kecoklatan dan kadar alkohol yang dikandungnya sekitar 35%. Minuman yang telah ada sejak abad ke 16 ini memiliki banyak varian seperti Bianco, Juven, Reposado dan lain sebagainya.

8. Whiskey

Source: Bessi

Whiskey juga merupakan jenis minuman keras hasil penyulingan yang banyak dikenal dan dikonsumsi masyarakat. Minuman whiskey juga terbuat dari hasil fermentasi biji-bijian yang kemudian disuling dan dikemas. Uniknya, hasil fermentasi whiskey dibuat dan disimpan dalam sebuah gentong atau tong kayu yang terbuat dari pohon oak putih. Kandungan alkohol dalam whiskey cukup tinggi yakni sekitar 40%.

9. Moonshine

Source: Teiko321

Mungkin kita belum terlalu familiar dengan istilah moonshine tapi istilah minuman keras yang satu ini adalah jenis minuman keras tradisional yang diproduksi diseluruh dunia dengan karakter yang berbeda-beda. Misalnya saja arak dari Indonesia atau sake yang terkenal dari negara Jepang. Kadar alkohol yang dikandung moonshine juga cukup tinggi yakni sekitar 35 hingga 40%.

10. Alcopops

Source: Pexels

Berbeda dengan jenis minuman keras lainnya, alcopops bukan minuman keras murni yang hanya terdiri dari air dan alkohol melainkan campuran alkohol dengan minuman ringan seperti soft drink atau jus buah. Karena hanya mengandung campuran, alcopops hanya mengandung sekitar 4 hingga 5% alkohol didalamnya.

Nah, itulah beberapa jenis minuman keras atau minuman beralkohol yang bisa kamu ketahui. Jika kamu adalah orang yang gemar mengkonsumsi minuman keras, ada baiknya mengkonsumsi minuman tersebut dengan bijak dan tidak berlebihan. “Drink well and keep healthy”.