10 Jenis Latihan Kebugaran Jasmani yang Bisa Kamu Coba

By |2018-11-08T05:01:41+00:00March 15th, 2017|Uncategorized|


Source: trysh

Untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat kamu perlu meningkatkan kebugaran jasmanimu dengan cara olahraga. Seperti yang kita tahu bahwa olahraga sangat baik bagi kesehatan jasmani seseorang, selain membakar lemak olahraga juga mampu membuat tubuh kita bugar dan tetap sehat. Terdapat beberapa latihan kebugaran jasmani yang akan meningkatkan kebugaranmu dalam spesifik olahraga tertentu. Tentunya kamu harus menyesuaikan dengan jenis kebugaran jasmani apa yang ingin kamu miliki, apakah dalam hal kekuatan, kecepatan, atau ketahanan. Berikut adalah beberapa latihan kebugaran jasmani yang bisa kamu coba:

1. Kekuatan


Source: Pexels

Kekuatan dalam setiap olahraga tentunya sangat penting untuk melatih kekuatan tubuh kita. Kekuatan adalah kontraksi otot yang dicapai dalam sekali usaha maksimal. Dengan mengetahui seberapa besar ketahanan dan kekuatan kita, kita bisa dengan mudah menentukan seberapa besar kekuatan otot kita untuk mengatasi suatu ketahanan. Beberapa latihan kebugaran jasmani yang bisa kamu lakukan untuk melatih kekuatanmu adalah push up, sit up, beck up, dan masih banyak lagi.

2. Kecepatan


Source: ThomasWolter

Selain kekuatan latihan kebugaran jasmani yang bisa kamu pilih adalah kecepatan. Kecepatan sendiri memiliki arti berpindah tempat ke tempat yang lain dalam waktu yang sesingkat singkatnya. Kecepatan tentunya dibutuhkan bagi kamu yang sedang menekuni kejuaran lari jarak pendek dan juga dalam bermain sepak bola atau bola basket. Kecepatan juga sangat baik untuk meningkatkan stamina dan juga ketahananmu yang dilihat dari seberapa cepat kamu dalam berlari dengan jarak tertentu.

3. Daya Tahan


Source: skeeze

Latihan kebugaran jasmani yang sangat penting lainnya adalah latihan daya tahan. Pengertian latihan daya tahan sendiri adalah kemampuan seseorang melaksanakan gerak dengan seluruh tubuhnya dalam waktu yang cukup lama. Dalam daya tahan kemampuan otot untuk melakukan kerja terus menerus adalah acuannya, tujuan dari latihan daya tahan ini adalah untuk dapat mengatasi kelelahan otot. Latihan kebugaran jasmani ini akan membuatmu terbiasa dengan latihan yang mempunyai gerakan menoton dalam waktu yang lama.

4. Kelenturan


Source: HannahWells

Kelenturan dalam latihan kebugaran jasmani juga sangat diperlukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani seseorang. Dalam melakukan latihan kelenturan ini, kamu bisa melakukan beberapa olahraga yang berhubungan dengan perenggangan yang biasanya dilakukan dalam olahraga pemanasan. Jangan anggap remeh latihan kelenturan ini, latihan ini bisa sangat bermanfaat bagi kamu untuk menghindari kamu dari berbagai cedera tulang saat berolahraga. Karena sejatinya tulang dan otot-otot tubuh perlu melakukan latihan kelenturan agar tidak kaget saat dihadapkan pada latihan kebugaran yang berat lainnya.

5. Keseimbangan


Source: Unsplash

Latihan keseimbangan juga tidak kalah penting dengan latihan kebugaran jasmani lainnya. Keseimbangan sangat penting dalam olahraga apapun yang berhubungan dengan kebugaran jasmani. Latihan ini bisa dilakukan dengan melakukan sikap berdiri dengan satu tumpuan kaki agar keseimbanganmu semakin terlatih. Lakukan latihan ini secara rutin dan kamu akan merasakan manfaatnya bukan hanya dalam hal keseimbangan jasmani tetapi juga melatih untuk meningkatkan konsentrasi kita terhadap sesuatu.

6. Kecepatan Reaksi


Source: keijj44

Mungkin kamu jarang mendengar latihan kebugaran jasmani yang satu ini, padahal latihan kecepatan reaksi sering digunakan dalam berbagai latihan olahraga profesional salah satunya latihan untuk para pemain sepak bola. Kamu bisa melakukan latihan ini dengan cara melakukan suatu gerakan cepat setelah mendengarkan instruksi dari sebuah peluit yang dibunyikan oleh pembimbingmu. Latihan ini akan melatih kecepatan kamu dalam merespon suatu instruksi dengan cepat dan sigap.

7. Ketepatan

Salah satu latihan kebugaran jasmani ini sangat erat hubungannya dengan ketepatan mengenai suatu target. Olahraga yang menerapkan latihan ini seperti olahraga memanah atau olahraga menembak. Konsetrasi dan keseimbangan adalah hal penting dalam hal ini, kamu bisa meningkatkan kebugaran jasmani dan melatih konsentrasimu dari latihan ketepatan ini. Ini akan sangat bermanfaat bagi kamu untuk dengan cepat membuat keputusan membidik setelah kamu berkonsentrasi pada satu titik yang harus kamu bidik.

8. Daya Ledak

Latihan ini termasuk pada salah satu latihan kebugaran jasmani lainnya yaitu latihan daya tahan. Kamu harus melakukan gerakan dengan cepat dan tepat secara bergantian. Cara melalukan latihan ini cukup mudah kamu hanya perlu berlari menggunakan kaki yang bergantian, kamu juga harus memprediksikan keseimbangan tubuh kamu sehingga tidak terjatuh. Pergantian pijakan satu kaki ini yang disebut untuk melatih daya ledakmu dan untuk mengetahui seberapa besar daya tahan tubuhmu.

9. Kelincahan

Apakah kamu sering melihat para pemain sepak bola berlatih? Mereka selalu mengandalkan latihan kelincahan agar lincah saat memainkan bola di pertandingan dan mampu mencetak gol untuk timnya. Salah satu latihan kelincahan yang sering diterakan adalah berlari dalam bentuk zig zag dalam waktu yang singkat. Tentunya untuk melakukan hal ini kamu harus mengandalkan keseimbangan dan juga kecepatanmu. Ini akan berguna bagi kamu untuk melatih konsentrasi dan keseimbanganmu.

10. Koordinasi

Latihan ini juga sering dilakukan dalam latihan pemanasan sebelum kita memulai olahraga berat. Latihan koordinasi ini ternyata sangat berperan penting untuk melatih tubuh kita menjalankan fungsinya masing-masing. Melakukan suatu gerakan yang dimulai dari atas hingga kebawah tubuh dan kembali dengan waktu yang tepat pada posisi semula. Kamu juga bisa melakukan beberapa gerakan koordinasi sebagai olahraga ringanmu setiap hari di rumah.

Itulah beberapa jenis latihan kebugaran jasmani yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kebugaran jasmanimu. Latihan kebugaran jasmani tersebut akan sangat bermanfaat bagi kamu untuk membuat tubuhmu selalu bugar dan sehat. Latihan tersebut diadaptasi dari beberapa latihan kebugaran yang sering digunakan oleh para atlet olaraga profesional dalam setiap latihan mereka. Selamat mencoba!