10 Hewan Buas Yang Hanya Kamu Temukan di Indonesia

By |2018-11-08T22:33:16+00:00March 28th, 2017|Trip and Travel|


Source: Sponchia

Indonesia memiliki Hewan Buas yang unik dan tentunya hidup di alam liar. Keadaan wilayah Indonesia yang banyak memiliki hutan, menjadi tempat yang nyaman untuk berlindung bagi hewan –hewan buas ini. beberapa dari mereka ada juga yang dilindungi pemerintah, karena spesies mereka yang mulai berkurang. Kehidupan hewan buas ini begitu liar dan hanya bisa kamu temukan di Indonesia. Sebagian besar merupakan hewan buas yang tinggal di darat dan sekitar hutan. Hewan buas ini memang tidak bisa sembarangan berinteraksi langsung dengan manusia, karena dikhawatirkan akan mengancam keselamatan mereka.

Berikut ini telah dirangkum 10 Hewan Buas Yang Hanya Kamu Temukan di Indonesia :

Loading...

1. Harimau Sumatera


Source: Pexels

Tidak hanya di Indonesia, di beberapa Negara lain hewan buas yang dipanggil Harimau ini memang merupakan salah satu predator yang paling ditakuti. Jika melihat dari corak warna yang dimilikinya, hewan buas ini memang memiliki keindahan tersendiri. Jenis harimau ini juga bermacam-macam, namun yang akan kamu temukan di Indonesia adalah Harimau Sumatera. Disebut harimau sumatera karena memang hewan buas ini menempati pulau sumatera. Menurut Walkthroughindia.com hingga saat ini hanya ada 441 Harimau Sumatera yang masih tersisa di alam liar.  Ada banyak faktor yang membuat speciesnya terus berkurang, salah satunya adalah perburuan liar.

2. Komodo Naga


Source: annieclairejane

Komodo juga salah satu hewan buas unik yang hanya kamu temukan di Indonesia. Hewan yang tampak seperti kadal raksasa ini merupakan hewan buas yang dilindungi, bahkan menjadi ikon wisata salah satu pulau di Indonesia yang bernama Pulau Komodo. Sama seperti Harimau, Komodo adalah hewan Karnivora dan Predator puncak dari ekosistem dimana mereka tinggal. Hewan buas yang memiliki nama latin Varanus Komodoensis ini memiliki berat 79- 91 Kg untuk jenis jantan dewasa, dan 68 – 73 Kg untuk jenis betina dewasa. Sementara panjangnya, untuk jantan mencapai 2.6 meter dan betina 2.3 meter. Jika kamu ingin melihat seperti apa komodo itu, kamu bisa mengunjungi Pulau Komodo di Indonesia.

3. Anoa


Source: Wes Bryant

Hewan buas berikutnya adalah Anoa yang merupakan hewan asli Indonesia. Spesies  hewan ini biasanya hidup di sekitar hutan hujan terganggu Sulawesi dan di sekitar Pulau Buton. Terdapat dua spesies Anoa ini, yaitu Anoa Gunung dan juga Anoa dataran rendah. Perbedaanya adalah jenis tanduk yang dimiliki serta warna kulitnya. Jenis hewan buas yang biasa disebut Kerbau Kerdil ini juga terancam punah. Tidak banyak jenis Anoa yang saat ini ada di Indonesia. Sebenarnya, Anoa adalah jenis hewan Herbivora yang tidak memakan daging seperti layaknya predator lain, namun untuk bertahan diri dari serangan musuhnya, tanduk yang dimiliki Anoa ini cukup berbahaya dan mematikan.

4. Ikan Hiu Putih


Source: Annunako

Ikan Hiu adalah salah satu jenis hewan buas yang merupakan seekor predator di laut. Ikan Hiu seringkali dibuat dalam bentuk film sebagai hewan buas yang sangat ditakuti. Bentuk giginya yang runcing adalah salah satu hal yang ditakuti mangsanya. Di Indonesia sendiri, kamu bisa menemukan jenis Ikan Hiu putih yang biasanya menjadi hiburan yang unik untuk mengisi liburan. kamu bisa mengunjungi Pulau Serangen di Bali, disana kamu akan ditawari cara yang aman untuk berinteraksi dengan jenis ikan Hiu yang masih muda. Ikan Hiu putih ini makananya daging. Walaupun termasuk hewan buas yang mematikan sepertinya Ikan Hiu masih diminati sebagai Wisata Air yang unik dan hanya bisa kamu temukan di Indoensia.

5. Sunda Clouded Leopard


Source: Pexels

Hewan buas ini adalah jenis macan hutan yang habitatnya banyak ditemukan di sekitar pulau Kalimantan. Kucing liar ini juga ditemukan di sebagian pulau sumatera. Macan yang sering disebut Macan Kalimantan ini termasuk salah satu hewan buas unik yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Macan ini adalah kucing raksasa yang memiliki berat 12 -25 Kg dan panjang sekitar 90 cm. memiliki gigi taring sepanjang 2 Inchi. Hewan buas ini memiliki corak kulit yang cantik, berupa totol- totol yang katanya menyerupai bentuk awan. Tidak heran dalam versi bahasa inggris, hewan buas ini diberi nama Sunda Clouded Leopard. Mereka termasuk hewan yang tidak suka berkelompok.

6. Buaya Senyulong


Source: PublicDomainPictures

Buaya adalah salah satu hewan buas yang ditakuti hampir di seluruh dunia. Sama seperti Ikan Hiu, Buaya juga sering diangkat ke Film, yang digambarkan sebagai hewan buas pemangsa segala, termasuk predator bagi manusia. Salah satu jenis buaya unik dan cukup berbahaya yang hanya ada di Indonesia adalah Buaya Senyulong. Perbedaan Buaya Senyulong dengan jenis buaya lainya, terletak pada moncongnya yang pipih penuhi Gigi Tajam. Populasi hewan buas ini paling banyak ditemukan di pulau Sumatera dan Kalimantan. Hewan ini termasuk Predator yang bisa memangsa jenis Ikan, serangga, hingga mamalia sekalipun. hewan ini cukup ditakuti.

7. Ular Anang King Cobra


Source: antriksh

Hewan buas berikutnya adalah Ular Cobra. Ular cobra jenis King Cobra ini ternyata banyak ditemukan di Indonesia, terutama di wilayah Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bangka, Bali, Kepulauan Mentawai dan Kepulauan Riau. Hewan yang memiliki nama latin Ophiophagus Hannah ini memiliki ukuran sekitar 6 meter dan merupakan ular terbesar di dunia. Gigitan ular ini sangat mematikan dan cepat reaksinya. Ular ini adalah predator karena memangsa jenis ular lainya. Ular anang ini biasanya terdapat di sekitar area hutan, persawahan, lahan pertanian dan juga pemukiman hingga ketinggian 2.000 meter. Selain memangsa ular, cobra ini juga memangsa kadal dan biawak kecil.

8. Asian Forest Scorpion


Source: stevepb

Hewan buas yang datang dari jenis serangga mematikan ini adalah Asian Forest Scorpion. Hewan serangga yang banyak ditemukan di sekitar Asia Selatan dan Indonesia ini merupakan kalajengking yang agresif dan sering merasa terancam jika habitanya diusik. Selain memiliki sengatan yang beracun, Asian Forest Scorpion ini juga memiliki capit yang besar untuk membuat musuhnya berdarah juga terkena racun.  Jenis kalajengking ini memiliki ukuran 10-12 cm. walaupun berukuran kecil, keberadaanya cukup mengancam kehidupan hewan lain dan juga manusia. Hewan ini juga sering menyerang tanpa kita tahu darimana datangnya, karena kalajengking ini selalu merasa terusik dan ingin menyerang siapa saja yang ada di depanya.

9. Burung Elang Jawa


Source: the3cats

Burung elang jawa atau biasa disebut Javan Hawk Eagle adalah salah satu hewan karnivor dari kelas Unggas yang cukup ditakuti oleh para mangsanya. Burung ini termasuk dalam kerabat species elang yang ada di seluruh dunia. Burung yang disebut sebagai burung garuda ini banyak ditemukan di Indonesia dan hidup di alam liar. Memiliki ukuran tubuh mencapai 60 cm, dan memiliki ciri khas berupa jambul yang menjulang ke atas dan berwarna hitam.  Habitat asli elang ini adalah Pulau Jawa dan juga termasuk hewan yang dilindungi. Burung ini biasa memangsa hewan lain seperti musang, tikus, ayam hutan dan kadal. Tatapanya yang tajam saat akan memangsa hewan lain, menjadikan hewan terbang ini cukup ditakuti.

10. Beruang Madu


Source: skeeze

Beruang adalah salah satu hewan yang populer di Indonesia. Kisah beruang banyak dibahas dalam bentuk film maupun cerita komik. Dalam film, hewan beruang ini terlihat lucu, namun beruang termasuk hewan buas. Salah satu beruang yang ada di Indonesia adalah Beruang Madu. Habitatnya banyak ditemukan di hutan pulau sumatera, Kalimantan, yang merupakan jenis hutan lindung . beruang ini berukuran tinggi 70 cm dan beratnya 50 – 65 Kg. bagian tubuhnya ditutupi bulu yang berwarna hitam. Hewan ini termasuk Omnivora, karena selain makan madu, dia juga memakan hewan lain seperti burung, ayam, kadal, rayap juga memakan buah-buahan.

Indonesia adalah negara tropis yang cocok dijadikan habita tempat tinggal, termasuk untuk habitat hewan-hewan buas ini. sebagian besar dari hewan buas tersebut sangat dilindungi pemerintah Indonesia, karena dikhawatirkan akan mengalami kepunahan jika tidak dilindungi. kejahatan manusia seperti perburuan liar bahkan pembunuhan adalah faktor penyebab berkurangnya species hewan buas ini. sebagian besar habitanya juga terdapat di hutan liar, sehingga tidak terlalu mengganggu kehidupan manusia. 10 Hewan Buas Yang Hanya Kamu Temukan di Indonesia ini adalah keanekaragaman hayati khas Indonesia.

Loading...