10 Hal yang Perlu Anda Ketahui pada Usia Kehamilan 7 Minggu

By |2018-11-07T04:41:55+00:00January 14th, 2017|Family, Health|

Source: dw-lifestylefotografie

Di usia kehamilan 7 minggu, janin akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Organ-organ bayi mulai terbentuk di periode ini. Calon ibu semakin merasakan perubahan fisik dengan berkembangnya ukuran janin. Berikut 10 hal penting untuk Anda ketahui tentang kehamilan 7 minggu.

1. Janin berukuran sebesar buah blueberry

Source: hellotimothytyndale

Loading...

Di usia kehamilan 7 minggu, janin akan memiliki panjang sekitar 1 hingga 1,4 cm atau berukuran sebesar buah blueberry. Di minggu ini otak bayi berkembang pesat, sehingga bagian kepala janin akan berukuran lebih besar dari tubuhnya. Bagian mata dan bagian dalam telinga bayi juga mengalami perkembangan pesat di minggu ini.

2. Organ-organ janin berkembang pesat

Source: Ed Uthman

Di minggu ke-7 kehamilan ini, organ-organ dalam janin akan mulai berkembang pesat. Jaringan tulang rawan dan jaringan saraf akan mulai terbentuk pada tubuh janin. Tangan dan kaki janin akan semakin memanjang. Janin akan memiliki perpanjangan tulang belakang yang menyerupai ekor kecil yang disebut coccyx, yang akan segera hilang dengan sendirinya.

3. Rahim Anda telah berkembang seukuran lemon


Source: karolyn83

Memasuki usia kehamilan 7 minggu, ukuran rahim ibu hamil akan berkembang hingga seukuran buah lemon. Ukuran rahim yang semakin membesar ini dapat mulai menekan kandung kemih sehingga menyebabkan ibu hamil menjadi lebih sering ingin buang air kecil. Perubahan fisik ini juga dapat membuat ibu hamil merasa lemas dan cepat lelah.

4. Aktif berolahraga untuk menjaga kondisi tubuh


Source: Barry Silver

Olahraga pada masa kehamilan sangat penting dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh. Olahraga juga dapat membantu ibu hamil untuk beristirahat lebih tenang dan mengurangi resiko depresi. Jenis olahraga yang dapat dilakukan ibu hamil diantaranya berjalan, yoga atau pilates khusus untuk ibu hamil, dan berenang. Pastikan untuk menghindari aktivitas berolahraga yang terlalu berat.

5. Hati-hati terhadap pembawa virus


Source: congerdesign

Ibu hamil sebaiknya menghindari sumber virus untuk mencegah tertular infeksi, misalnya tidak mendekati orang yang sedang sakit menular. Di periode kehamilan ini, Anda juga sebaiknya berhati-hati dengan hewan tertentu yang dapat membawa virus, misalnya kucing. Virus yang terdapat pada kotoran kucing dapat menyebabkan infeksi toxoplasma pada janin.

6. Hindari memakan daging dan telur mentah


Source: zooocoo

Hindari mengkonsumsi daging atau telur yang mentah atau setengah matang karena dapat berbahaya bagi janin. Hindari juga mengkonsumsi ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi, misalnya mackerel dan ikan hiu. Di periode kehamilan ini, saatnya Anda menghindari makanan sushi yang mengandung daging mentah. Ibu hamil juga sebaiknya berhati-hati dengan saus salad siap saji dari restoran, karena dapat mengandung telur mentah.

7. Waspadai kram perut


Source: blueprincess76

Waspadai jika Anda mengalami kram atau nyeri perut di periode kehamilan ini. Meskipun kram perut ringan adalah hal yang normal saat kehamilan, segera hubungi dokter Anda jika kram perut disertai dengan keluarnya bercak darah. Waspadai jika Anda mengalami kram perut yang hebat dan berulang-ulang. Kram perut yang hebat dapat menjadi gejala awal terjadinya keguguran.

8. Isi waktu luang dengan membaca

readingSource: CandiceP

Membaca buku dapat menjadi salah satu to do list Anda di periode kehamilan 7 minggu ini. Isi waktu santai Anda dengan membaca buku mengenai kehamilan atau membaca novel favorit Anda. Menyempatkan diri untuk membaca sebelum tidur dapat membuat istirahat Anda lebih tenang, sehingga dapat membantu Anda yang mengalami kesulitan tidur di masa kehamilan.

9. Hindari susu yang tidak terpasteurisasi


Source: Couleur

Pastikan Anda mengkonsumsi susu yang telah disterilkan atau telah mengalami proses pasteurisasi. Hindari mengkonsumsi susu yang tidak mengalami proses pasteurisasi, misalnya susu sapi segar yang belum melalui tahap pengolahan. Susu yang belum dipasteurisasi dapat mengandung bakteri yang dapat membahayakan janin. Pastikan keju yang Anda konsumsi juga terbuat dari susu yang telah dipasteurisasi.

10. Jika Anda belum memeriksakan kehamilan, sekaranglah saatnya!


Source: DarkoStojanovic

Meskipun informasi mengenai kehamilan dan perhitungan perkiraan hari kelahiran dapat dengan mudah Anda dapatkan dari Internet, sebaiknya di minggu ini Anda memulai konsultasi dengan dokter atau bidan. Dapatkan pengecekan USG agar Anda dapat melihat denyut jantung janin Anda. Buatlah daftar pertanyaan yang ingin tanyakan kepada dokter sebelum Anda periksa. Konsultasikan sejarah medis yang pernah Anda alami.

Perkembangan yang semakin menakjubkan akan menanti Anda dan bayi di minggu-minggu berikutnya dari kehamilan Anda. Menjaga kondisi tubuh dan kesehatan Anda dan janin merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan di periode ini. Pastikan nutrisi untuk janin tercukupi di periode yang sangat penting bagi pertumbuhan organ janin ini.

Loading...