10 Hal yang Perlu Anda Ketahui pada Kehamilan 4 Bulan

By |2018-11-05T22:00:06+00:00July 5th, 2018|Health|


Source: Sara Neff

Di bulan pertama dari trimester ke-2 kehamilan ini, banyak perubahan yang terjadi pada fisik ibu hamil. Janin juga akan berkembang pesat dan bahkan sudah mulai dapat bergerak dan meminum cairan ketuban.

1. Perkembangan janin


Source: Micah Sittig

Loading...

Di minggu pertama kehamilan 4 bulan, bayi Anda akan berukuran 13 cm dengan berat sekitar 140 gram. Di bulan ini bayi akan berkembang pesat, hingga pada akhir minggu  bulan keempat kehamilan, bayi akan berukuran sekitar 26 cm dengan berat sekitar 300 gram.

2. Bentuk wajah dan jenis kelamin bayi sudah dapat dikenali


Source: Sara Neff

Organ-organ detail janin termasuk bentuk wajah, jari-jari dan alat kelamin sudah semakin jelas terbentuk di usia kehamilan 4 bulan. Janin sudah mulai memiliki sidik jari, alis, dan bulu mata. Bentuk tubuhnya pun semakin proporsional di bulan keempat kehamilan ini.

3. Ibu hamil mulai dapat merasakan gerakan bayi


Source: Lindsey Turner

Pada usia kehamilan 4 bulan, ibu hamil sudah mulai dapat merasakan bayinya bergerak. Janin sudah mulai dapat mengepalkan tangan, membuka dan menutup mulut, dan bahkan melakukan gerakan mengisap jempol.

4. Mulai terbentuk garis kehitaman pada perut ibu hamil


Source: @joefoodie

Perut ibu hamil akan semakin membesar di usia kehamilan 4 bulan. Akibatnya, kulit perut akan semakin meregang, dan dapat timbul garis kehitaman di perut bawah Anda. Garis ini akan semakin jelas terlihat seiring dengan membesarnya perut.

5. Saatnya beralih ke flat shoes


Source: joan!ta

Bagi Anda yang sering memakai high heels, kini saatnya untuk beralih ke flat shoes atau sandal yang datar. Ukuran perut yang semakin membesar akan membuat Anda cepat lelah saat memakai high heels. Anda juga akan semakin sulit menjaga keseimbangan tubuh saat memakai high heels.

6. Posisi tidur yang nyaman


Source: Alagich Katya

Salah satu keluhan yang sering dialami ibu hamil 4 bulan adalah sulitnya tidur di malam hari. Karena perut semakin membesar, posisi tidur tengkurap menjadi tidak nyaman, sedangkan posisi terlentang dapat mengganggu tekanan darah dan pernafasan. Posisi tidur yang baik untuk usia kehamilan 4 bulan adalah dengan berbaring miring ke kiri. Selain lebih nyaman, posisi miring ke kiri membuat peredaran darah ke janin semakin lancar.

7. Konsumsi makanan sehat dengan kadar zat besi tinggi


Source: Daniella Segura

Usia kehamilan 4 bulan merupakan tahap yang penting bagi pertumbuhan sel darah merah janin. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika ibu hamil memperbanyak konsumsi makanan sehat yang banyak mengandung zat besi, misalnya sayur bayam, ikan, daging unggas, dan daging merah tanpa lemak.

8. Saatnya memulai kelas senam untuk ibu hamil


Source: Barry Silver

Pada usia kehamilan 4 bulan, ibu hamil sering mengeluhkan kelelahan dan sakit kepala. Atasi dengan tetap aktif berolahraga. Pertimbangkan untuk mengikuti kelas senam atau yoga khusus untuk ibu hamil untuk menjaga kondisi tubuh.

9. Cukupi asupan kalsium setiap hari


Source: super awesome

Pastikan asupan kalsium Anda cukup tidak hanya untuk tubuh Anda, tetapi untuk menunjang pertumbuhan janin. Perbanyak konsumsi susu atau makanan yang terbuat dari olahan susu seperti keju dan yogurt.

10. Yang perlu diperhatikan saat periksa kehamilan


Source: Steven Depolo

Saat memeriksakan kehamilan 4 bulan, dokter atau bidan akan memeriksa tekanan darah, berat ibu hamil, berat dan ukuran bayi, serta deteksi adanya kelainan pada bayi. Bagi ibu hamil yang memiliki alergi, umumnya alergi ini akan meningkat saat hamil. Konsultasikan keluhan Anda kepada dokter atau bidan untuk penanganan yang tepat.

Menjaga kondisi tubuh dan asupan gizi makanan sangatlah penting pada usia kehamilan 4 bulan. Memasuki bulan ke-5, rahim dan perut akan semakin membesar dan pertumbuhan janin pun semakin menakjubkan.

Loading...