10 Hal Yang Harus Anda Tahu Dari Kawah Putih Ciwidey

By |2018-11-07T14:04:45+09:00February 28th, 2017|Lifestyle, Trip and Travel|Comments Off on 10 Hal Yang Harus Anda Tahu Dari Kawah Putih Ciwidey

Source: _chan

Kawah putih yang terletak di Ciwidey Bandung ini sudah menjadi kawasan wisata yang menonjolkan keindahan dan fenomena alam. Jadi tak mengherankan kenapa kawah putih Ciwidey jadi magnet wisatawan baik yang datang dari dalam kota maupun luar kota karena semuanya mengakui keelokan panorama alam yang disuguhkan kawah putih Ciwidey. Jika Anda penasaran atau ingin berkunjung ke sana, baca dulu artikel ini untuk tahu serba-serbi kawah putih.

1. Sejarah Kawah Putih Ciwidey

Source: closari

Mulanya pada abad ke-10 terjadi letusan Gunung Patuha yang dahsyat. Setelah letusan itu banyak warga setempat mempercayai bahwa kawasan ini ialah kawasan angker karena setiap burung yang lewat di atasnya selalu mati. Namun, setelah kunjungan seorang botanis Jerman pada tahun 1837, Dr Franz Wilhelm, yang meneliti serta mencari tahu penyebab fenomena tersebut lambat laun stigma angker ke kawah putih pun memudar. Masyarakat tahu bahwa penyebabnya ialah kawah yang mengeluarkan uap belerang, bukan mahluk halus seperti yang santer dibicarakan. Sejak itu kawah putih terkenal sebagai kawasan kawah yang indah sampai-sampai pada tahun 1987 pemerintah mengembangkan kawasan kawah putih Ciwidey sebagai tempat wisata.

2. Akses Menuju Kawah Putih Ciwidey

https://www.instagram.com/p/BQ2GIymA35S/?tagged=kawahputihbandung

Sudah siap menjelajah ke kawah putih Ciwidey? Anda bisa menjangkau kawasan super cakep yang terletak di Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25  itu melalui beberapa rute. Jika Anda berpergian dengan kendaraan pribadi dari arah Jakarta dan melewati jalan tol Cipularang, maka arahkan kendaraan Anda keluar dari exit tol Kopo, Dari sana berangkat ke Soerang ke arah selatan Ciwidey. Dan jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda bisa menumpang angkot dari terminal Leuwi Panjang ke terminal Ciwidey. Dari terminal itu teruskan perjalanan dengan angkot yang menuju Situ Patenggang dan turun di gerbang masuk area kawah putih.

3. Jam Buka Kawah Putih Ciwidey

https://www.instagram.com/p/BQUbiVlAgG4/?tagged=kawahputihbandung

Tidak ada yang lebih mengesalkan dibandingkan keliru jam buka dan malah baru tahu kalau tempat tersebut sedang tutup ketika Anda telah sampai. Untuk menghindari kekeliruan semacam itu lebih baik Anda mencari tahu terlebih dulu kapan satu kawasan wisata dibuka serta jam tutupnya. Untuk kawah putih Ciwidey sendiri mempunyai jam buka dari jam 07.00 di pagi hari sampai jam 17.00 pada sore harinya. Kawasan ini juga tak punya hari libur jadi Anda bisa datang kapan saja asal tidak terlalu malam.

4. Fasilitas Yang Tersedia

https://www.instagram.com/p/BQPGhL4DKld/?tagged=kawahputihbandung

Kawah putih Ciwidey telah dikembangkan sebagai kawasan wisata sejak lama. Karenanya, wajar jika beberapa fasilitas wisata untuk para wisatawan sudah dibangun di objek wisata alam tersebut. Beberapa fasilitas yang bisa Anda temui di sana antara lain ialah:

  • Areal parkir
  • Tempat ibadah
  • Transportasi dari gerbang depan sampai kawah
  • Pusat informasi wisatawan
  • Restoran dan warung-warung penjual makanan
  • Toilet umum

5. Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

https://www.instagram.com/p/BQFjuwbjhgG/?tagged=kawahputihbandung

Sudah siap berangkat? Jangan lupa siapkan uang untuk membeli tiket masuk ke dalam kawasan wisata kawah putih Ciwidey. Tiket masuknya pun tidak mahal sehingga jika Anda datang bersama rombongan atau membawa keluarga, tarif tiket tidak akan membuat kantong Anda jebol. Adapun harga tiket masuk kawah putih Ciwidey ialah Rp 15.000,- dewasa dan anak-anak untuk setiap hari termasuk hari libur nasional.

6. Tarif Parkir Kawah Putih Ciwidey

https://www.instagram.com/p/BQe-W-TFNbp/?tagged=kawahputihbandung

Biaya parkir di kawah putih dibedakan menjadi dua, yaitu tarif parkir bawah yang terletak di dekat gerbang masuk dan tarif parkir atas untuk area parkir yang dekat dengan bibir kawah. Masing-masing tarif parkir itu adalah sebagai berikut.

Tarif parkir bawah:

  • Mobil pribadi: Rp 6.000,00
  • Motor: Rp 5.000,00
  • Bis: Rp 25.000,00

Tarif parkir atas:

  • Motor: Rp 35.000,00
  • Mobil: Rp 150.000,00

7. Ontang-anting Mempermudah Perjalanan Di Dalam

https://www.instagram.com/p/BPcT2W4DYzj/?tagged=kawahputihbandung

Apakah ontang anting? Ontang anting yang berarti ‘mondari mandir’ ialah angkutan yang dioperasikan dalam kawasan kawah putih Ciwidey. Angkutan tersebut berupa mini bus yang telah dimodikasi dengan atap terbuka dan pengaman yang akan mengantarkan para pengunjung dari area parkiran ke kawasan kawah di mana kalau ditempuh tanpa ontang anting para wisatawan harus berjalan sejauh 5 km. Ontang anting bertarif Rp 15.000,00 pulang-pergi.

8. Fakta Geografis Kawah Putih Ciwidey

Source: Betari Ratih

Berlokasi di kawasan pegunungan dengan ketinggian 2.400 m. Hawa di pegunungan yang sejuk pun terasa di kawasan wisata kawah putih Ciwidey. Dengan suhu yang berkisar dari 8 hingga 22 derajat celcius tentu disarankan agar para pengunjung yang tak biasa dengan hawa pegunungan datang dengan menggunakan pakaian tebal atau aksesoris yang dapat menghangatkan tubuh.

9. Tersedia Banyak Paket Tur Kawah Putih Ciwidey

Source: Confession of unblemished colour

Ingin liburan Anda ke kawah putih Ciwidey benar-benar santai? Serahkan saja ke agen wisata yang Anda percayai. Sekarang ini banyak agen wisata yang membuat paket tur ke kawah putih Ciwidey. Mereka akan mengatur semua dan memberikan pelayanan untuk memastikan Anda bisa menikmati perjalanan dengan santai tanpa memusingkan hal teknis lain. Rencanakanlah tur Anda bersama rombongan untuk pengalaman yang makin tak terlupakan.

10. Tips Wisata Kawah Putih Ciwidey

https://www.instagram.com/p/BMgAEYQhi6r/?tagged=kawahputihbandung

  • Di pegunungan bukan berarti Anda bebas dari sengatan sinar matahari, jadi sebagai perlindungan gunakan sunblok untuk menangkalnya.
  • Gunakan masker jika Anda tidak tahan dengan bau menyengat belerang.
  • Belerang tidak baik jika dihirup terlalu lama, karenanya jangan telalu lama berada di sekitar kawah.
  • Jika rombongan Anda hanya sedikit, direkomendasikan untuk memarkir kendaraan di parkir bawah kawah putih Ciwidey dan lanjutkan perjalanan dengan mengendarai ontang anting. Selain lebih murah Anda juga bisa menikmati pemandangan hutan di sekitarnya.

Itu lah hal-hal yang sebaiknya Anda ketahui sebelum merencanakan perjalanan liburan ke kawah putih Ciwidey. Ingat hanya berangkat ketika kondisi tubuh Anda prima karena kondisi tubuh yang sedang tidak fit membuat perjalanan Anda jadi kurang berkesan bukan? Sediakan juga air minum sendiri agar Anda tidak kebingungan mencari air ketika Anda haus saat perjalanan dan tentu jangan buang sampah sembarangan di kawasan kawah putih Ciwidey.

Have fun dan tetap utamakan keselamatan!

Loading...