10 Hal yang Bisa Anda Lakukan di Jakarta Selatan

By |2018-11-07T15:30:52+00:00February 16th, 2017|Trip and Travel|

Source: tpsdave

Jakarta adalah ibukota Indonesia dengan luas 661,52 km2 yang terbagi menjadi beberapa wilayah, yaitu : Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat. Seperti namanya, wilayah-wilayah tersebut dinamakan sesuai dengan posisinya dalam peta Jakarta. Seperti Jakarta Selatan, maka letaknya memang berada di wilayah selatan Jakarta, demikian seterusnya. Tapi Jakarta kan kota besar, pasti sumpek dan penuh kemacetan. Eits, jangan begitu. Ngobrolin tentang Selatan Jakarta, berikut hal-hal yang dapat anda lakukan selagi anda disini. Mau tahu apa saja, readers. Yuk mari kita telusuri satu persatu!

1.Mengunjungi Setu Babakan

Setu Babakan berarti danau kecil, berlokasi di Srengseng Sawah kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Di tempat ini anda tidak hanya menemukan danau – seperti namanya. Namun, Setu Babakan adalah pusat pelestarian Budaya Asli Betawi. Disini anda bisa menemukan berbagai macam hal khas betawi seperti Rumah Adat Betawi, dan berbagai macam kuliner asli Betawi yang sudah sulit kita dapatkan di tempat lainnya di Jakarta. Contohnya seperti Bir Pletok, Tauge Goreng, Kerak Telor dan lain-lain. Jika anda sudah puas dengan wisata kuliner, anda dapat duduk-duduk di tepian danaunya, sambil mengisi waktu anda dengan memancing dan membaca buku.

Loading...

2.Melihat Flora dan Satwa di Ragunan

https://www.instagram.com/p/BQjUDiBlpMn/

Siapa yang tak kenal Ragunan? Ragunan sebenarnya adalah kebun binatang yang ada di Jakarta Selatan, tepatnya di daerah Pasar Minggu. Apa yang istimewa dari Ragunan? Ragunan adalah kebun binatang pertama di Indonesia. Jadi ketika anda menyusurinya, ingatlah bahwa Ragunan telah ada dari tahun 1864. Sudah lama sekali bukan? Disini anda bisa menikmati berbagai macam koleksi hewan serta tumbuhan yang beraneka ragam. Sebagai catatan, siapkan sepatu yang nyaman jika anda mampir ke Ragunan, atau siapkan stroller jika anda membawa anak, karena kebun binatang ini lumayan luas, 140 hektar!

3.Nongkrong Seru di Citos, Cilandak Town Square

https://www.instagram.com/p/BQYM-qEg9ln/

Oke. Jadi apakah kita lalu membahas mall? Eits, jangan protes dulu. Anda akan berterima kasih karena kami memasukkan Citos ke dalam daftar – terutama jika anda sedang lapar. Yes. Citos sebenarnya bukan seperti mall kebanyakan di Jakarta. Ia hanya memiliki dua lantai, namun konon nongkrong di Citos sangatlah menyenangkan. Selain karena tempatnya yang strategis dan muda dicapai dari Tol, Citos juga menyediakan outlet brand makanan yang terkenal kelezatan rasanya. Ditambah di sekitar Citos sering terjadi kemacetan lalu lintas, maka nongkrong saja dulu di Citos, anda pasti tidak menyesal!

4.Mengajak anak-anak ke Museum Satria Mandala

https://www.instagram.com/p/BOJOaM4gEFg/

Jika anda berada di Jakarta Selatan pada hari Selasa dan seterusnya, anda mungkin tertarik untuk mengunjungi Museum Satria Mandala di kawasan Gatot Subroto Jakarta Selatan. Museum ini dahulu adalah rumah dari Istri Presiden Indonesia yang pertama : Soekarno. Mulai tahun 1972, rumah ini diresmikan sebagai Museum dan dibuka untuk umum. Di dalamnya banyak terdapat peralatan alutsista TNI, terdiri dari pesawat, tank baja, kendaraan-kendaraan perang, hingga baju seragam tentara jaman kemerdekaan. Jika anda memiliki anak laki-laki, pasti merasa excited berkunjung ke Museum ini karena mereka akan banyak mendapatkan ‘mainan’ mereka dalam bentuk yang sesungguhnya.

5.Menambah Pengetahuan di Museum Reksa Artha

Jika anda mengira bahwa seni hanyalah berupa music dan lukisan, anda salah besar. Sebenarnya kita memiliki juga karya seni yang kita simpan dan dibawa sehari-hari. Tidak percaya? Coba buka dompet anda. Apa isinya? Uangkah?. Yes. Uang – bagi yang mengerti dan ahli adalah salah satu bentuk karya seni sekaligus peninggalan sejarah yang wajib dilestarikan. Nah disinilah peran museum Reksa Artha berperan. Reksa Artha sendiri berarti ‘menjaga uang’. Sehingga disini anda dapat melihat berbagai macam uang cetakan jaman dahulu dan peralatan yang digunakan. Siapa yang mengelola Museum ini? Perum peruri, tentu saja.

6.Menerbangkan layang-layang di Museum Layang-layang

Museum laying-layang berada di jl.H Kamang No.38 Pondok Labu, tidak jauh dari Rs Fatmawati. Ketika anda kesini anda akan menemukan bahwa museum ini terletak di tengah-tengah perumahan. Loh kok bisa? Ya bisa, karena museum ini sebenarnya milik perorangan. Untuk masuk museum ini anda hanya perlu merogok kocek tidak terlalu dalam. Disini anda akan mendapatkan berbagai jenis laying-layang baik dari dalam maupun luar negeri. Yang serunya lagi, anda juga dapat mencoba menerbangkan layang-layang disini. Pasti menyenangkan ya!

7.Wisata Kuliner till drop di Kemang Food Festival

https://www.instagram.com/p/btfQnTgkxc/

Kemang Food Festival mengadaptasi Food Court yang sering kita temui di mall. Namun karena KFF tidak berada di mall, suasana yang anda dapatkan jauh-jauh lebih asri dan sangat ideal sebagai tempat nongkrong. Seperti lantai batu dan meja kayu, serta langit malam penuh bintang yang akan menemani anda menikmati berbagai macam kuliner dalam dan luar negeri. KFF buka mulai pukul 17.00 sore dan menjadi sangat penuh pada saat prime time yang dimulai pada pukul 20.00. Jika anda kesini, pastikan anda sangat lapar sehingga bisa mencicipi banyak pilihan makanan disini.

8.Back to Nature di Taman Langsat

Taman Langsat terletak di Jl. Langsat, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Tempatnya yang tersembunyi meskipun berada di tengah kota, membuatnya seperti hidden paradise di tengah pikuknya Jakarta. Pemandangan di taman ini sangatlah asri dan sejuk. Banyak pepohonan, rumputan hijau, jalan setapak yang naungi rindangnya pepohonan, sungai kecil dan area bermain anak-anak menjadikan taman ini bisa menjadi favorit siapa saja. Bahkan jadi favorit pasangan yang akan menikah untuk mengambil spot sesi foto prawedding bahkan hingga tempat resepsi. Bagaimana? Anda tertarik?

9.Merasakan Keseruan di Pasar Santa

Pasar Santa adalah salah satu tempat yang wajib anda kunjungi jika ke Jakarta Selatan. Pasar Santa tadinya adalah sebuah pasar tradisional yang mati suri, lalu mengalami kebangkitannya kembali setelah banyak anak muda yang memulai bisnisnya disini dengan membuka beragam kios. Pasar Santa lalu kembali meriah. Saking meriahnya, anda bisa menemukan berbagai macam barang yang unik dan menarik – yang jarang anda dapatkan di tempat lainnya. Tak lupa juga wisata kuliner. Disini terkenal akan koleksi wisata kulinernya yang sangat lezat. Jadi bagaimana? Apakah anda tertarik untk mencobanya? Kalau kami di cintai hidup, pasti Iyes.

10.Mengagumi Suasana Bali di Jimbaran Outdoor

Seperti namanya, Jimbaran outdoor yang terdapat di Intercontinental MidPlaza lantai satu ini memang mengadaptasi konsep outdoor. Yang menarik adalah sesuai namanya Jimbaran, sang pemilik seolah ingin membawa Jimbaran ke Jakarta. Anda akan mendapatkan berbagai kurs bamboo dan kolam dan batu-batu sungai yang besar. Suara gemericik air dengan pemandangan yang unik dan indah dimata, membuat Jimbaran outdoor sebagai tempat yang cocok sebagai hideaway dari hiruk pikuk Jakarta.

Nah demikianlah 10 hal yang dapat anda lakukan jika anda berada di Jakarta Selatan. Jangan khawatir, karena di Jakarta banyak sekali moda transportasi yang dapat anda gunakan untuk mencapai tempat tujuan seperti dalam daftar.

Jadi, selamat menikmati hari-hari anda di Jakarta Selatan ya, readers!

Loading...