10 Hal Tentang Bayi 9 Bulan dan Cara Menanganinya

By |2018-11-07T03:26:44+00:00January 13th, 2017|Uncategorized|

Source : FreeWorlds

Bayi yang berusia 9 bulan secara umum sudah dapat memahami beberapa kosakata, juga mulai belajar berjalan walaupun harus dengan berpegangan. Ingin tahu lebih lengkap mengenai hal-hal yang secara normal dialami bayi 9 bulan? Mari simak 10 poin berikut.

1. Ukuran Fisik Bayi 9 Bulan

Source : LuidmilaKot

Bayi berusia 9 bulan umumnya akan memiliki ukuran fisik yang sedikit lebih besar dibandingkan saat umurnya 8 bulan. Umumnya, para bayi laki-laki memiliki berat badan 7,2-10,9 kilogram, sementara bayi perempuan memiliki berat 6,6-10,4 kilogram. Panjangnya juga bertambah, secara umum bayi laki-laki akan memiliki panjang sekitar 67,7-76,2 cm, sedangkan bayi wanita memiliki panjang 65,6-74,7 cm.

2. Menangis Tidak Terlalu Lama

Source : kangheungbo

Walaupun bayi 9 bulan masih sering menangis karena perubahan lingkungan yang membuatnya takut atau cemas seperti mati lampu, ditinggal orang tua bekerja, dan sebagainya, namun kabar baiknya bayi 9 bulan tidak akan menangis terlalu lama. Bayi dapat dialihkan perhatiannya ketika menangis, seperti dengan memberikannya mainan yang dapat membuatnya terkejut, dan sebagainya.

3. Membutuhkan Ruang

Source : Kvanhees940

Bayi akan mulai belajar mengeksplorasi lingkungan tempatnya tinggal dengan merangkak dan bahkan mulai berjalan dengan memegang dinding atau furnitur rumah. Otot kakinya sudah mulai berkembang dan dalam tahap persiapan mematangkan diri untuk dapat berjalan di bulan-bulan berikutnya. Oleh karena itulah, bayi 9 bulan membutuhkan ruangan yang cukup luas dan aman untuknya bergerak sambil melatih otot-otot kakinya.

4. Kemampuan Motorik Tangan

Source : kangheungbo

Tangan bayi mulai bisa mengeluarkan mainan dari kotaknya, memindahkan barang dari satu tangan ke tangan lainnya bukan lagi sebuah masalah. Ia juga biasanya sudah pandai untuk menunjuk sesuatu yang ia inginkan. Bayi juga dapat merangkak dengan menggunakan satu tangan sambil memegang mainan di tangan yang lainnya. Bahkan ia mulai bisa naik dan turun tangga dengan mudah. Berhati-hatilah agar anak tidak jatuh dari tangga.

5. Pasangkan Kaus Kaki

Source : allen5mxchang

Untuk menjaganya dari terpeleset dan hal yang tidak diinginkan lainnya, ada baiknya Anda mengenakan kaus kaki yang memiliki alas karet untuknya belajar berjalan. Kaus kaki ini cukup penting Anda pilih jangan sampai yang tanpa grip pada alasnya, karena malah akan membuat licin dan bayi akan sering terpeleset. Sebaiknya untuk bayi 9 bulan jangan dipasangkan sepatu terlebih dahulu, bayi kurang suka dan sepatu juga terkadang malah dilepasnya karena berat.

6. Pemahaman Akan Kata-Kata

Source : botlein

Bayi sudah dapat merespon pertanyaan Anda dengan baik. Misalnya saja jika Anda menyuruhnya menunjuk dimana ibu dan ayahnya, bayi 9 bulan sudah dapat menunjuknya dengan tepat. Juga saat bayi diminta menunjukkan letak beberapa barang seperti mainan dan perabotan rumah, jika dibiasakan ia akan memahaminya dan mulai mengerti perkataan orang.

7. Mengucapkan Kata-Kata

Source : PlatinumPortofolio

Bayi berusia 9 bulan seharusnya sudah dapat mengucapkan beberapa kata dengan lancar, seperti misalnya ‘mama’ , ‘papa’, atau ‘kucing’. Hal ini dipengaruhi pula dengan interaksi yang ia dapatkan dengan orang sekelilingnya. Semakin sering ia diajak bicara, semakin cepat ia mempelajari banyak kosa kata baru dan semakin cepat ia dapat mengucapkannya.

8. Suka Menjadi Pusat Perhatian

Source : kimminjung

Demi menjadi pusat perhatian, ia bisa melakukan apa saja yang membuat orang-orang di sekitarnya tertawa, seperti dengan mengucapkan suara atau gerakan yang mengundang tawa. Jika ia menyukai reaksi orang-orang di sekelilingnya, ia akan terus mengulang-ulang gerakan atau suara tersebut sehingga tetap menjadi pusat perhatian orang.

9. Ingatan Jangka Pendek

Source : miltonhuallpa95

Bayi 9 bulan mulai dapat mengingat, namun ingatannya hanya sebatas ingatan jangka pendek, seperti bagaimana cara memperlakukan suatu benda, bagaimana memainkan suatu mainan, dan sebagainya. Ingatan ini biasanya hanya bertahan selama beberapa minggu. Sementara itu, ingatan jangka panjangnya biasanya akan baru dimulai pada usia 2 tahun.

10. Suka Mengisap Untuk Menenangkan Diri

Source : Alexas_Fotos

Mungkin Anda juga sering melihat bayi yang tangisnya berhenti ketika diberikan dot atau empeng. Memang menghisap sesuatu merupakan cara bayi menenangkan diri dan berhenti menangis. Bahkan hingga bayi berusia 9 bulan pun, cara ini masih sering dilakukan oleh orang tua untuk mendiamkan bayi yang menangis. Demikianlah 10 hal mengenai bayi 9 bulan yang sedang belajar berjalan seiring dengan menguatnya otot-otot kakinya. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang merawat bayi 9 bulan.

Selamat mengasuh bayi yang mulai bisa berjalan!