10 Hal Menarik Dalam Perkembangan Janin 2 Bulan

By |2018-11-08T02:31:29+00:00January 24th, 2017|Family|


Source: TawnyNina

Selamat bunda..! Minggu ini janin telah melewati 4 minggu pertamanya di awal trimester pertama. Begitu banyak perubahan yang mungkin sudah mulai bunda rasakan saat ini, satu hal yang terpenting ialah agar bunda sebisa mungkin menjaga stamina agar tak mudah lelah maupun stres karena bisa mempengaruhi janin yang kini mulai berkembang di rahim bunda. Mau tahu bagaimana janin bunda pada masa-masa ini, simak ulasan mengenai perkmbangan janin 2 bulan berikut:

 1. Tumbuh Menjadi Janin


Source: Duncan Hull

Loading...

Saat janin masih berusian 1 bulan ia masih disebut sebagai embrio, namun saat ini ketika usia janin 2 bulan ia mulai tumbuh menjadi janin yang terlihat dari mulai munculnya organ tubuhnya. Di masa ini bunda juga akan lebih sering merasakan mual dan juga pusing yang cukup membuat aktifitas sedikit terganggu. Namun dengan mejaga kondisi dengan konsumsi nutrisi yang cukup akan membuat masa kehamilan bunda menjadi terasa menyenangkan dan juga tanpa beban.

 2. Mulai Pergerakkan Pertama

Source: Jelly

Meski belum dapat dirasakan oleh bunda, janin 2 bulan ini telah mulai dapat bergerak. Gerakkanya tersebut baru dapat diketahui melalui pemeriksaan Ultrasonografi (USG), gerakan janin berkisar 60 kali gerakan dalam rata-rata per jam. Pada masa ini bunda akan mulai tak mendapatkan menstruasi yang rutin setiap bulannya, meski kadang tak juga disadari oleh sebagian wanita sebagai satu dari tanda kehamilan.

3. Awal Pembentukkan Anggota Tubuh Janin

parentSource: MedicalPrudens

Tahukah bunda bahwa di usia janin 2 bulan ini cikal bakal anggota tubunya mulai mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan? Hal ini tampak dari mulai terlihat bagian wajah pada janin yang telah memiliki dua titik hitam yang nantinya tumbu menjadi organ mata. Tulang belakangnya pun juga mulai tampak meski tidak terlalu jelas karena masih samar-samar.

4. Ukuran Janin Mulai Bertambah


Source: Pexels

Pada minggu-minggu di bulam kedua trimester awal ini ukuran janin dalam tubuh bunda telah bertambah dengan begitu pesat, saat ini ukurannya berkisar antara 11 mm hingga 17 mm. Cikal organ tangan pada janin mulai tampak tumbuh dan mulai terlihat bagian lengan dan juga cikal jari-jari tangan. Pertumbuan pada kaki juh lebih lambat bila dibanding dengan tangan, hal ini agaknya dapat menjawab teka-teki mengapa bayi cenderung mulai dapat memegang lebih dulu dari pada berjalan.

 5. Jaringan Otak Mulai terbentuk


Source: Geralt

Saat ini bayi bunda telah mulai mengawali kehidupannya dari embrio menjadi janin, dan yang paling utama ialah jaringan otak pada janin 2 bulan ini mulai terbentuk. Ini mengapa mengkonsumsi nutrisi seimbang sangat penting buat bunda demi menjaga kesehatan janin dan otaknya sejak dalam kandungan. Sebab otak merupakan organ yang penting dan vital bagi kehidupan manusia.

 6. Kali Pertama Jantung mulai Berdetak

Source: Geralt

Di usia janin 2 bulan ini, jantungnya pun mulai berdetak untuk memompa darah ke seluruh tubu janin. Sistem saraf bayi pun juga turut berkembang, dan tahukah bunda? Bahwa jantung janin dapat berdetak dua kali lebih banyak dari jantung orang dewasa tiap menitnya. Dengan perkembangan janin yang begitu pesat ini diharapkan bunda untuk selalu dapat menjaga diri agar kehamilan bebas dari masalah yang membahayakan.

 7. Tahap Awal Perkembangan Kelamin Bayi

Source: freestocks.org

Menurut banyak dokter, jenis kelamin pada janin baru dapat dipastikan saat janin telah berusia 7 bulan atau bahkan lebih. Dan di akhir bulan kedua dalam trimester awal ini jenis kelamin telah memulai tahap pembentukannya, namun jangan dikira bunda dapat melihat jenis kelaminnya lebih awal karena ini barulah awalnya. Bersabarlah bunda, meskipun jenis kelamin menjadi cukup penting namun kesehatan janin haruslah menjadi prioritas utama.

 8. Terbentuknya Organ Pendengaran Bayi

Source: Gadini

Pada janin 2 bulan ini bagian luar pada telinganya mulai terbentuk meski belum sempurna, namun ini adalah tahap awal organ pendengarannya yang mulai terbentuk. Memperdengarkan alunan musik pada janin dalam kandungan sangat disarankan, demi menstimulasi perkembangan otak sejak masih berada di dalam kandungan. Disarankan untuk memperdengarkan musik yang mmiliki irama yang lembut dan memenangkan semisal musik klasik.

 9. Struktur Wajah Yang Mulai Terlihat

Source: TawnyNina

Pada usia janin 2 bulan atau di awal trimester ini selain organ-organ bayi yang mulai tumbuh, wajah bayi juga sedikit demi sedikit mulai terbentuk. Bagian-bagian wajah seperti hidung dan mulut juga telah mulai terlihat, tampak pula dua titik hitam yang merupakan cikal bakal organ mata. Bulan-bulan di trimester awal kehamilan menjadi tahapan yang begitu penting dalam tumbuh kembang bayi di bulan bulan mendatang.

 10. Keseluruhan Organ Kini Berkembang Bersama

Source: Jerry Lai

Di akhir minggu ke 9 atau di akhir bulan kedua, seluruh organ vital pada janin telah terbentuk. Meski belum sempurna namun hal ini menjadi sebuah titik awal yang begitu penting dalam tahap awal kehidupannya. Kondisi bunda sangat penting dalam hal ini untuk membantu menjaga perkembangan janin dalam kandungan. Sebagai tahap awal masa tumbuh kembang janin, tentu nutrisi yang masuk ke tubuh bunda harus diperhatikan dengan seksama.

Peran keluarga dalam menjaga kehamilan sangatlah diperlukan demi memberi semangat dan juga dorongan selama menjalani masa kehamilan yang dirasa sangat berat. Apapun yang di makan oleh bunda pada masa ini menjadi sangat penting agar bunda tetap sehat selama menjalani kehamilan. Stay healthy, bunda!

Loading...