10 Gejala yang Khas dan Karakteristik pada Diabetes yang Sebaiknya Anda Ketahui

By |2018-11-07T13:50:26+00:00March 3rd, 2017|Health|


Source:Agancia Brasil fotografias

Dari tahun ke tahun penyakit diabetes atau kencing manis semakin banyak meyerang masyarakat. Semakin lama penyakit yang biasanya mengenai orang tua ini juga bisa terjadi pada orang yang sudah tua. Berikut ini beberapa informasi yang perlu anda ketahui mengenai Diabetes.

1. Dapat menyerang semua umur termasuk anak-anak


Source:Jay

Loading...

Diabetes adalah gangguan metabolisme karbohidrat yang terjadi karena gangguan fungsi insulin. Gangguan insulin bisa terjadi karena produksi insulin yang sedikit. Ditambah lagi, dengan terjadinya perubahan pada jaringan sehingga insulin tidak dapat bekerja dengan baik. Mekanisme ini yang menjadi dasar diabetes mellitus tipe II. Diabetes tipe II sering dialami oleh orang dewasa terutama orang yang sudah berumur. Namun, ada juga diabetes mellitus tipe I yang terjadi karena kelainan genetik sehingga insulin sama sekali tidak diproduksi. Hal ini menyebabkan gula darah tidak bisa masuk ke dalam jaringan. Diabetes mellitus tipe I sering dialami oleh anak- anak. Untuk mengontrol penyakit mereka, diperlukan injeksi insulin dari luar.

2. Penyakit yang tidak dapat sembuh namun dapat dikontrol


Source:elke

Kekurangan insulin pada penyakit diabetes disebabkan oleh kerusakan sel dalam organ pankreas. Sekali sel pankreas rusak tidak dapat kembali memproduksi hormon insulin seperti sedia kala. Sehingga penyakit ini tidak dapat disembuhkan, namun perjalanan penyakitnya dapat di kontrol. Kontrol penyakit diabetes dapat dilakukan dengan mengontrol kadar gula darah. Kontrol gula darah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara terbaik adalah dengan mengatur porsi makan anda terutama yang mengandung banyak karbohidrat. Tidak perlu pantang segala macam jenis makanan manis, anda dapat menghitung jumlah karbohidrat yang boleh dikonsumsi. Untuk lebih jelas, anda bisa menghubungi ahli gizi anda. Selain itu, kontrol gula darah dapat dilakukan dengan menggunakan obat anti diabetes atau dengan insulin.

3.Kebutaan


Source:matthew

Kontrol kadar gula darah gampang- gampang susah untuk dilakukan. Jika kontrol kadar gula darah tidak dilakukan dengan baik akan menimbulkan berbagai penyulit. Penyulit bisa terjadi dalam waktu jangka panjang dan jangka pendek. Penyulit DM jangka panjang berupa gangguan penglihatan, gangguan saraf dan gangguan pada ginjal. Gangguan pada penglihatan bisa terjadi karena terjadi katarak dan kelainan pada pembuluh darah retina. Katarak adalah penyakit pada mata dimana pada lensa mata terjadi kekeruhan. Sedangkan, kelainan pada pembuluh darah mata terjadi karena penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan tersebut akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah dan terjadi titik-titik kecil perdarahan pada retina.

4.Gagal ginjal


Source:Hey Paul Studios

Gagal ginjal merupakan penyulit jangka panjang pada penyakit diabetes mellitus. Penyulit atau komplikasi ini ditandai dengan frekuensi berkemih yang berkurang atau sama sekali tidak bisa buang air kecil. Akibat dari gagal ginjal, terjadi akumulasi cairan pada bagian tubuh yang lain, contohnya pada paru dan menimbulkan sesak. Selain itu, juga terjadi bengkak pada wajah dan tungkai karena akumulasi cairan. Pasien dengan gagal ginjal juga akan menderita tekanan darah tinggi karena fungsi organ ginjal sebagai regulasi tekanan darah tidak berjalan dengan baik. Gagal ginjal merupakan komplikasi yang paling akhir terjadi. Komplikasi ini terjadi bila regulasi kadar gula darah gagal dan tidak terkontrol selama lebih dari 5 tahun

5.Neuropati


Source:NICHD

Neuropati adalah gejala seperti nyeri dan kesemutan karena terjadi kelainan pada saraf tepi. Kadar gula darah yang tinggi mengganggu metabolisme dalam sel saraf sendiri. Sehingga terjadi penurunan batas nyeri. Pasien dengan komplikasi ini pada fase awal akan mengalami nyeri yang amat sangat walaupun hanya dengan rangsangan ringan. Pada beberapa kasus, pasien akan merasa kebas pada kedua tangan dan kedua kaki. Kelainan saraf ini khas karena penyulit diabetes yang disebut fenomena stocking and glove.

6. Stroke


Source:Avenue G

Diabetes mellitus dapat menjadi penyebab stroke. Pada pasien diabetes mellitus terjadi sejumlah perubahan pada lapisan dalam pembuluh darah. Perubahan tersebut dapat menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah. Pada akhirnya, dapat terjadi iskemik pada sel otak dan memicu terjadinya serangan stroke. Proses perubahan pembuluh darah sehingga menyebabkan stroke memerlukan waktu yang cukup lama. Penyulit ini merupakan penyulit jangka panjang. Pasien diabetes mellitus tidak akan langsung menderita penyakit ini. Dengan menjaga porsi makan, aktivitas fisik, dan obat- obatan, risiko komplikasi diabetes dapat berkurang.

7.Koma


Source:AdinaVoicu

Pasien dengan diabetes mellitus memiliki komplikasi jangka pendek. Komplikasi ini dapat menyebabkan pasien tidak sadar dan koma. Komplikasi ini terjadi saat regulasi kadar gula darah gagal dan terjadi infeksi berat dalam jangka pendek. Metabolisme karbohidrat akan menghasilkan senyawa asam dalam tubuh. Karenanya, pasien mengalami koma dengan nafas yang cepat dan bau nafas agak seperti buah.

8.Sering minum


Source:Mcability

Sering minum atau dalam bahasa dunia kedokteran disebut polidipsia merupakan salah satu dari tiga gejala diabetes. Sering minum disebabkan karena pusat haus pada otak teraktivasi. Pasien akan cepat haus walaupun sudah cukup banyak minum. Volume normal air yang diminum adalah sekitar 2-3 liter dalah sehari atau delapan gelas seukuran gelas coca cola dala sehari. Jika anda merasa minum melebihi sejumlah itu, mungkin anda menderita diabetes. Segera periksakan diri anda ke pusat layanan kesehatan terdekat.

9.Sering berkemih


Source:markuspiske

Sering berkemih disebut juga poliuria dalam dunia kedokteran. Sering kencing disebabkan kadar gula yang tinggi. Gula merupakan zat yang memiliki sifat menarik air. Kelebihan gula akan dibuang lewat urin. Gula yang dibuang itu akan menarik air dari dalam tubuh. Karena tubuh yang kekurangan air akan menyebabkan pusat haus di otak akan teraktivasi. Pasien akan lebih sering minum dan juga lebih banyak air yang dikeluarkan lewat urin. Gejala ini bersama sering minum dan cepat lapar adalah 3 gejala khas diabetes mellitus.

10.Cepat lapar


Source:jill111

Gangguan pada kerja insulin menyebabkan gula yang dimakan tidak dapat digunakan sel tubuh dengan baik. Gula yang dimakan hanya mengendap dalam pembuluh darah dan dikeluarkan lewat urin. Pusat lapar dalam otak juga akan teraktivasi seperti pusat haus. Pasien akan cepat lapar dan sering makan. Walaupun sering makan, badan pasien malah menjadi kurus. Karena tubuh mulai mencerna protein dan lemak sebagai pengganti gula untuk menghasilkan energi.

Itulah tadi beberapa informasi yang penting mengenai diabetes. Mencegah diabetes akan memberikan anda banyak keuntungan. Anda dapat menjalankan hidup anda tanpa harus bersusah payah membatasi gula dan karbohidrat. Karena itu mulai sekarang terapkan gaya hidup sehat dan jangan makan berlebihan. Selamat mencoba!

Loading...