10 Gejala Tekanan Darah Rendah yang Harus Diwaspadai Berikut Penanganannya

By |2018-11-07T22:07:05+00:00February 8th, 2017|Health|


Source: NIHClinicalCenter

Tekanan darah rendah dalam dunia medis deikenal dengan hipotensi, merupakan sehuah kondisi dimana tekanan darah turun begitu rendahnya hingga berada di bawah angka normal. Kondisi tersebut menyebabkan pasokan darah ke seluruh tubuh menjadi berkurang terutama pada bagian otak. Sehingga dapat menyebabkan ketidakseimbangan metabolisme di dalam tubuh .

Normalnya dalam keadaan sehat tekanan dturunberada di kisaran angka 120/80 mmhg dan tidak kurang dari 90/60 mmHg. Berikut diantaranya beberapa gejala yang ditimbulkan karena tekanan darah rendah, dan bagaimana cara mengatasinya selengkapnya.

Loading...

1. Pusing


Source: Counselling

Pusing merupakan gejala yang sangat khas yang bisa menjadi tanda bahwa seseorang mengalami tekanan darah rendah. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pasokan darah yang membawa oksigen dari jantung menuju otak disebabkan volume darah yang menurun. Bila pusing tak tertahankan, berbaringlah sebentar dan ubah posisi dengan perlahan. Perubahan posisi yang mendadak saat pada seseorang yang memiliki tekanan darah rendah dapat menyebabkan pusing dan juga kliyengan.

 2. Tubuh Lemas dan Berkeringat Dingin


Source: Efuetatem

Kondisi yang bisa menjadi gejala tekanan darah rendah yang selanjutnya ialah tubuh yang terasa lemas seperti tak bertenaga dan keluar keringat tapi tubuh terasa dingin. Jantung pun juga terasa berdebar – debar, gejala tekanan darah rendah seperti ini mungkin juga bisa diindikasikan adanya sesuatu yang tidak beres dalam tubuh. Misalnya kurang nutrisi atau dehidrasi, konsumsi tinggi garam sangat disarankan. Karena garam memiliki kandungan sodium yang dapat membantu menormalkan tekanan darah rendah. Tapi perlu diingat bahwa konsumsi garam berlebih dapat menimbulkan masalah lainnya.

 3. Pandangan Terlihat Kabur dan Tidak  Jelas


Source: Unsplash

Saat seseorang mengalami pandangan mata yang terlihat kabur dn tidak jelas, besar kemungkinan tekanan darahnya sedang mengalami penurunan. Gejala tersebut cukup khas dan mudah dikenali, hal ini terjadi karena terlalu berlebihan dalam bekerja. Mengikuti kegiatan dalam waktu yang lama dan membutuhkan tenaga namun tak disertai dengan asupan nutrisi yang cukup. Perlu diingat bahwa seseorang dengan kondisi tekanan darah rendah tak mampu untuk melakukan kegiatan fisik yang intens dan menguras tenaga. Karenannya batasi aktifitas fisik agar kondisi ini tak semakin memburuk.

4.  Merasa Lelah yang Amat Sangat


Source: Unsplash

Hal ini sangat berkaitan dengan adanya penurunan volume darah dalam tubuh, atau anemia. Tubuh memerlukan zat besi agar mampu menjaga keseimbangan dalam menyuplai ketersediaan energi. Dan salah satu tanda anemia termasuk memliki tekanan darah rendah. Konsumsi makanan kaya zat besi sangat dianjurkan untuk mengembalikan stamina dan tenaga. Salah satunya ialah denganp mengkonsumsi jus buah bit, karena buah yang diambil umbinya ini memiliki kandungan zat besi yang baik untuk anemia dan menstabilkan tekanan darah rendah.

5. Linglung


Source: RyanMcGuire

Saat tekanan darah menurun secara otomatis akan mempengaruhi kinerja otak sehingga membuat seseorang merasa linglung. Daya pikir menjadi turun dan kesulitan unntuk berkonsentrasi, terlebih lagi bila mengalami tekanan batin atau stres. Pernah dengar kemangi bukan? Daun yang populer untuk teman makan lalapan ini ternyata mampu mengatasi kondisi tekanan darah rendah. Kemangi bisa dibuat sebagai jus atau pun di makan begitu saja. Saat mengkonsumsi jus kemangi ini usahakan sebelum makan saat perut masih kosong. Selain menstabilkan tekanan darah, mengkonsumsi jus kemangi juga dapat menurunkan tingkat stres.

6. Menguap Berlebihan


Source: 27707

Pada penderita darah rendah, tekanan darah akan mengalami penurunan. Sehingga darah yang membawa suplai oksigen menuju ke jaringan otak juga turut menurun. Sehingga akan terus menerus menguap karena sulit menahan rasa kantuk yang berlebihan. Bila hal ini terjadi, minumlah secangkir kopi hitam atau cokelat hangat. Selain meredakan kantuk karena tekanan darah yang menurun, kafein dalam kopi atau cokelat mampu meningkatkan tekanan darah.

 7. Napas Pendek dan Tersengal-sengal


Source: Pexels

Sirkulasi tekanan darah yang menurun dapat menyebabkan paru – paru bekerja dengan lebih keras dari biasanya. Sehingga pada seorang penderita tekanan darah rendah ia akan memiliki napas yang pendek dan sedikit tersengal – sengal. Dalam kondisi yang lebih parah dapat menimbulkan kesulitan bernapas dan detak jantung yang tidak teratur. Bila dibiarkan dapat mengakibatkan gagal jantung atau stroke. Cobalah untuk menggunakan rosemary sebagai alternatif menstabilkan tekanan darah rendah. Baik ditambahkan sebagai bumbu masakan atau bisa menggunakannya sebagai minyak aroma terapi.

 8. Rasa Haus yang Berlebihan


Source: Spasibokras

Haus merupakan respon yang diberikan oleh tubuh saat mengalami ketidakseimbangan cairan atau juga sering disebut dehidrasi. Jika tubuh mengalami dehidrasi yang cukup parah, dapat menyebabkan volume darah berkurang sehingga tekanan darah rendah tak bisa dihindarkan. Karenanya sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan setidaknya delapan gelas air putih tiap harinya. Juga bisa mengkonsumsi jus sari buah jeruk yang kaya kandungan vitamin C untuk mengatasi dehidrasi.

9. Mual dan Muntah


Source: Jeffjuit

Kondisi tubuh yang mengalami tekanan darah rendah juga terkadang menimbulkan gejala mual dan juga muntah. Hal ini terjadi karena tubuh kurang mendapatkan nutrisi yang cukup untuk proses metabolisme. Bisa karena mengkonsumsi alkohol, mual dan muntah akibat perjalanan jauh atau kondisi lain pada pencernaan. Kondisi tekanan darah rendah karena hal tersebut dapat di atasi dengan mengkonsumsi makanan tinggi kandungan vitamin C, dan istirahat secukupnya.

 10. Hilang Kesadaran

Source: Unsplash

Gejala tekanan darah rendah yang harus mendapat perhatian yang cukup serius ialah hilangnya kesadaran. Hal tersebut terjadi karena otak kehilangan suplai oksigen yang dibutuhkan secara mendadak atau dalam waktu yang relatif singkat hampir tanpa aba – aba. Seseorang yang dalam tekanan batin atau depresi dapat mengalami hal tersebut. Disarankan untuk mengkonsumsi teh yang terbuat dari akar licorice, karena tanaman herbal tersebut memiliki kandungan yang baik untuk menstabilkan tekanan darah. Serta mengatasi sindrom kelelahan juga meningkatkan hormon adrenalin yang sehat. Sangat baik untuk mengurangi depresi dan menstabilkan tekanan darah secara alami.

Tekanan darah rendah sesungguhnya lebih disebabkan oleh adanya gangguan dari dalam tubuh. Sehingga menjaga tubuh dalam kondisi prima seperti konsumsi makanan bernutrisi serta olah raga teratur akan membantu mengatasi masalah – masalah yang mungkin timbul.

So, keep your body healthy. Ladies!

Loading...