10 Fungsi Dan Peran Keluarga Dalam Kehidupan Yang Harus Kamu Ketahui

By |2018-11-08T05:08:50+00:00March 15th, 2017|Family, Lifestyle|

Source: Adriantarsukoff

Keluarga adalah suatu kelompok masyarakat terkecil yang merupakan lembaga penting dalam kehidupan seseorang. Keluarga yang terdiri dari orangtua, anak-anak dan anggota keluarga lainnya merupakan satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Seorang manusia yang hidup tentunya memiliki keluarga dan mereka yang tidak memiliki keluarga disebut sebatang kara. Tanpa adanya keluarga, seseorang tidak akan merasa kehidupannya lengkap. Oleh sebab itu, kita harus mengetahui dengan baik apa fungsi dan peran keluarga dalam kehidupan seseorang. Berikut ini cintaihidup.com merangkum fungsi dan peran keluarga yang harus kamu ketahui.

1. Tempat Sosialisasi Pertama Kali

Source: Public Domain Pictures

Keluarga adalah tempat dimana seorang anak lahir dan tumbuh untuk pertama kalinya. Disinilah keluarga berperan untuk mulai menanamkan dan mengenalkan pentingnya sosialisasi pada anak. Keluarga adalah tempat dimana anak berinteraksi dalam waktu yang lama dan belajar hidup sebagai manusia. Oleh sebab itu, segala hal yang ada dalam keluarganya juga akan menjadi hal yang mempengaruhi sifat, kepribadian dan kehidupannya kelak.

2. Membentuk Kepribadian Seseorang

Source: Alexas Fotos

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa keluarga adalah tempat dimana seorang anak akan berlajar kepribadian untuk yang pertama kali. Keluarga yang baik tentu akan bisa mengajarkan hal yang baik kepada anaknya dan member tahu bahwa hal yang buruk tidak boleh dilakukan. Selain itu, kepribadian anggota keluarga lainnya juga bisa mempengaruhi kepribadian anak misalnya saja orangtua yang pemarah dan cenderung belaku kasar saat marah juga akan ditiru oleh anaknya. Jadi berhati-hatilah apabila mengajarkan dan memberi contoh kepribadian kepada anak karena buah biasanya tidak jatuh jauh dari pohonnya.

3. Mengajarkan Sopan Santun Dan Etika

Source: Sasint

Keluarga adalah tempat pertama yang akan mengajarkan kepada anak bagaimana harus berperilaku dan bertutur kata kepada oranglain terutama pada mereka yang lebih tua. Orangtua dalam sebuah keluarga tentunya harus memberi pengertian kepada anak tentang bagaimana harusnya berperilaku pada orang lain. Mengajarkan kata terima kasih saat mendapatkan bantuan, tolong saat meminta dan mengucapkan kata maaf apabila berbuat salah adalah kewajiban keluarga dan seorang anak tentu harus mematuhinya. Seseorang yang tumbuh dalam keluarga yang baik biasanya juga akan memiliki kesopanan dan etika yang baik dalam masyarakat.

4. Mengajarkan Cara Komunikasi Kepada Anak

Source: Ambermcauley

Tidak hanya belajar bersosialisasi saja, dalam sebuah keluarga seorang anak tentunya akan belajar untuk berbicara dalam bahasa yang digunakan oleh orangtuanya. Anak akan belajar bahasa dan berbicara untuk dapat berkomunikasi dengan orangtua, saudara serta dengan orang lain dalam masyarakatnya. Dimanapun anak akan belajar berbicara dari keluarganya dan tentunya kita pernah mendengar bahwa seseorang yang tidak dibesarkan oleh manusia seperti Tarzan atau anak  yang tinggal dalam hutan tidak bisa berkomunikasi layaknya seorang manusia.

5. Menanamkan Kebiasaan

Source: Dayronv

Keluarga yang baik akan mengajarkan kebiasaan-kebiaasan yang baik juga kepada anggotanya. Mengajarkan kedisiplinan, tolong menolong, melakukan tugasnya masing-masing adalah peran keluarga terutama orangtua. Mengajarkan anak untuk selalu tepat waktu dan mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawabnya juga merupakan fungsi dan peran keluarga yang tidak boleh disepelekan. Oleh sebab itu agar anak memiliki kebiasaan yang baik para orangtua juga harus bisa mencontohkan kebiasaan baik tersebut. Ajari hal-hal dan kebiasaan kecil pada anak sedari dini misalnya membereskan tempat tidur atau mainannya sendiri agar tidak merepotkan orang lain.

6. Memberikan Cinta Dan Kasih Sayang

Source: Adina Voicu

Dimana lagi seseorang bisa mendapatkan rasa cinta dan kasih sayang yang tulus selain keluarganya. Pepatah mengatakan bahwa dua hal yang paling penting dalam hidup seseorang adalah cinta dan keluarga. Sejak masih kecil, seorang anak tentunya akan tumbuh dnegan limpahan cinta dan kasih sayang dari orangtuanya. Sebaliknya anak yang tumbuh tanpa kasih sayang dari keluarganya cenderung memiliki masalah dengan kepribadiannya berdasarkan penelitian sosiologi yang banyak dilakukan oleh para ahli.

7. Memberi Dukungan Moril Dan Materiil

Source: Maxlkt

Keluarga juga berperan penting dalam memenuhi kebutuhan anak mulai dari kebutuhan pangan, pakaian dan tempat tinggal. Orangtua berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan anak selama ia masih kecil dan belum dewasa. Tidak hanya itu keluarga juga harus bisa mmberikan dukungan pada anggotanya untuk melakukan sesuatu yang positif misalnya saja jika anak akan menghadapi ujian atau mengikuti sebuah lomba. Dukungan keluarga pastinya akan jadi motivasi yang sangat kuat bagi sang anak untuk bisa melakukan yang terbaik.

8. Memberikan Perlindungan Dan Rasa Aman

Source: Master Studio

Rumah dan keluarga adalah tempat dimana seseorang tidak akan merasa takut karena selain memberikan cinta dan kasih sayang, keluarga juga berperan dalam memberikan perlindungan dan rasa aman. Seorang anak tidak perlu cemas akan disakiti oleh orang lain jika ia berada dalam keluarganya karena pastinya orangtua dan anggota keluarga lain akan siap menjaganya sebagaimana bayi yang baru lahir selalu dijaga dan dirawat dengan baik.

9. Mengajarkan Nilai-Nilai Relijius

Source: Chidioc

Agama dan kepercayaan yang kuat tumbuh dalam keluarga dan keluarga menjadi sarana untuk mengembangkan nilai-nilai relijius seseorang. Anak biasanya akan mengikuti kepercayaan orangtuanya sehingga tentunya ia harus belajar tentang kepercayaan dan agamanya tersebut dari keluarga untuk pertama kalinya. Orangtua juga berperan penting dalam mengajarkan nilai-nilai relijius tersebut dan mencontohkan bagaimana caranya beribadah atau berperilaku sesuai dengan ajaran agamanya agar anak bisa menjadi seseorang yang relijius dan memiliki keprobadian yang baik.

10. Melanjutkan Keturunan

Source: Omar Medina Films

Satu lagi pentingnya peran keluarga dalam kehidupan manusia adalah untuk melanjutkan keturunan dan generasi. Bayangkan saja jika manusia tidak menikah dan memiliki keluarga maka lama kelamaan manusia tidak akan memiliki generasi penerus. Oleh sebab itu menikah dan memiliki keluarga adalah penting agar keberadaan manusia tetap terjaga dan nilai-nilai dalam masyarakat tetap bisa berlangsung.

Demikian peran dan fungsi keluarga dalam kehidupan seseorang yang bisa dimengerti dan dipahami. Keluarga adalah hal yang penting dalam hidup dan jagalah selalu keluargamu dengan baik, ya! “Love your family and keep supporting each other”