10 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Nikah Batin

By |2018-11-08T18:26:50+07:00March 23rd, 2017|Beauty, Health|Comments Off on 10 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Nikah Batin


Source: Azlan Dupree

Mungkin belum banyak yang mengetahui istilah nikah batin atau inner marriage, namun istilah ini mulai populer meski tidak terlalu banyak dibicarakan secara terbuka. Hal ini karena nikah batin bukan merupakan kebiasaan yang mainstream. Jika anda mencari tahu mengenai nikah batin, ada banyak pendapat dan fakta mengenai fenomena ini. Berikut 10 fakta tentang nikah yang kamu perlu tahu:

1. Muncul dari kalangan penganut agama islam


Source: semtiyar

Istilah nikah batin ini awalnya muncul dari penganut agama Islam, khususnya penganut aliran tertentu. Biasanya para kaum spiritual pasti memahami tentang istilah ini, dan juga bagaimana konsep dari nikah batin. Namun seperti pada umumnya ajaran yang berbeda dari pakemnya pasti menimbulkan pro dan kontra, begitu juga dengan masalah nikah batin ini. Berbagai macam perbedaan pendapat muncul menyikapi hal itu.

2. Pernikahan batin antara guru dan murid


Source: RaySingh

Loading...

Pada umumnya yang dimaksud nikah batin adalah hubungan secara batin antara murid dan gurunya. Intinya adalah seorang murid melakukan ijab untuk menyerahkan dirinya dalam rangka menerima bimbingan dari gurunya, sedangkan gurunya akan melakukan qabul untuk menerima ijab dari muridnya itu. Dalam hal ini nikah batin tidak lagi memandang jenis kelamin karena hubungannya memang hanya dilakukan secara batiniah, bukan untuk berhubungan seks.

3. Penyimpangan dari nikah batin


Source: cuncon

Istilah nikah batin ini dimanfaatkan oleh ajaran tertentu yang tergolong sesat dan melenceng dari konsepnya. Para guru ajaran tersebut yang dianggap memiliki ilmu yang tinggi bisa dengan mudah berhubungan dengan murid wanitanya, anak wanita dari muridnya atau bahkan istri dari muridnya. Para wanita tersebut dianggap telah dikawinkan oleh Tuhan dengan para guru ajaran tersebut sehingga diperbolehkan untuk berhubungan seks.

4. Berbeda dengan nikah siri dan mut’ah


Source: epicioci

Konsep nikah batin berbeda dengah nikah siri ataupun mut’ah. Nikah siri tidak berkaitan dengan hubungan batiniah, nikah siri adalah pernikahan yang sah menurut agama tetapi tidak didaftarkan di kantor urusan agama. Sedangkan nikah mut’ah hampir sama dengan kawin kontrak, dimana hampir sama dengan nikah siri namun memiliki batas waktu yang disepakati bersama. Jika waktunya habis maka status pernikahannya selesai.

5. Pernikahan yang hanya disaksikan oleh Allah


Source: milansari

Pendapat lain mengenai nikah batin menyatakan bahwa nikah batin adalah sebuah pernikahan yang hanya disaksikan oleh Allah. Dalam hal ini konsepnya tetap sama seperti pernikahan secara umum antara laki-laki dan perempuan, hanya saja tidak ada yang menjadi saksi dari pernikahan mereka kecuali Allah. Pendapat yang ini tidak terlalu terkenal diantara pendapat mengenai nikah batin lainnya.

6. Penyatuan antara jasad dan roh


Source: Pexels

Setiap manusia pastilah terbentuk dari penyatuan antara jasad dan roh. Yang dimaksud dengan nikah batin dalam konsep ini adalah lebih menguatkan lagi penyatuan itu sehingga bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Konsep ini juga disebut sebagai pernikahan dengan diri sendiri karena memang hanya dilakukan oleh seorang individu terhadap pribadinya sendiri, bukan kepada orang lain.

7. Penyatuan unsur lahiriah dan batiniah


Source: Olessya

Pada konsep ini, nikah batin dianggap sebagai lanjutan dari pernikahan secara umum. Nikah batin ini dilakukan oleh pasangan suami istri yang telah resmi menikah. Hal ini dilakukan untuk menyatukan unsur lahiriah dan batiniah dari laki-laki dan perempuan sehingga mereka bisa semakin dekat dan saling mengenal satu sama lain. Tujuan dari nikah batin ini adalah untuk mempererat hubungan antara suami dan istri.

8. Pernikahan antara dua orang yang terpisah jarak


Source: Jeshoots

Nikah batin juga terjadi pada kasus sepasang kekasih yang terpisah jarak dan waktu. Keduanya melakukan nikah batin untuk menjalin ikatan batiniah yang dapat menguatkan hubungan mereka. Sebenarnya jika dicermati lebih lanjut konsep ini hampir sama dengan konsep pacaran anak jaman sekarang. Keduanya sama-sama memberikan sebuah ikatan yang tidak resmi hanya untuk memberikan perasaan memiliki pasangan masing-masing.

9. Nikah batin menurut kaum barat


Source: jill

Selain penganut agama Islam, bangsa lainnya ternyata juga mengenal istilah nikah batin, dalam bahasa inggris disebut inner marriage. Inti dari konsep inner marriage ternyata hampir sama dengan poin nomor 6, yaitu dilakukan terhadap diri sendiri untuk menjadi individu yang lebih baik dari sebelumnya. Bedanya adalah pada konsep ini dilakukan penyeimbangan antara sisi maskulin dan sisi feminin dari pelakunya.

10. Nikah batin tidak ada dalam ajaran Islam


Source: stevepb

Dari berbagai macam konsep yang ada mengenai nikah batin, ternyata tidak ada satupun yang diajarkan dalam agama Islam. Bahkan beberapa konsep yang ada, khususnya poin nomor 3, merupakan sebuah bentuk perzinaan dan dianggap sebagai ajaran yang sesat. Istilah nikah batin ini mungkin muncul akibat gesekan antara agama dan budaya, sampai sekarang pun belum diketahui asal muasal istilah ini. Namun yang jelas hal itu bukanlah ajaran agama Islam.

Semua orang tentu saja bebas memilih pendapat mana yang dirasa benar. Pada akhirnya semua dikembalikan kepada masing-masing individu, karena setiap orang memiliki prinsip dan jalan hidupnya sendiri. Selama tidak merugikan orang lain dan diri sendiri, sah-sah saja untuk dijalani.

Loading...